Faktor Risiko Kulit Keriput pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap wanita dipastikan tidak mau mengalami penuaan dini dan ingin terlihat awet muda. Jangankan penuaan dini, banyak orang yang melakukan beragam cara supaya kondisi fisiknya masih terlihat 20 sampai 30 tahun lebih muda meskipun usia mereka telah menginjak usia 50 tahunan.

Mencegah kulit kriput baikya dilakukan sejak usia muda, apalagi kulit merupakan aset yang berharga bagi para wanita bahkan sampai melakukan perawatan kulit ketika masih muda agar kulit bersih, lembut dan tidak keriput atau penuaan dini tentunya.

Sebenarnya cara mencegah kulit keriput pada wanita usia muda sangatlah mudah dengan cara menjalani pola makan dan hidup yang sehat serta ditambah berolahraga setiap hari sudah menjadi langkah awal untuk menghindari kulit keriput.

Kulit keriputĀ  dipengaruhi oleh beberapa hormon di tubuh kita. Terutama hormon kortiso yang biasa dihasilkan pada saat stres. Penurunan hormon estrogen juga berpengaruh terhadap timbulnya kerutan pada wajah wanita. Pada pria hormon testosteron juga ikut berperan dalam memicu keriput pada kulit, namun tak sebesar pengaruh hormon estrogen pada wanita.

Munculnya keriput pada wajah juga bisa menandakan seseorang terkena gejala awal penyakit tertentu. Contohya kerutan diagonal dibagian telinga teryata bisa menjadi tanda awal gangguan jantung, karena disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah kecil di dekat telinga. Selain penyakit jantung munculnya keriput juga bisa menjadi pengungkap gejala penyakit diabetes, ketika seseorang mengkonsumsi makanan manis penyebab diabetes juga dapat menyebabkan kulit menjadi keriput.

Saat kita sedang stres, tanpa sadar kita menautkan alis yang lama kelamaan garisnya akan terlihat nyata dan menjadi permanen. Namun kerutan tersebut sebenarnya juga bisa ditemukan di bagian tubuh lain. Ini karena saat kita terus menerus cemas, tubuh akan memompa stres hormon dalam jumlah banyak dan berakibat pada penurunan kadar kolagen di kulit. Serta risiko osteoporosis juga ditandai keriput paling bayak dan paling dan paling dalam ternyata tingkat kepadatan tulangnya rendah.

Menjaga kulit agar tidak keriput sebelum waktunya tidak hanya perihal bagaimana terlihat lebih muda, namun juga menjaga kulit agar tetap terawat. Selain itu, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY