Fraktur Greenstick

DEFINISI
Fraktur greenstick terjadi ketika tulang membungkuk dan retak, bukannya rusak sepenuhnya menjadi potongan-potongan terpisah. Jenis patah tulang paling sering terjadi pada anak-anak karena tulang mereka lebih lembut dan lebih fleksibel daripada tulang orang dewasa.

Dalam beberapa kasus, fraktur greenstick bisa sulit untuk didiagnosa karena mungkin tidak ada rasa sakit yang parah atau pembengkakan dan anak menggunakan anggota tubuh dan dapat bergerak dengan sempurna. Fraktur greenstick ringan kadang-kadang dianggap keseleo.

Bahkan fraktur greenstick ringan biasanya tidak bergerak dengan bantuan gips. Selain menahan potongan retak tulang sehingga mereka dapat disembuhkan, gips dapat membantu mencegah kerusakan semua tulang jika anak Anda terjatuh lagi.

GEJALA
Rasa sakit, pembengkakan dan deformitas (kelainan) jelas khas patah tulang mungkin tidak ada atau sangat minimal pada fraktur greenstick ringan. Fraktur greenstick lainnya dapat dengan mudah didiagnosis karena lengan atau kaki yang cacat dan adanya pembengkakan yang signifikan.

Kapan Anda harus ke dokter ?
Hubungi dokter jika anak Anda mengalami rasa sakit terus-menerus pada tubuh yang terluka. Carilah perhatian medis segera jika anak tidak mampu menanggung berat badan atau jika ada rasa sakit yang jelas, deformitas dan pembengkakan.

PENYEBAB
Fraktur pada anak paling sering terjadi akibat terjatuh. Fraktur lengan lebih umum daripada fraktur kaki, karena reaksi yang biasa terjadi adalah lengan Anda terlempar ketika Anda terjatuh.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Jika anak Anda memiliki rasa sakit yang signifikan atau kelainan yang jelas, Anda mungkin langsung dibawa ke ruang gawat darurat atau klinik perawatan darurat. Dokter yang pertama memeriksa anak Anda dapat merekomendasikan konsultasi dengan ahli bedah ortopedi anak.

Apa yang dapat Anda lakukan ?
Untuk mempersiapkan percakapan Anda dengan dokter, Anda dapat menulis daftar cepat yang meliputi :

  • Gejala anak Anda
  • Bagaimana cedera terjadi
  • Informasi medis penting anak Anda, termasuk patah tulang sebelumnya, masalah medis lainnya, alergi, dan nama-nama semua obat dan vitamin yang ia konsumsi
  • Pertanyaan lain yang ingin Anda tanyakan kepada dokter

Ingatlah untuk membawa salinan dari setiap gambar X-ray (biasanya pada disk) dan catatan medis jika anak Anda sudah diperiksa di klinik perawatan darurat atau pusat medis lain.

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda ?
Dokter Anda mungkin bertanya:

  • Apakah ada cedera yang jelas terkait dengan awal gejala?
  • Apakah anak bisa berjalan atau menanggung berat anggota badannya?
  • Dimana tepatnya daerah yang sakit?
  • Pernahkah kondisi anak Anda membaik – dari setiap demam, kelelahan, sakit?

Tes Dan Diagnosis
Selama pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa daerah yang terkena untuk nyeri, pembengkakan, deformitas atau luka terbuka. Anak akan diminta untuk memindahkan tungkai jari-jari atau kaki dengan perlahan.

Tes sinar-X dapat mengungkapkan kebanyakan fraktur greenstick. Beberapa fraktur greenstick sulit untuk dilihat karena bengkokan kecil pada tulang mungkin tidak muncul pada sinar-X.

Perawatan Dan Obat-obatan
Sebagian besar patah tulang pada lengan dan kaki memerlukan gips untuk menjaga tulang tetap teratur sementara patahan disembuhkan. Jika tulang berada dalam keselarasan yang buruk, mereka mungkin perlu direposisi, biasanya di bawah sedasi.

Pada suatu saat, dokter mungkin memutuskan untuk melepas gips agar bisa bekerja sama dengan baik, terutama jika patahan sebagian besar telah sembuh. Manfaat gips adalah anak Anda dapat melepasnya sebentar saat mandi atau shower.

Tes sinar-X diperlukan dalam beberapa minggu untuk memastikan fraktur sembuh dengan benar, untuk memeriksa keselarasan tulang, dan untuk menentukan kapan gips tidak lagi diperlukan. Sebagian besar patah tulang atau retakan memerlukan empat sampai delapan minggu untuk dapat sembuh total, tergantung pada kerus kan dan usia anak.

Setelah gips dilepas, anak harus menghindari kegiatan yang berdampak tinggi untuk satu hingga dua minggu untuk menjaga agar anak Anda tidak kembali melukai lengan atau kaki. Anak Anda akan dengan cepat membangun kembali otot dan fungsi ekstremitas untuk dapat kembali beraktivitas sehari-hari dengan normal. Terapi fisik biasanya tidak diperlukan.

PENCEGAHAN
Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi risiko anak Anda dari fraktur greenstick :

  • Olahraga teratur, dapat membangun tulang yang kuat.
  • Pastikan anak Anda selalu memakai peralatan keselamatan untuk olahraga.
  • Gunakan kursi mobil dan sabuk pengaman di setiap usia.
  • Memberikan kalsium yang cukup dalam diet anak Anda. Periksa dengan dokter Anda untuk melihat berapa banyak kalsium yang dibutuhkan, karena jumlahnya bervariasi sesuai usia.