Fenomena Smartphone yang Mengintai Dunia Remaja Masa Kini

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat alat komunikasi juga mengalami perubahan. Jika dahulu masyarakat disajikan dengan alat komunikasi yang hanya bisa digunakan untuk telepon atau mengirim pesan, kini fungsinya sudah bertambah.

Perkembangan smartphone di masyarakat

Masyarakat kini bisa memiliki alat komunikasi yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Seperti merekam video, mengirim video, mengirim file, menyaksikan siaran televisi, akses internet, dan lain sebagainya. Dengan tawaran spesifikasi yang berbeda-beda, maka tidak mengherankan jika satu orang bisa saja memiliki lebih dari satu smartphone.

Beberapa orang bahkan menganggap jika mempunyai satu smartphone saja tidak cukup untuk mendukung pekerjaannya. Meskipun demikian tidak sedikit pula yang memanfaatkan smartphone demi gaya hidup atau untuk menaikan status sosial. Padahal menggunakan satu atau lebih smartphone akan memberikan dampak bagi kesehatan dan kehidupan.

Selain dapat membantu aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari, smartphone juga memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Tidak hanya kalangan orangtua, tapi dunia anak dan remaja juga menjadi sasaran dampak negatif dari smartphone. Lantas apa saja dampak positif dan negatif keberadaan smartphone bagi remaja?

Dampak positif keberadaan smartphone bagi remaja

  1. Remaja semakin mudah dalam mendapatkan informasi. Bagi remaja pengguna smartphone, tentu saja dampak positif dalam hal perkembangan informasi akan semakin mudah didapat. Remaja menjadi lebih mudah untuk mendapatkan atau berbagi informasi terbaru, setiap saat setiap waktu.
  2. Remaja memiliki kesempatan untuk memanfaatkan fitur yang lebih canggih. Semakin besarnya permintaan smartphone, akan membuat inovator terus mengembangkan ide guna menambahkan fitur-fitur canggih. Tujuannya tentu untuk membantu aktifitas remaja dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Remaja memiliki kesempatan untuk berkomunikasi secara mendunia. Remaja yang mempunyai smartphone akan dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain di belahan dunia. Sarana yang bisa dimanfaatkan seperti chatting atau video call, hingga mengirim email.
  4. Remaja bisa dengan mudah mencari tempat. Dengan memiliki smartphone yang dilengkapi aplikasi peta wilayah membuat remaja yang ingin berpergian jauh tidak perlu lagi kuatir. Pasalnya dengan smartphone, tempat yang menjadi tujuan bisa dengan mudah ditemui.

Dampak negatif keberadaan smartphone bagi remaja

  1. Smartphone dapat mempengaruhi kesehatan remaja. Mempunyai smartphone yang canggih memang menjadi dambaan setiap remaja. Hanya saja perangkat canggih tersebut juga menyimpan efek negatif yang bisa mengganggu kesehatan. Alhasil remaja perlu berhati-hati dalam memanfaatkan smartphone.
  2. Smartphone bisa membuat remaja kecanduan. Menggunakan smartphone dengan fitur-fitur yang canggih, bisa saja membuat remaja menjadi ketagihan. Hal tersebut menyebabkan remaja tidak bisa jauh dari smartphone, bahkan ketika beranjak tidur.
  3. Smartphone dapat mengganggu tidur remaja. Layanan internet 24 jam dalam perangkat smartphone, secara tidak langsung bisa mengganggu tidur remaja. Misalnya saja ketika ada pesan dari media sosial yang masuk dan berbunyi, tentu akan membuat tidur remaja menjadi tidak pulas.

Smartphone dapat memicu cemas yang berlebih pada remaja. Memiliki smartphone yang canggih juga bisa mengakibatkan kecemasan yang berlebih pada remaja. Misalnya saja ketika remaja menunggu balasan pesan dari seseorang, maka perasaan menunggu dan cemas tersebut akan muncul. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here