Fungsi Zat Besi Pada Bayam

SehatFresh.com Zat besi adalah suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Fungsi zat besi antara lain yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut elektron di dalam proses pembentukan energi yang terjadi di dalam sel. Zat besi juga sangat penting dalam proses pembentukan hemoglobin serta membantu sistem kekebalan tubuh dalam menangkal berbagai serangan virus dan bakteri.

Diperlukan asupan makanan untuk menambah zat besi pada tubuh kita. Salah satu makanan yang mengandung zat besi tinggi ialah bayam. Bayam memiliki nama latin Amaranthus spp. dan termasuk dalam famili Amaratohideae. Tumbuhan ini merupakan salah satu jenis sayuran yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram daun bayam adalah 2,3 gram protein, 3,2 gram karbohidrat, 3 gram besi, dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium, dan magnesium.

Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro), jikalau bayam terlalu lama berinteraksi dengan O2 (Oksigen), maka kandungan Fe2+ pada bayam akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, namun yang bermanfaat untuk manusia adalah ferro, lain halnya dengan ferri yang bersifat racun. Total zat besi yanng dimiliki bayam ialah 7,6 mg untuk 100 gram bayam.

Zat besi pada bayam dapat menimbulkan racun apabila diolah dengan perkakas yang terbuat dari alumunium, karena akan terjadi suatu reaksi antara zat besi yang terkandung dalam bayam dengan perkakas yang terbuat dari alumunium, maka akan menimbulkan suatu senyawa yang bersifat racun berbahaya, sehingga kandungan gizi yang terdapat dalam bayam tidak akan termanfaatkan dengan sempurna.

Bayam pun tidak diperkenankan disimpan terlalu lama di lemari pendingin (kulkas), karena menurut John S Wishnok, bayam segar yang baru dicabut dari  persemaiannya saja telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila bayam disimpan di lemari es selama dua minggu, kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg/kg. Maka dalam satu hari penyimpanan, senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7%).

Jika bayam diolah secara benar maka kandungan zat besi pada bayam akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti :

  • Mencegah Anemia

Bayam merupakan sumber yang sangat baik dari zat besi. Jumlah yang tinggi zat besi dalam bayam sangat bermanfaat dalam mencegah anemia. Zat besi membantu regenerasi atau memperbanyak sel-sel darah merah yang membawa oksigen ke setiap bagian dari tubuh.

  • Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Bayam mengandung sejumlah besar zat besi yang meningkatkan metabolisme serta jumlah oksigen yang mengalir melalui tubuh Anda. Hasilnya, tubuh membakar lebih banyak lemak sehingga menurunkan berat badan.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat seimbang mineral ini sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi, dimana kalium menurunkan dan kadar sodium meningkatkan. Folate ditemukan dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan aliran darah yang tepat.

Maka manfaat dan kandungan zat besi pada bayam akan berguna baik untuk tubuh jika cara pengolahan benar.

Sumber gambar : wisdomseekerindonesia.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY