Faktor Risiko Terkena Kanker Serviks

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Terdengar seperti namanya, kanker servik merupakan kanker yang menyerang organ bagian depan rahim atau peralihan antara rahim dan vagina. Kanker serviks ini disebabkan oleh sebuah virus bernama Human Papillomavirus atau dikenal juga dengan HPV.

Kanker serviks juga menyumbang angka kematian yang cukup tinggi pada wanita seperti halnya kanker payudara. Seperti yang diperkirakan oleh The American Cancer Society yaitu setidakya akan ada belasan ribu atau bahkan lebih dari 5000 wanita akan meninggal karena terkena kanker serviks di tahun yang akan datang.

Semua wanita yang mengetahui betapa bahaya kanker serviks pasti akan merasa takut dan berusaha untuk terhindar dari penyakit tersebut. Untuk menghindari kanker serviks, anda juga perlu tahu faktor risiko apa saja yang membuat seorang wanita dapat terkena kanker serviks. Oleh karena itu beriikut akan dijelaskan beberapa faktor risiko terkena kanker serviks:

  1. Riwayat seksual

Riwayat seksual yang tidak baik akan meningkatkan faktor resiko seorang wanita terkena kanker serviks. Riwayat seksual tersebut meliputi sering berganti pasangan seks, sudah melakukan seks sebelum usianya 18 tahun dan melakukan seks dengan pria yang sering atau punya banyak pasangan.

  1. Penggunaan pil KB

Meski pil KB dianjurkan dikonsumsi wanita untuk mengontrol kehamilan. Ternyata juga memiliki efek samping meningkatkan risiko kanker serviks jika anda mengonsumsi pil KB lebih dari 5 tahun. Namun, anda tidak perlu khawatir karena resiko akan menurun setelah anda berhenti konsumsi pil KB.

  1. Merokok

Sedikitnya populasi wanita yang merokok dibandingkan pria, tapi tidak mengurangi atau belum tentu anda bisa jauh dari kanker serviks jika anda memiliki kebiasaan merokok. Hal tersebut karena rokok mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker pada tubuh.

  1. Obesitas

Bagi anda yang memiliki berat badan lebih mulai sekarang mulai kontrol berat badan karena orang yang obesitas lebih berisiko untuk terkena kanker serviks.

  1. Hamil dibawah umur

Kanker serviks juga akan menyerang pada wanita yang menikah di bawah umur karena ia hamil pertamanya dibawah umur 18 tahun khususnya 17 tahun. Selain hamil pertama di umur 17 tahun, wanita yang telah hamil sebanyak tiga kali juga berisiko terkena kanker serviks.

  1. Imunosupresi

Pada beberapa orang yang sakit pada sistem imunnya akan berisiko tinggi terkena kanker serviks. Contohnya wanita yang menderita penyakit HIV.

  1. Konsumsi Diethylstilbestrol

Diethylstilbestrol merupakan obat yang digunakan untuk mencegah keguguran pada tahun 1940-1971. Jika anda memiliki ibu riwayat mengonsumsi obat tersebut maka anda perlu hati-hati berisiko terkena kanker serviks.

  1. Adanya infeksi chlamydia

Infeksi chlamydia pada wanita kadang sulit diketahui karena tidak ada gejala yang jelas sehingga kadang anda secara tiba-tiba bisa terkena kanker serviks. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here