Faktor untuk Menurunkan Kekebalan Tubuh pada Anak saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sistem kekebalan tubuh adalah sebuah pertahanan yang dikembangkan oleh tubuh untuk melawan infeksi. Memiliki imunitas yang rendah akan lebih rentan terhadap berbagai serangan virus dan bakteri, yang pada akhirnya mudah terkena penyakit. Kekebalan tubuh yang rendah dapat disebabkan oleh bawaan maupun faktor luar.

Memasuki bulan Ramadhan, anak belum akil baliq tidak termasuk umat yang diwajibkan berpuasa. Tetapi pada kenyataannya banyak anak pra akil baliq sudah berpuasa “penuh” layaknya orang dewasa.

Periode akil baliq biasanya terjadi saat anak sudah mulai masa pubertas atau sekitar usia 12 tahun. Anak perempuan akan mendapat menstruasi dan payudara mulai berkembang.

Banyak orang tua beralasan dalam mendidik beribadah khususnya puasa harus dilakukan secara dini dan bertahap. Tak jarang puasa sudah dikenalkan pada anak sejak usia 6 atau 7 tahun meskipun baru puasa setengah hari.

Dalam menjaga kesehatan tubuh, kenali beberapa faktor berikut yang dapat menjadi penyebab menurunnya kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut :

  1. Makanan manis. Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis tidak hanya dapat meningkatkan berat badan Anda, namun juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi 100 gram gula per hari akan menurunkan kemampuan sel darah putih dalam membunuh bakteri.
  2. Kurang minum air putih. Tubuh Anda membutuhkan banyak air untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh. Banyaknya jumlah cairan yang harus dikonsumsi jumlahnya berbeda-beda tergantung dengan keadaan fisik seseorang.
  3. Kelebihan berat badan. Berat badan yang berlebih juga akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh sebab kelebihan berat badan akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan peradangan yang mengganggu kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan infeksi.
  4. Hidung yang kering. Walaupun terdengar jorok, namun lendir yang ada di dalam hidung dapat berfungsi untuk menangkap virus yang akan memasuki tubuh Anda. Jika hidung Anda terlalu kering, maka kuman akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh Anda.
  5. Stres. Stres tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental Anda, namun juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Kesehatan tubuh merupakan hal utama yang harus Anda jaga. Oleh karena itu kenalilah beberapa faktor yang mampu menurunkan kesehatan tubuh seperti contoh di atas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY