Faktor yang Mempengaruhi Anak Sulit Tidur Siang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menurut seorang dokter anak dan penulis buku kesehatan di Amerika menyatakan bahwa tidur siang harus menjadi suatu hal yang menyenangkan di sela kesibukan aktivitas sang anak, jadi anda tidak perlu memaksanya untuk tidur. Meskipun begitu pada kenyataannya orangtua sering merasa jengkel apabila anak tidak tidur siang.

Banyak hal yang menyebabkan anak merasa sulit untuk tidur di siang hari. Tahukah anda penyebabnya? Menurut pernyataan yang disampaikan oleh dokter spesialis anak yang bernama Dr dr Rini Sekartini bahwa anak yang mengalami kesulitan tidur di siang hari yaitu disebabkan oleh minuman atau makanan yang mengandung kafein, soda dan permen coklat.

Selain itu anak sulit tidur disiang hari disebabkan karena merasa takut dengan keadaan di sekelilingnya dikarenakan sebelumnya telah menonton tayangan yang bersifat mistis atau horor sehingga akan memicu mimpi buruk pada anak. Penyebab lain sulitnya anak untuk tidur siang yaitu menggunakan alat elektronik seperti telepon seluler dan bermain game.

Berikut ini beberapa penyebab atau alasan anak susah tidur siang, diantaranya sebagai berikut :

  1. Anak ingin mandiri

Pada umumnya anak berusaha ingin mandiri terutama pada usia balita, hal ini dapat mempengaruhi jadwal tidur siang sang anak. Cara mereka memperoleh kemandirian yaitu dengan cara mengontrol situasi tertentu yang mengakibatkan penolakan untuk tidur siang.

  1. Merasa kelelahan

Apabila seorang anak mencapai tahap yang lelah maka kelelahan tersebut akan berpengaruh pada hormon stres yang mengalir ke darah, kortisol dan adrenalin. Pengaruh hormon tersebut mengakibatkan si kecil menjadi sulit tenang dan menolak tidur siang.

  1. Belum merasa ngantuk

Apabila frekuensi tidur si kecil 13 jam di malam hari maka hal ini akan mengakibatkan anak menjadi sulit tidur di siang hari karena anak belum merasa ngantuk.

  1. Anak mengalami fase tumbuh kembang

Fase tumbuh kembang utama pada anak dapat mempengaruhi pola tidur si kecil di siang hari. Contohnya anak sedang belajar merangkak atau belajar berjalan, anak sedang belajar berbicara, dan lain-lain. pada umumnya apabila fase ini telah berakhir pola tidur anak disiang hari akan menjadi normal kembali.

  1. Merasa lapar

Apabila anak kesulitan untuk tidur siang dan rewel cobalah anda menawarin si anak makan karena pada umumnya anak belum mengenali rasa lapar dan sibuk dengan bermain sehingga anak menjadi rewel dan menangis.

  1. Terbiasa dibantu untuk tidur

Jangan membiasakan mengelus, memeluk, atau menepuk-nepuk kepalanya hingga si kecil terlelap. Hal ini akan mengakibatkan kebiasaan anak untuk tidur dengan bantuan cara seperti itu.

  1. Terlalu banyak gangguan

Alasan anak sulit tidur di siang hari karena terdapat berbagai macam gangguan di sekelilingnya seperti barang-barang elektronik TV, radio, handphone dan lain-lain. Buatlah suasana tenang kepada anak agar anak terlelap untuk tidur. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here