Frekuensi Waktu Berolahraga yang Efektif untuk Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Olahraga merupakan suatu aktivitas yang dikenal memiliki dampak positif bagi kesehatan, karena olahraga dapat memberikan kebugaran dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak orang yang menganggap bahwa olahraga minimal 30 menit sehari dapat menjaga tubuh tetap sehat.

Pertanyaan tersebut memang betul, akan tetapi tidak dapat dijadikan patokan. Menurut studi terbaru menyatakan bahwa frekuensi olahraga bersifat fleksibel, artinya frekuensi olahraga tersebut tergantung pada tujuan yang akan dicapai.

Sebuah penelitian yang melibatkan responden sebanyak 2.324 orang dewasa yang melakukan olahraga selama 150 menit dalam waktu seminggu. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa frekuensi olahraga yang ideal bagi orang dewasa sekitar 150 menit perminggu, durasi tersebut dianggap sebuah durasi yang paling sehat jika dilakukan.

Apabila 150 menit merupakan durasi ideal berolahraga untuk remaja, berapakah durasi ideal berolahraga untuk kalangan remaja?

Fungsi utama olahraga bagi kalangan dewasa untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat. Olahraga yang dilakukan pada masa remaja tidak hanya berfungsi untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, akan tetapi aktivitas olahraga juga memiliki fungsi untuk mendukung sistem pertumbuhan dan perkembangan remaja tersebut karena masa remaja merupakan tahapan yang masih mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Sehingga tidak heran jika pada masa anak-anak dan masa remaja seringkali dianjurkan untuk selalu aktif beraktivitas dan melakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan terlalu sering pada masa remaja dapat menimbulkan efek negatif. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Swiss dan Kanada yang menyatakan bahwa remaja yang melakukan olahraga lebih dari 14 jam per minggu dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh US Department of Health and Human Service memberikan sebuah saran agar remaja yang berusia 6-17 tahun melakukan olahraga sekitar 1 jam perhari atau 7 jam dalam waktu 1 minggu. Selain itu penelitian tersebut menyarankan agar remaja tidak melakukan olahraga melebihi 2 jam perhari atau 14 jam dalam 1 minggu. Apabila durasi olahraga yang dilakukan remaja cukup maka kegiatan tersebut memiliki efek positif seperti menstabilkan emosi, meningkatkan rasa percaya diri, membantu proses pertumbuhan dan perkembangan serta menurunkan tingkat depresi, kecemasan, dan stres.

Mengajarkan anak dan remaja untuk aktif beraktivitas dan berolahraga suatu hal yang baik. Akan tetapi anda sebagai orangtua harus memberikan pengetahuan tentang batasan waktu olahraga yang wajar dan bermanfaat pada remaja. Sebaiknya anda jangan membiarkan anak anda berolahraga terlalu lama.

Hal tersebut dikarenakan dapat merusak kesehatan yang disebut dengan overtraining. Overtraining merupakan suatu kondisi yang menyebabkan anda mengalami cedera otot dan sendi, nafsu makan berkurang, menurunkan kepadatan tulang, memperburuk kualitas tidur, mengubah kekebalan tubuh dan hormon, dan mudah marah. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here