Faktor Risiko Komedo pada Wajah Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa remaja adalah masa yang sangat menyenangkan, bagi para remaja tentunya ingin memiliki kulit wajah yang bebas dari komedo, karena memiliki kulit wajah yang mulus merupakan idaman tiap orang termasuk pada remaja. Namun, kerap kali salah satu penghalang mempunyai wajah yang mulus adalah kemunculan komedo.

Komedo sendiri sangat umum ditemui, dan dapat mempengaruhi siapa saja yang memiliki masalah jerawat. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria pada usia berapapun, namun paling banyak terjadi pada remaja.

Komedo tergolong sebagai jenis jerawat ringan yang biasa muncul pada wajah. Namun, ada juga kemungkinan komedo muncul pada leher, dada, punggung, lengan, atau bahu. Salah satu bentuk komedo adalah komedo terbuka atau blackhead adalah benjolan-benjolan kecil pada kulit, yang merupakan pori-pori tersumbat (folikel rambut) yang disebut komedo terbuka.

Komedo terjadi apabila Anda memiliki pori-pori terbuka yang tersumbat dengan minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri. Komedo mungkin tampak seperti pori-pori tertutup dengan kotoran, namun itu adalah kombinasi minyak dan bakteri yang berubah menjadi hitam saat terpapar dengan udara. Komedo terbuka atau blackheads berbeda dengan komedo tertutup, atau yang dikenal dengan whiteheads . Komedo terbuka adalah gejala umum dari jerawat dan biasanya muncul pada wajah. Kadang juga komedo muncul pada punggung, leher, lengan atau pundak.

Hal yang membedakan blackhead dan whitehead adalah blackhead merupakan komedo yang terbuka dan muncul ke permukaan kulit wajah, sedangkan whitehead adalah komedo yang tertutup oleh kulit mati sehingga menghalanginya keluar dari kelenjar minyak dan sel kulit mati dari dalam kulit, serta tidak muncul ke permukaan kulit, karena isi dari folikel tidak terpapar oleh oksigen yang ada di udara, sebum dan debris tidak teroksidasi dan tetap mempunyai warna yang alami, yaitu putih.

Proses terjadi blackhead hampir sama dengan jerawat, yaitu akibat kelebihan minyak pada permukaan kulit yang kemudian terperangkap pori-pori. Beda blackhead dengan jerawat adalah jerawat mengalami peradangan sedangkan blackhead tidak. Namun, jika blackhead mengalami luka dan terinfeksi, blackhead bisa berkembang menjadi jerawat. Warna hitam dari blackhead sendiri diakibatkan karena saat terkena udara, maka akan timbul reaksi kimia yang melibatkan melanin dan menyebabkan berubahnya komedo tersebut menjadi berwarna hitam.

Selain karena kelebihan minyak pad apermukaan kulit, ada beberapa faktor risiko yang dapat menimbulkan blackhead ini muncul, faktor risiko tersebut yaitu:

  • Perubahan hormon. Perubahan hormon yang menyebabkan peningkatan produksi minyak pada remaja, selama menstruasi atau saat mengonsumsi pil KB
  • Obat-obatan tertentu. Jenis obat seperti corticosteroids, lithium, atau androgen dapat memicu timbulnya komedo.
  • Keringat yang berlebih atau kelembapan tinggi dapat menimbulkan komedo pada wajah Anda.
  • Faktor pola makan, atau penyakit yang mendorong pergantian sel kulit.
  • Kosmetik, pembersih, dan pakaian yang menutupi pori-pori.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY