Fraktur Lempeng Pertumbuhan

DEFINISI
Fraktur lempeng pertumbuhan mempengaruhi lapisan jaringan pertumbuhan dekat ujung tulang panjang anak. Lempeng pertumbuhan adalah area paling lembut dan paling lemah dari bagian dari kerangka – kadang-kadang bahkan lebih lemah di area sekitar ligamen dan tendon. Cedera yang dapat menyebabkan keseleo sendi pada orang dewasa dapat menyebabkan fraktur lempeng pertumbuhan pada anak.

Fraktur lempeng pertumbuhan sering memerlukan perawatan segera karena mereka dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang. Fraktur lempeng pertumbuhan yang tidak dirawat dengan baik bisa mengakibatkan tulang retak berakhir lebih bengkok atau lebih pendek dari tungkai lawannya. Dengan perawatan yang tepat, kebanyakan fraktur lempeng pertumbuhan dapat sembuh tanpa komplikasi.

GEJALA
Sebagian besar fraktur lempeng pertumbuhan terjadi pada tulang jari, lengan dan kaki bagian bawah. Tanda dan gejala dari fraktur lempeng pertumbuhan dapat mencakup :

  • Nyeri dan nyeri tekan, terutama dalam menanggapi tekanan pada lempeng pertumbuhan
  • Ketidakmampuan untuk memindahkan daerah yang terkena atau untuk menempatkan berat badan atau tekanan pada anggota badan
  • Kehangatan dan pembengkakan pada ujung tulang, dekat sendi

Kapan Anda harus ke dokter ?
Jika Anda menduga patah tulang, bawalah anak Anda untuk diperiksa oleh dokter. Juga pastikan anak Anda dievaluasi jika Anda melihat cacat terlihat di lengan atau kaki anak Anda, atau jika anak Anda mengalami kesulitan berolahraga karena sakit terus-menerus.

Meskipun fraktur lempeng pertumbuhan susah dibedakan dengan keseleo, patah tulang biasanya akan memiliki lebih banyak pembengkakan dan rasa sakit terus-menerus dari waktu ke waktu.

PENYEBAB
Fraktur lempeng pertumbuhan sering disebabkan oleh jatuh atau pukulan ke anggota badan, seperti yang mungkin terjadi pada :

  • Kecelakaan mobil
  • Olahraga kompetitif, seperti sepak bola, basket, lari, menari atau senam
  • Kegiatan rekreasi, seperti bersepeda, naik eretan, ski atau skateboard

Fraktur lempeng pertumbuhan kadang-kadang dapat disebabkan oleh penggunaan anggota tubuh secara berlebihan, yang dapat terjadi selama pelatihan olahraga atau melempar berulang.

Faktor Risiko
Fraktur lempeng pertumbuhan terjadi dua kali sering pada anak laki-laki dibandingkan perempuan, karena perempuan selesai tumbuh lebih awal daripada anak laki-laki. Pada usia 12, kebanyakan lempeng pertumbuhan perempuan telah matang dan telah diganti dengan tulang padat.

Komplikasi
Sebagian besar fraktur lempeng pertumbuhan sembuh tanpa komplikasi. Tapi faktor-faktor berikut dapat meningkatkan risiko pertumbuhan tulang bengkok atau terhambat.

  • Keparahan dari cedera. Jika lempeng pertumbuhan telah bergeser, hancur atau dihancurkan, risiko cacat anggota badan lebih besar.
  • Usia anak. Anak kecil masih memiliki masa-masa pertumbuhan mereka, jadi jika lempeng pertumbuhan rusak secara permanen, ada lebih banyak kesempatan deformitas berkembang. Jika seorang anak sudah hampir selesai tumbuh, kerusakan permanen pada lempeng pertumbuhan hanya menyebabkan sedikit cacat.
  • Lokasi dari cedera. Lempeng pertumbuhan sekitar lutut lebih sensitif terhadap cedera. Fraktur lempeng pertumbuhan pada lutut bisa menyebabkan kaki menjadi pendek atau bengkok jika lempeng pertumbuhan memiliki kerusakan permanen. Cedera lempeng pertumbuhan sekitar pergelangan tangan dan bahu biasanya sembuh tanpa masalah.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Jika anak Anda terluka, Anda dapat pergi langsung ke ruang gawat darurat atau klinik perawatan darurat. Tergantung pada tingkat keparahan kerusakan, dokter yang pertama memeriksa anak Anda dapat merekomendasikan konsultasi dengan ahli bedah ortopedi anak.

Apa yang dapat Anda lakukan?
Untuk mempersiapkan percakapan Anda dengan dokter, Anda dapat ingin menulis daftar cepat yang meliputi :

  • Gejala anak Anda
  • Bagaimana cedera terjadi
  • Informasi medis anak Anda, termasuk masalah medis lainnya dan nama semua obat-obatan dan vitamin yang ia konsumsi
  • Olahraga atau kegiatan rekreasi di mana anak Anda secara teratur berpartisipasi
  • Pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?
Dokter Anda mungkin bertanya:

  • Bagaimana cedera terjadi?
  • Dimana yang sakit?
  • Seberapa parah sakitnya?
  • Apakah ada sesuatu yang dapat meringankan rasa sakit?
  • Apakah ada rasa sakit di daerah yang terkena sebelum cedera, seperti selama olahraga atau kegiatan rekreasi?
  • Kekhawatiran apa yang Anda miliki tentang kembalinya anak Anda untuk olahraga atau bermain?
  • Apakah ada fraktur sebelumnya?

Tes Dan Diagnosis
Karena lempeng pertumbuhan belum mengeras menjadi tulang padat, mereka sulit untuk ditafsirkan pada tes sinar-X. Dokter mungkin melakukan tes sinar-X pada kedua anggota tubuh yang cedera dan ekstremitas yang berlawanan sehingga mereka dapat dibandingkan. Kadang-kadang fraktur lempeng pertumbuhan tidak dapat dilihat pada tes sinar-X. Jika tulang anak lebih lembut di atas daerah lempeng pertumbuhan, dokter Anda dapat merekomendasikan gips atau belat untuk melindungi anggota badan. Tes sinar-X akan diambil lagi dalam tiga sampai empat minggu dan, jika ada fraktur, penyembuhan tulang baru biasanya akan terlihat pada waktu itu.

Untuk cedera yang lebih serius, scan yang dapat memvisualisasikan jaringan lunak – seperti magnetic resonance imaging (MRI), computerized tomography (CT) atau USG – mungkin dilakukan.

Perawatan Dan Obat-obatan
Pengobatan untuk fraktur lempeng pertumbuhan tergantung pada tingkat keparahan fraktur. Fraktur ringan biasanya hanya membutuhkan gips atau belat. Jika fraktur melintasi lempeng pertumbuhan atau masuk ke dalam sendi dan tidak selaras, operasi mungkin diperlukan. Lempeng pertumbuhan yang kembali disusun dengan operasi mungkin memiliki kesempatan yang lebih baik untuk pulih dan tumbuh lagi dibandingkan dengan lempeng pertumbuhan yang dibiarkan pada posisi yang buruk.

Pada saat cedera, sulit untuk mengetahui apakah lempeng pertumbuhan memiliki kerusakan permanen. Dokter mungkin merekomendasikan pemeriksaan tes sinar-X selama beberapa tahun setelah fraktur memastikan lempeng pertumbuhan tumbuh dengan baik. Tergantung pada lokasi dan keparahan fraktur, anak Anda mungkin perlu kunjungan tindak lanjut hingga tulang telah selesai tumbuh.