Faktor Penyebab Mata Kering

SehatFresh.com – Sindrom mata kering adalah suatu kondisi dengan gejala yang berkisar dari iritasi mata ringan dan gatal hingga kemerahan mata, kabur dan bahkan hilangnya penglihatan. Mata menjadi sensitif terhadap cahaya dan mungkin merasa seperti ada kerikil halus di dalamnya. Mata menjadi kering ketika saluran air mata tidak menghasilkan cukup air mata atau ketika air mata tidak dalam konsistensi yang baik dan terlalu cepat menguap.

Air mata melumasi bola mata. Ketika berkedip, kelopak mata menyebarkan air mata untuk menyingkirkan debu dan bakteri pada mata. Orang dengan sindrom mata kering mungkin memiliki kelenjar lakrimal yang tidak menghasilkan cukup air mata. Peradangan dapat mengganggu fungsi kelenjar air mata atau menyebabkan penurunan jumlah lendir yang dibutuhkan untuk membuat air mata menempel ke permukaan mata. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap hal ini, diantaranya :

  1. Faktor gaya hidup

Menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di depan televisi, layar komputer atau mengemudi cenderung membuat mata menjadi kurang berkedip, yang akhirnya mengarah pada ketegangan mata dan mata kering. Pemakaian lensa kontak juga dapat menyebabkan cedera, mengurangi sensasi saraf pada permukaan kornea dan menurunkan tingkat berkedip. Menurut informasi dari allaboutvision.com, mata kering adalah keluhan yang paling umum di antara pemakai lensa kontak. AC, penggunaan pengering rambut serta asap rokok dan polusi lainnya juga bisa menyebabkan mata kering.

  1. Penyakit dan gangguan

Menurut National Institutes of Health, Amerika Serikat, sindrom mata kering lebih umum pada orang tua karena mereka menghasilkan lebih sedikit air mata. Para wanita menjadi rentan terhadap kondisi ini setelah menopause. Sindrom mata kering dapat terjadi menyertai penyakit dan gangguan tertentu seperti Parkinson, glaukoma dan katarak, yang semuanya lebih umum di kalangan orang tua. Mata kering juga dapat disebabkan oleh penyakit autoimun lain seperti rheumatoid arthritis, lupus, diabetes, herpes okular, stroke, rosacea dan penyakit Graves.

  1. Kekurangan nutrisi

Kekurangan vitamin A menyebabkan mata kering. Tidak hanya vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, serta mineral seperti kalium, kalsium, magnesium dan seng juga berperan untuk menjaga fungsi mata. Kekurangan nutrisi-nutrisi tersebut berkontribusi terhadap sindrom mata kering.

  1. Operasi lasik

Operasi lasik dilakukan untuk memperbaiki gangguan ketajaman visual seperti rabun jauh, rabun dekat dan astigmatisme. Banyak orang memilih untuk menjalani operasi ini karena mereka sudah memiliki sindrom mata kering dan tidak nyaman menggunakan kacamata atau lensa kontak. Namun, sindrom mata kering seringkali memburuk setelah lasik. Pasalnya, operasi dapat memengaruhi saraf kornea.

Setiap bentuk gangguan dan masalah yang berpengaruh pada mata sedapat mungkin perlu dihindari. Kondisi mata kering biasanya akan terbantu dengan penggunaan obat tetes mata agar mata Anda terasa nyaman. Meski obat tetes mata banyak yang dijual bebes, langkah awal penanganan mata kering ini lebih baik dimulai dengan berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Sumber gambar : tradisioanal-obat.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY