Faktor Risiko Psoriasis pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang telah kita ketahui bahwa psoriasis merupakan penyakit yang dapat menyerang siapapun. Seorang pria pun dapat terkena psoriasis. Hal tersebut membuat semua orang was-was terhadap penyakit ini. Walaupun psoriasis bukan termasuk penyakit menular.

Apalagi belum diketahui pasti penyebab munculnya penyakit psoriasis ini. Baru ada dugaan bahwa faktor keturunan merupakan faktor munculnya psoriasis. Ditunjukan sekitar 35% penderita menunjukkan adanya riwayat keluarga, kembar identik bila salah satu terkena maka yang satunya lagi memiliki peluang 73% terkena psoriasis. Jika salah satu orang tua menderita psoriasis maka anak memiliki kemungkinan terkena 25%, jika keduanya maka 60% anak akan terkena psoriasis. Disamping itu, faktor lingkungan juga dianggap sebagai faktor pencetus.

Selain faktor lingkungan dan faktor keturunan, berikut beberapa faktor pencetus lain yang dapat memicu terjadinya psoriasis pada individu yang berbakat psoriasis:

  1. Trauma

Trauma yang memicu psoriasis yaitu seperti bekas garukan, bekas luka pada kulit yang dapat menimbulkan psoriasis di area tersebut.

  1. Infeksi

Infeksi saluran nafas bagian atas oleh bakteri Streptococcus, merupakan faktor pencetus timbulnya psoriasis, terutama psoriasis gutata.

  1. Obat-obatan

Obat-obatan seperti beta blockers, lithium dan anti malaria dapat memperburuk atau memicu timbulnya psoriasi.

  1. Sinar matahari

Pajanan sinar matahari secara langsung terutama lebih dari 20 menit dapat memperburuk psoriasis sekitar 10%.

  1. Stress

Sebanyak 30-40% stress dapat memperburuk psoriasis pada penderitannya

Setelah membaca uraian di atas, tentu bagi anda yang tidak menderita psoriasis ingin mengetahui bagaimana cara menghindari atau mencegah psoriasis. Karena seperti yang kita ketahui bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati atau dalam dunia kesehatan dikenal istilah preventif lebih baik daripada kuratif.

Berikut faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko psoriasis yang dapat anda ketahui, meliputi:

  1. Riwayat keluarga menderita psoriasis. Mungkin inilah faktor yang paling signifikan untuk psoriasis yang dalam keluarganya memiliki riwayat psoriasis.
  2. Gangguan kekebalan tubuh lainnya. Orang dengan HIV lebih mungkin untuk mengembangkan psoriasis karena menurunnya sistem kekebalan tubuh. Anak-anak dan orang dewasa muda dengan infeksi berulang, terutama infeksi tenggorokan.
  3. Selain sebagai faktor pemicu, stress juga merupakan faktor risiko psoriasis karena stress dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
  4. Obesitas
  5. Penelitian menyebutkan bahwa risiko psoriasis lebih besar pada perokok dan mantan perokok daripada orang yang tidak merokok
  6. Terlalu minum banyak alkohol dan Sakit tenggorokan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY