Faktor Risiko Terjadinya Kurap pada Anak

SehatFresh.com – Kurap disebut sebagai Tinea atau “infeksi dermatofit” atau “dermatofitosis”, dalam bahasa inggrisnya adalah ringworm.

Penyakit kurap adalah penyakit kulit berbentuk lingkaran yang akan membesar bila tidak ditangani dengan segera. Kurap tidak mengenal umur, namun paling sering terjadi pada anak-anak.

Meskipun tidak berbahaya, namun penyakit ini sangat mudah menular. Faktor risiko seseorang terkena kurap yaitu:

  • Kontak. Kontak langsung dengan seseorang yang memiliki kurap. Kontak tidak langsung seperti berbagi penggunaan peralatan mandi, seperti sikat gigi, handuk, serta pakaian.
  • Tertular hewan. Beberapa hewan seperti anjijng, kelinci, sapi, dan kucing yang mengalami infeksi jamur pada kulitnya dapat menularkan kurap terutama pada anak-anak.
  • Tanah. Meskipun hal ini jarang terjadi, namun harus tetap waspada bahwa anak-anak dapat terkena jamur setelah kontak dengan tanah, mengingat jamur juga ada di tanah.
  • Menggaruk. Penyebab kurap sekunder lainnya dengan menggaruk. Kurap akan menyebar karena penderita menggaruk bagian kulit yang terinfeksi kurap menggunakan tangan atau kuku, sehingga kurap dapat menyebar di bagian kuku atau jari tangan.
  • Pakaian kotor. Sering menggunakan pakaian kotor akan mudah terinfeksi dengan jamur. Pakaian kotor bisa menyebabkan anak terkena kurap hingga berbagai macam penyakit kulit.
  • Kebersihan yang buruk. Menjaga kebersihan tentunya menjadi cara yang paling mudah dilakukan untuk menjaga diri dari berbagai macam penyakit.
  • Sistem kekebalan tubuh lemah. Pola hidup sehat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Tubuh yang sehat memiliki kekebalan tubuh yang kuat untuk dapat melindungi diri dari berbagai macam penyakit.
  • Kolam renang. Berenang di kolam renang umum bersama-sama akan mudah terserang penyakit kulit seperti kurap. Berenang sendiri di kolam renang pun belum tentu aman karena tidak semua kolam renang terjaga dengan baik kebersihan airnya. Kolam renang yang jarang dikuras dan dibersihkan akan menjadi perkembangbiakan jamur yang ada di kolam renang tersebut.

Sangat penting bagi orang tua untuk lebih memperhatikan kebersihan dan lingkungan sekitar untuk keamanan dan kesehatan si kecil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY