Fungsi Jakun di Leher Bagi Kesehatan Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jakun yang dalam dunia medis disebut sebagai prominentia laryngea dan berarti benjolan di leher yang ikut bergerak ketika menelan makanan atau minuman. Meski bergerak saat sedang mengonsumsi sesuatu, namun jakun tidak ada hubungannya dengan makanan yang dikonsumsi.

Hal ini hanya berhubungan dengan laring saja dan itu terjadi khususnya pada kaum pria. Sama seperti perubahan tubuh lainnya, jakun tidak tiba-tiba muncul dalam semalam. Jika suara Anda mengalami perubahan, seperti suara yang mendadak, bisa berarti bahwa laring Anda menyesuaikan dengan proses pertumbuhan.

Pada dasarnya pria dan wanita sama-sama memiliki jakun dilehernya, namun ukurannya berbeda satu sama lain. Saat para pria memasuk usia puber, maka pertumbuhan tulang rawan di leher akan semakin terlihat menonjol keluar dan itulah yang kita kenal sebagai jakun. Jakun terletak di atas kelenjar tiroid sehingga disebut juga sebagai kartilogo tiroid.

Fungsi utama jakun melindungi pita suara (laring). Fungsi utama laring yaitu untuk melindungi saluran pernapasan dengan mencegah masuknya benda-benda asing. Meski namanya Adam’s Apple, struktur dari jakun ini tidak seperti buah Apel sepenuhnya hanya sebuah perisai setengah lingkaran yang tidak bulat tapi sangat tebal.

Dinding dan depan laring tersebut ditutupi oleh tulang rawan tiroid yang kaku tapi tidak bertulang (tidak keras), material itulah yang membentuk jakun dan melindungi pita suara. Tulang rawan ini mirip dengan material yang membentuk hidung dan telinga.

Secara alami pita suara laki-laki akan semakin dalam, hal ini yang menyebabkan suara laki-laki lebih berat daripada perempuan. Pita suara akan membantu untuk dapat berbicara, berteriak, tertawa dan bernyanyi. Beberapa orang memiliki jakun yang lebih besar, hal ini terjadi karena setiap orang memiliki kartilogo yang berbeda. Semakin banyak kartilogo, semakin besar pula ukuran jakun.

Orang dengan jakun yang lebih besar cenderung memiliki suara yang lebih dalam dan berat daripada orang dengan jakun yang lebih kecil. Memiliki jakun besar tidak berarti dapat melakukan fungsi-fungsi tersebut lebih baik daripada seseorang dengan jakun kecil. Itu hanya menandakan bahwa laring Anda sedikit lebih besar.

Lain halnya dengan para kaum hawa yang pertumbuhan jakunnya tidak terlalu signifikan, akibat peningkatan hormon testosteron yang sedikit. Maka dari itu perubahan suara para wanita tak terlalu terlihat akibat laring atau kotak suara yang kecil. Beberapa wanita memang mampu merasakan dan mengalami pembesaran jakun serta suaranya.

Umumnya hal ini dipicu kandungan hormon testosteron yang meningkat dari kadar normal kaum hawa. Mereka mengalami yang namanya ketidakstabilan hormon dikarenakan faktor-faktor pendukung. Akan tetapi hal itu tidak memberi dampak negatif pada kesehatan, cuma para wanita dengan jakun besar merasa minder karena berbeda dari wanita normalnya. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here