Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Sel Telur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi pasangan yang sudah menikah, memiliki anak adalah yang hal paling didambakan. Sel telur yang sehat adalah sebuah tolak ukur tentang kesuburan yang sehat. Kesehatan telur tersebut dapat berpengaruh pada fertilisasi dan terjadinya kehamilan. Bagi Anda yang sedang merencakan kehamilan tentu penting sekali untuk mengetahui tentang hal tersebut.

Seorang wanita yang bertambah usia akan mengalami penurunan jumlah sel telur. Biasanya, kualitas sel telur akan menurun pada wanita yang telah berusia di atas 35 tahun. Hal tersebut dapat mengurangi cadangan ovarium yang menyebabkan sulitnya terjadi kehamilan.

Sebetulnya bukan hanya umur yang mempengaruhi kualitas sel telur. Ada banyak faktor lain seperti ketidakseimbangan hormon, lingkungan yang tidak kondusif, stress dan gaya hidup yang tidak sehat.

Dalam dunia medis ditemukan istilah anovulasi yaitu sel telur yang sulit matang. Walaupun wanita tersebut mengalami menstruasi seperti wanita normal, namun ovarium tidak melepaskan sel telur untuk dibuahi.

Ada beberapa opsi untuk mengatasi hal kualitas sel telur yang kurang baik. Beberapa wanita memilih untuk melakukan donor telur. Namun sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas sel telur Anda. Anda harus memperhatikan faktor- faktor berikut ini.

  • Aliran oksigen darah. Hal yang sangat mempengaruhi kualitas sel telur salah satunya adalah aliran oksigen darah. Dengan melakukan olahraga, minum air yang cukup dan pijat kesubutan diharapkan dapat meningkatkan aliran darah ke ovarium.

Olahraga seperti berlari, yoga dan lain sebagainya dapat membantu meningkatkan aliran darah. Selain itu, pijat kesuburan juga diharapkan mampu untuk membantu peningkatan kualitas sel telur. Hal yang dilakukan adalah memijat uterus dan ovarium. Dengan begitu diharapkan aliran darah beroksigen ke ovarium akan lebih lancar.

  • Keseimbangan hormon. Faktor kedua yang mempengaruhi kualitas sel telur adalah keseimbangan hormon. Beberapa hal yang tidak baik seperti stress, lingkungan yang tidak mendukung akan membuat hormon wanita menjadi tidak seimbang. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan beberapa upaya seperti membersihkan sistem dari kelebihan hormone dan mengurangi paparan xenohormones
  • Makanan. Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting adalah makanan. Anda memerlukan nutrisi yang baik untuk kualitas sel telur yang sehat. Untuk meningkatkan kualitas sel telur, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti brokoli, ikan salmon, jahe, kunyit, berries, biji wijen juga beberapa makanan sehat lainnya.

Sedangkan makanan dan gaya hidup tidak sehat yang harus Anda hindari adalah rokok, terlalu banyak kafein, alcohol, sida, lemak trans dan lain sebagainya.

Demikian merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas sel telur. Dengan upaya tersebut diharapkan bisa membantu peningkatan kualitas sel telur sehingga bisa segera mendapatkan kehamilan. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here