Gadget Ganggu Kualitas Tidur Remaja

Tidak hanya orang dewasa, gadget atau barang-barang elektronik kini akrab di kalangan remaja. Banyak remaja kini menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan memainkan gadget. Seiring semakin canggihnya teknologi, maka semakin sulit pula melepaskan diri dari genggamannya. Kini banyak remaja yang selalu menggenggam ponsel pintar mereka, bahkan saat ingin tidur sekalipun. Hal tersebut perlu diwaspadai karena pemakaian gadget dalam waktu lama dapat mengganggu kesehatan mereka. Berdasarkan penelitian, pemakaian gadget dalam waktu lama dapat mengganggu kualitas tidur di kalangan remaja.

Sebuah riset dilakukan pada hampir 10.000 remaja asal Norwegia berusia antara 16 hingga 19 tahun. Penelitian tersebut menanyakan berapa lama mereka menghabiskan waktu bersentuhan dengan gadget di luar jam sekolah, serta jumlah dan kualitas tidur mereka pada malam hari. Para remaja yang menjadi responden penelitian ini menggunakan berbagai jenis gadget, termasuk komputer dan smartphone. Para remaja tersebut bisa menghabiskan waktu seharian saat memainkan gadget. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget dalam waktu lama menyebabkan mereka memerlukan sekitar 60 menit lebih lama untuk tertidur daripada waktu biasanya. Para remaja tersebut cenderung tidur terlambat dari biasanya. Efeknya sangat dirasakan, terutama bagi remaja yang biasa memainkan gadget sebelum tidur. Penelitian ini juga mengungkapkan, menatap layar monitor selama lebih dari 4 jam berpengaruh terhadap sekitar 49% remaja berisiko terlambat 60 menit untuk tidur. Bukan hanya bermain gadget menjelang tidur, menghabiskan waktu lebih dari dua jam setelah pulang sekolah dengan bermain gadget juga membuat para remaja membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur.

Dari berbagai jenis perangkat gadget, penelitian tersebut menemukan bahwa komputer memiliki pengaruh paling kuat terhadap pola tidur remaja. Faktanya, komputer merupakan perangkat yang paling banyak digunakan para remaja. Selain itu, remaja yang memiliki banyak kegiatan yang menggunakan lebih dari satu gadget, ternyata mempunyai risiko kurangnya waktu tidur lebih lama dari remaja lain yang hanya memiliki satu gadget .

Sekitar 26% remaja yang menggunakan gadget sebanyak 4 atau lebih memerlukan waktu tidur lebih lama lagi, sekitar 60 menit dari remaja yang hanya menggunakan satu gadget saja. Dibandingkan dengan mereka yang memiliki satu gadget , 50% remaja yang menggunakan dua hingga tiga gadget waktu tidur mereka kurang dari lima jam. Mengapa demikian? Dampak gadget terhadap gangguan tidur terjadi karena mengganggu sistem saraf. Cahaya yang dihasilkan dari gadget tersebut bisa memengaruhi jam biologis tubuh.

Maka dari itu, perlu adanya pengarahan pada remaja mengenai penggunaan gadget agar tidak berlebihan. Para orang tua sebaiknya mendampingi anak-anak mereka untuk membatasi penggunaan gadget.

*pic smartmobile.co.th

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY