Frigiditas Pada Wanita

SehatFresh.com – Banyak jenis ganguan disfungsi seksual pada wanita, salah satunya adalah frigiditas. Sebuah penelitian mengungkap fakta yang mengejutkan bahwa hampir 60 % wanita yang sudah menikah ternyata belum pernah mengalami orgasme. Salah satu penyebab adalah frigiditas. Dalam dunia medis, istilah frigiditas adalah salah satu gangguan seksual pada wanita, yang menggambarkan kondisi wanita yang tidak bereaksi terhadap rangsangan seksual. Masalah seksual ini membuat seorang wanita sulit mendapatkan orgasme saat melakukan hubungan suami istri. Tanda-tanda frigiditas tidak tampak secara fisik.

Frigiditas merujuk pada kedinginan seksual dan kelesuan seksual. Kedinginan seksual menunjukkan tidak adanya gairah seksual sama sekali. Sedangkan kelesuhan seksual merupakan kondisi di mana seorang wanita masih memiliki gairah seksual tetapi tidak dapat mencapai kepuasan seksual. Kondisi kedinginan seksual berefek lebih parah dari kelesuan seksual. Hal ini bisa disebabkan adanya suatu penyakit yang parah atau mungkin juga karena pengalaman yang mengerikan seperti diperkosa. Para seksolog setuju bahwa penyebab utama frigiditas adalah masalah psikis. Bisa dikatakan jarang sekali ditemukan kasus frigiditas yang disebabkan gangguan organ atau penyakit fisik. Faktor psikis ini kemungkinan akibat trauma masa lalu atau kejadian masa lalu yang membuat seorang wanita merasa bahwa seks bukanlah hal yang menyenangkan.

Bahkan, terkadang masalah frigiditas ini bisa timbul hanya karena masalah yang sangat sederhana, misalnya istri dalam keadaan capai sehingga berpengaruh pada kondisinya yang lelah. Jika dibiarkan secara berkelanjutan, keadaan ini akan mengakibatkan stres. Kelelahan fisik dan stres inilah yang merupakan faktor penyebab seorang wanita kehilangan gairah seksual terhadap suaminya. Hilangnya gairah tersebut pada akhirnya akan memengaruhi aktifitas seksualnya dan berakibat gagal mencapai orgasme ketika berhubungan seksual dengan suaminya.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa sebetulnya banyak wanita yang kehilangan gairah seksualnya tanpa mereka sadari. Mereka hanya menganggap bahwa tubuhnya hanya untuk memenuhi hasrat suaminya, tidak peduli ia mendapat kepuasan atau tidak. Kondisi ini menyebabkan wanita tersebut tidak pernah menikmati aktifitas seksual yang dilakukannya. Frigiditas merupakan masalah seksual yang cukup berat. Namun, frigiditas umumnya hanya bersifat sementara dan masih dapat diupayakan kesembuhannya.

Peran pasangan sangat penting untuk memulihkan kondisi kejiwaan penderita. Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan sikap penuh kasih sayang, perhatian, dan kelemahlembutan dari sang suami. Ahli terapi seks dapat membantu menyelidiki dan menggali unsur-unsur kejiwaan yang menyebabkan seorang wanita menjadi frigid. Jika penyebabnya adalah masalah fisik akibat dari suatu penyakit, usahakan agar penyakit itu disembuhkan, kemudian dilanjutkan dengan terapi dengan melibatkan pihak istri dan suami.

Sumber gambar : www.youtube.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY