Faktor Penyebab Remaja Menjadi Pelaku Kejahatan Seksual

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Belakangan ini, tindak kejahatan seksual tengah mewabah dimana-mana. Tidak hanya menyerang orang dewasa atau remaja, bahkan anak-anak pun kini menjadi korban kejahatan seksual. Mulai dari mendapat kejahatan seksual dari orang tidak dikenal, orang di lingkungan sekitar, hingga menjadi korban kejahatan seksual yang dilakukan oleh anggota keluarganya sendiri.

Tidak hanya dilakukan orang dewasa, kini remaja pun banyak yang tega melakukan kejahatan seksual. Banyak faktor yang melatar belakangi perilaku kejahatan seksual yang dilakukan oleh remaja. Yang paling mungkin menjadi penyebabnya ialah pergaulan yang menjadi tenpat remaja menghabiskan waktunya.

Lingkungan yang membuat remaja melakukan kejahatan seksual adalah lingkungan yang mengganggap kegiatan seksual di luar nikah emnjadi hal yang wajar. Bukan hal yang tabu jika di masyarakat remaja wanita sudah kehilangan keperawanannya. Lingkungan seperti ini akan meningkatkan resiko seorang remaja melakukan tindak kejahatan seksual, karena baginya, melakukan kegiatan seksual pranikah merupakan hal yang biasa bahkan menyenangkan.

Jadi tidak heran, jika suatu saat ia akan memaksa orang lain untuk mau melakukan hubungan seksual dengannya. Ia tidak akan memikirkan dampak yang akan ditimbulkan dari hal tersebut. Pemaksaan ini akan berujung pada kejahatan seksual dan pasti menggunakan kekerasan agar korabnnya tidak melakukan perlawanan.

Selain kebiasaan yang ada dilingkungannya tentang berhubungan seksual pranikah, kebiasaaan menggunakan obat-obatan terlarang dan konsumsi minuman keras juga akan meningkatkan resiko kejahatan seksual. Seseorang yang berada dibawah pengaruh obat terlarang dan minuman keras akan sulit mengontrol dirinya. Apalagi jika mendapat dorongan dari orang disekitarnya.

Selain itu, efek dari obat terlarang dan minuman keras juga menimbulkan rasa bahagia dan halusinasi. Hal ini akan meningkatkan keinginan seorang remaja yang sedang berada di masa pubertas ini untuk melakukan hubungan seksual pranikah. Dimana remaja yang sedang pubertas berada dalam kondisi ingin mencoba banyak hal. Hormon yang ada dalam tubuh remaja juga sedang berkembang. Tidak terkecuali hormon yang meningkatkan gairah mereka untuk mekakukan hubungan seksual.

Berada di lingkungan yang tidak baik, berada di bawah pengaruh obat terlarang dan minuman keras adalah faktor yang membuat seorang remaja melakukan kejahatan seksual. Selain faktor tersebut, remaja yang terbiasa menyaksikan tayangan yang tidak seharusnya juga bisa menjadi salah satu faktor pendorong perilaku kejahatan seksual. Seperti yang telah disebut di atas, bahwa seorang remaja tengah mengalami perkembangan hormon, yang tentunya membutuhkan kendali dari dirinya untuk tidak melakukan kejahatan seksual pada orang lain.

Kelainan seksual yang dialami seseorang juga bisa menjadi latar belakang dirinya melakuka kejahatan seksual. Orang yang memiliki orientasi seksual yang melenceng akan terangsang dan tidak bisa mengendalikan dirinya untuk melakukan hubungan seksual dengan korbannya, meski harus melakukan kekerasan terlebih dahulu. (IKS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here