Faktor Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Muda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seseorang yang sudah lanjut usia identik dengan rambut putih atau yang disebut dengan uban. Akan tetapi pada kenyataanya pertumbuhan rambut uban tidak hanya terjadi pada orang yang lanjut usia. Pertumbuhan ubun dapat terjadi pula wanita yang masih berusia muda. Berikut ini beberapa faktor penyebab terjadinya pertumbuhan uban pada seseorang di usia muda, diantaranya sebagai berikut :

  1. Ras

Pertumbuhan uban dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Apabila anda tergolong ke dalam ras kaukasia atau ras campuran maka resiko terjadinya pertumbuhan uban di usia muda akan lebih tinggi. Ras Asia termasuk ke dalam urutan kedua dan yang terakhir golongan ras yang termasuk Amerika keturunan Afrika.

  1. Stress

Menurut hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 oleh University New York menyatakan bahwa stres dapat mengakibatkan sel inti batang rambut menjadi pecah yang memicu kerusakan folikel rambut dan timbulnya uban di usia muda.

  1. Gangguan kesehatan

Menurut seorang fakar dermatologi yang bernama Marie Jihn dari pusat penelitian kulit Premier di Fransisco, Amerika serikat menyatakan bahwa penyakit Auto imun yang dapat mengakibatkan pertumbuhan uban dini. Selain itu penyakit yang bisa menyebabkan pertumbuhan uban dini yaitu penyakit tiroid.

  1. Kekurangan vitamin

Kurangnya asupan vitamin B12 dapat menjadi penyebab munculnya uban di usia dini. Hal tersebut beresiko terjadi pada seseorang yang mengidap anemia, kondisi ini terjadi karena intensitas peredaran sel darah merah yang kurang sehingga menghambat proses penghambatan vitamin B12.

  1. Perokok aktif

Apabila seorang wanita memiliki kebiasaan merokok maka wanita tersebut sangat berpeluang mengalami pertumbuhan uban di usia dini. Menurut Marie Jihn menyatakan bahwa merokok merupakan suatu kebiasaan buruk bagi kesehatan kulit dan rambut.

  1. Rambut rontok

Jika anda memiliki gangguan rambut rontok yang disertai asupan nutrisi tidak seimbang maka akan beresiko mengalami pertumbuhan uban di usia muda.

  1. Hormon yang tidak seimbang

Hormon yang tidak seimbang pada masa kehamilan, manopause, penyakit tiroid, dan lain-lain dapat mengakibatkan pertumbuhan uban di usia muda.

  1. Diet yang salah

Wanita sering kali melakukan diet demi mendapat berat badan ideal dan bentuk tubuh yang seksi. Akan tetapi apabila anda menerapkan metode diet yang salah dan terlalu ekstrim maka upaya anda dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan uban secara dini.

  1. Hair dryer dan catok yang berlebih

Melakukan perawatan dan mempercantik rambut merupakan salah satu kegemaran yang dilakukan oleh wanita. Akan tetapi apabila kebiasaan tersebut dilakukan dalam waktu yang terlalu sering maka akan memicu pertumbuhan uban di usia muda.

  1. Kurangnya kebersihan rambut

Tumbuhnya uban di usia muda dapat disebabkan oleh kebersihan rambut yang kurang. Minimal dalam seminggu keramas dilakukan 3 kali.

  1. Asupan makanan siap saji

Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan siap saji agar anda terhindar dari pertumbuhan uban di usia dini. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here