Faktor Resiko Terjadinya Impotensi pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Impotensi atau dalam bahasa lain sering dikenal dengan sebutan disfungsi ereksi merupakan suatu gangguan yang terjadi pada pria dimana seorang pria tidak mampu mempertahankan ereksi saat melakukan hubungan seksual. Menurut para ahli kesehatan menyatakan bahwa gangguan ini sering kali terjadi pada pria dengan usia di atas 60 tahun atau pria yang lanjut usia.

Pada umumnya pria yang memiliki tanda gejala atau telah mengalami kondisi ini tidak mau memeriksakan diri ke dokter dengan alasan malu. Padahal kondisi ini sangat berpengaruh pada hubungan rumah tangga dengan pasangan. Impotensi atau disfungsi ereksi dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab. Berikut beberapa faktor pria yang beresiko mengalami impotensi, diantaranya sebagai berikut :

  1. Gangguan kesehatan

Apabila seorang pria memiliki gangguan kesehatan contohnya penyakit jantung maka pria tersebut dapat beresiko mengalami impotensi. Gejala awal impotensi pada pria yang mengalami penyakit jantung yaitu terjadinya penyempitan pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh atau yang disebut dengan Aterosklerosis. Selain penyakit jantung kondisi medis lainnya yang beresiko mengalami impotensi yaitu stroke, diabetes, penyakit ginjal kronis, multiple sclerosis dan peyronie.

  1. Efek samping obat

Beberapa obat tertentu dapat menjadi faktor penyebab terjadinya impotensi, contohnya obat antidepresi, obat antihistamin dan obat hipertensi. Beberapa contoh obat tersebut dapat mempengaruhi saraf, hormon atau sirkulasi darah yang meningkatkan terjadinya impotensi. Untuk mencegahnya sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter untuk menanyakan efek dari pemakaian obat.

  1. Stres

Kesehatan psikologi seperti cemas, stres, rendah diri, rasa takut dan sebagainya dapat berdampak terjadinya impotensi pada pria.

  1. Gaya hidup

Gaya hidup buruk seperti kebiasaan merokok, minum-minuman alkohol dan penggunaan narkoba dapat beresiko terjadinya impotensi. Untuk mencegah impotensi sebaiknya anda harus menghindari kebiasaan buruk tersebut. Selain itu anda disarankan untuk banyak mengkonsumsi antioksidan jenis flavonoid contohnya bluberry.

  1. Masalah hormon

Apabila seorang pria memiliki gangguan pada hormon maka pria tersebut dapat beresiko mengalami impotensi. Beberapa hormon yang dapat menyebabkan terjadinya impotensi yaitu hypogonadisme, hypertiroidisme, hypotiroidisme dan sindrom cushing.

  1. Cedera fisik

Pada umumnya cedera fisik yang dimaksud disini biasnya disebabkan karena olahraga. Namun bukan berarti bersepeda dapat menyebabkan impotensi. Menurut hasil penelitian terbaru yang di publikasikan dalam Journal of Men’s Healt menyatakan bahwa bersepeda secara terus-menerus tidak memiliki hubungan dengan terjadinya impotensi.

  1. Pria yang memiliki riwayat penyakit prostat

Bagi pria yang telah memiliki riwayat penyakit prostat dapat beresiko mengalami impotensi. Prostat merupakan kelenjar yang terdapat pada sistem reproduksi pria sebagai pembungkus uretra. Kelenjar tersebut memiliki fungsi untuk mengeluarkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Kelenjar prostat memiliki ukuran normal sebesar biji kenari dan biasanya ukuran kelenjar prostat akan bertambah seiring bertambahnya usia. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here