Gagal Jantung

DEFINISI
Gagal jantung, kadang-kadang dikenal sebagai gagal jantung kongestif, terjadi ketika otot jantung Anda tidak dapat memompa darah seperti sebagaimana mestinya. Kondisi tertentu, seperti penyempitan arteri dalam jantung (penyakit arteri koroner) atau tekanan darah tinggi, yang secara bertahap membuat jantung Anda terlalu lemah atau kaku untuk mengisi dan memompa dengan efisien.

Tidak semua kondisi yang menyebabkan gagal jantung dapat membaik, tetapi perawatan dapat meringankan tanda-tanda dan gejala gagal jantung dan membantu Anda hidup lebih lama. Perubahan gaya hidup – seperti berolahraga, mengurangi garam dalam diet Anda, mengatasi stres dan menurunkan berat badan – dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

Salah satu cara untuk mencegah gagal jantung adalah dengan mengontrol kondisi yang menyebabkan gagal jantung, seperti penyakit arteri koroner, tekanan darah tinggi, diabetes atau obesitas.

GEjALA
Gagal jantung dapat berlangsung terus-menerus (kronis), atau kondisi Anda dapat terjadi tiba-tiba (akut).

Tanda-tanda gagal jantung dan gejala termasuk :

  • Sesak napas (dyspnea) ketika Anda memaksakan diri atau ketika Anda berbaring
  • Kelelahan dan kelemahan
  • Pembengkakan (edema) pada tungkai, pergelangan kaki dan kaki
  • Denyut jantung yang cepat atau tidak teratur
  • Mengurangi kemampuan untuk berolahraga
  • Batuk persisten atau mengi berdahak darah berwarna putih atau merah muda
  • Peningkatan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari
  • Pembengkakan perut (ascites)
  • Berat badan tiba-tiba bertambah akibat retensi cairan
  • Kurangnya nafsu makan dan mual
  • Kesulitan berkonsentrasi atau menurunnya kewaspadaan
  • Mendadak sesak nafas yang hebat dan batuk warna pink dan berbusa lendir
  • Nyeri dada jika gagal jantung Anda disebabkan oleh serangan jantung

Kapan Anda harus ke dokter?
Temui dokter Anda jika Anda berpikir Anda mungkin mengalami tanda-tanda atau gejala gagal jantung. Carilah pengobatan darurat jika Anda mengalami salah satu dari hal berikut :

  • Sakit dada
  • Pingsan atau kelemahan yang parah
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur yang berhubungan dengan sesak napas, nyeri dada atau pingsan
  • Mendadak sesak nafas yang hebat dan batuk pink, berbusa lendir

Meskipun tanda-tanda dan gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh gagal jantung, ada banyak kemungkinan penyebab lainnya, termasuk kondisi jantung dan paru-paru yang mengancam jiwa lainnya. Jangan mencoba untuk mendiagnosa diri. Panggil 911 atau nomor darurat lokal Anda untuk bantuan segera. Penyedia layanan kesehatan gawat darurat akan mencoba untuk menstabilkan kondisi Anda dan menentukan apakah gejala Anda disebabkan oleh gagal jantung atau sesuatu yang lain.

Jika Anda memiliki diagnosis gagal jantung dan jika salah satu gejala tiba-tiba menjadi lebih buruk atau Anda mengembangkan tanda atau gejala baru, mungkin berarti bahwa gagal jantung yang sudah ada semakin parah atau tidak menanggapi pengobatan. Hubungi dokter Anda segera.

PENYEBAB
Gagal jantung sering berkembang setelah kondisi lain merusak atau melemahkan jantung Anda. Namun, jantung tidak perlu melemah untuk menyebabkan gagal jantung. Hal ini juga dapat terjadi jika jantung terlalu kaku.

Pada gagal jantung, bilik pemompaan utama jantung (ventrikel) dapat menjadi kaku dan tidak memenuhi antara detakan dengan benar. Dalam beberapa kasus gagal jantung, otot jantung Anda mungkin menjadi rusak dan lemah, dan peregangan ventrikel (melebar) ke titik dimana jantung tidak dapat memompa darah secara efisien ke seluruh tubuh Anda. Seiring waktu, jantung tidak dapat lagi bersaing dengan tuntutan normalnya untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda.

Fraksi ejeksi merupakan ukuran penting dari seberapa baik hati Anda memompa dan digunakan untuk membantu mengklasifikasikan gagal jantung dan paduan pengobatan. Dalam hati yang sehat, fraksi ejeksi adalah 50 persen atau lebih tinggi – yang berarti bahwa lebih dari setengah dari darah yang mengisi ventrikel dipompa dengan setiap denyut. Tapi gagal jantung dapat terjadi bahkan dengan fraksi ejeksi normal. Hal ini terjadi jika otot jantung menjadi kaku akibat kondisi seperti tekanan darah tinggi.

Istilah “gagal jantung kongestif” berasal dari darah menumpuk ke – atau congesting – hati, perut, ekstremitas bawah dan paru-paru. Namun, tidak semua gagal jantung adalah kongestif. Anda mungkin memiliki sesak napas atau kelemahan karena gagal jantung dan tidak memiliki cairan pembangun.

Gagal jantung dapat melibatkan sisi kiri (ventrikel kiri), sisi kanan (ventrikel kanan) atau kedua sisi jantung Anda. Umumnya, gagal jantung dimulai dengan sisi kiri, khususnya ventrikel kiri – ruang pompa utama jantung Anda.

Jenis gagal jantung                                                                                                                    Deskripsi
Gagal jantung sisi kiri                                                           Cairan dapat menumpuk dalam paru-paru, sehingga menyebabkan sesak napas.

Gagal jantung sisi kanan                                              Cairan dapat menumpuk ke dalam perut, tungkai dan kaki, sehingga menyebabkan pembengkakan.

Gagal jantung sistolik                                                               Ventrikel kiri tidak bisa berkontraksi penuh, mengindikasikan masalah pemompaan.

Gagal jantung diastolik                                                      Ventrikel kiri tidak dapat berelaksasi atau mengisi sepenuhnya, yang menunjukkan masalah mengisi

(Juga disebut gagal jantung dengan fraksi ejeksi awet)

Salah satu kondisi berikut dapat merusak atau melemahkan jantung dan dapat menyebabkan gagal jantung. Beberapa ini dapat hadir tanpa Anda sadari :

  • Penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Penyakit arteri koroner adalah bentuk paling umum dari penyakit jantung dan penyebab paling umum dari gagal jantung. Seiring waktu, arteri yang memasok darah ke otot jantung Anda menyempit akibat penumpukan deposit lemak – sebuah proses yang disebut aterosklerosis. Penumpukan plak dapat menyebabkan aliran darah berkurang ke jantung Anda.
    Serangan jantung terjadi jika plak terbentuk oleh endapan lemak dalam arteri Anda pecah. Hal ini menyebabkan terbentuknya gumpalan darah, yang dapat menghalangi aliran darah ke area otot jantung, melemahnya kemampuan jantung memompa dan sering menyebabkan kerusakan permanen. Jika kerusakan signifikan, hal itu dapat menyebabkan otot jantung melemah.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah adalah kekuatan darah yang dipompa oleh jantung melalui arteri Anda. Jika tekanan darah Anda tinggi, jantung Anda harus bekerja lebih keras dari yang seharusnya untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh Anda.
    Seiring waktu, otot jantung dapat menjadi lebih tebal untuk mengimbangi pekerjaan tambahan yang harus dilakukan itu. Akhirnya, otot jantung Anda mungkin menjadi terlalu kaku atau terlalu lemah untuk dapat memompa darah secara efektif.
  • Katup jantung rusak. Katup jantung Anda menjaga darah tetap mengalir dalam arah yang benar melalui jantung. Sebuah katup yang rusak – karena cacat jantung, penyakit arteri koroner atau infeksi hati – akan memaksa jantung Anda untuk bekerja lebih keras untuk menjaga darah mengalir sebagaimana mestinya.
    Seiring waktu, kerja ekstra ini dapat melemahkan jantung Anda. Katup jantung rusak, namun, bisa diperbaiki atau diganti jika didapatkan donor.
  • Kerusakan pada otot jantung (kardiomiopati). Kerusakan otot jantung (kardiomiopati) dapat memiliki banyak penyebab, termasuk beberapa penyakit, infeksi, penyalahgunaan alkohol dan efek toksik obat, seperti kokain atau obat yang digunakan untuk kemoterapi. Faktor genetik memainkan peran penting dalam beberapa jenis kardiomiopati, seperti kardiomiopati dilatasi, kardiomiopati hipertrofik, aritmogenik ventrikel kanan kardiomiopati, noncompaction ventrikel kiri dan kardiomiopati restriktif.
  • Miokarditis. Miokarditis adalah peradangan otot jantung. Ini paling sering disebabkan oleh virus dan dapat menyebabkan gagal jantung sisi kiri.
  • Kelainan jantung saat dilahirkan (cacat jantung bawaan). Jika jantung dan ruang atau katup belum terbentuk dengan benar, bagian-bagian jantung Anda yang sehat harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui jantung Anda, yang, pada gilirannya, dapat menyebabkan gagal jantung.
  • Irama jantung yang abnormal (aritmia jantung). Irama jantung abnormal dapat menyebabkan jantung berdetak terlalu cepat, yang menciptakan pekerjaan ekstra bagi jantung Anda. Seiring waktu, hati Anda mungkin melemah, menyebabkan gagal jantung. Detak jantung yang lambat dapat mencegah jantung Anda mendapatkan darah yang cukup untuk tubuh dan juga dapat menyebabkan gagal jantung.
  • Penyakit lain. Penyakit kronis – seperti diabetes, HIV, hipertiroidisme, atau penumpukan zat besi (hemochromatosis) atau protein (amiloidosis) – juga dapat menyebabkan gagal jantung.

Penyebab gagal jantung akut termasuk virus yang menyerang otot jantung, infeksi berat, reaksi alergi, pembekuan darah di paru-paru, penggunaan obat tertentu atau penyakit yang mempengaruhi seluruh tubuh.

Faktor Risiko
Faktor risiko tunggal mungkin cukup untuk menyebabkan gagal jantung, tetapi kombinasi faktor juga meningkatkan risiko Anda.

Faktor risiko meliputi :

  • Tekanan darah tinggi. Jantung Anda bekerja lebih keras daripada yang seharusnya jika tekanan darah Anda tinggi.
  • Penyakit arteri koroner. Arteri menyempit dapat membatasi pasokan hati Anda dari darah yang kaya oksigen, sehingga otot jantung melemah.
  • Serangan jantung. Kerusakan otot jantung Anda dari serangan jantung bisa berarti jantung Anda tidak bisa lagi memompa seperti sebagaimana mestinya.
  • Diabetes. Memiliki diabetes meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit arteri koroner.
  • Beberapa obat diabetes. Obat diabetes rosiglitazone (Avandia) dan pioglitazone (Actos) telah ditemukan untuk meningkatkan risiko gagal jantung pada beberapa orang. Jangan berhenti minum obat ini. Jika Anda mengonsumsinya, diskusikan dengan dokter Anda apakah Anda perlu membuat perubahan.
  • Sleep apnea. Ketidakmampuan untuk bernapas dengan benar saat Anda tidur di malam menyebabkan tingkat oksigen darah rendah dan meningkatnya risiko irama jantung abnormal. Kedua masalah ini dapat melemahkan jantung.
  • Cacat jantung bawaan. Beberapa orang yang mengembangkan gagal jantung lahir dengan cacat jantung struktural.
  • Penyakit katup jantung. Orang dengan penyakit katup jantung memiliki risiko lebih tinggi dari gagal jantung.
  • Virus. Sebuah infeksi virus mungkin telah merusak otot jantung Anda.
  • Penggunaan alkohol. Minum terlalu banyak alkohol dapat melemahkan otot jantung dan menyebabkan gagal jantung.
  • Penggunaan tembakau. Menggunakan tembakau dapat meningkatkan risiko gagal jantung.
  • Obesitas. Orang yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena gagal jantung.
  • Detak jantung tidak teratur. Ini irama yang abnormal, terutama jika mereka sangat sering dan cepat, dapat melemahkan otot jantung dan menyebabkan gagal jantung.

Komplikasi
Jika Anda memiliki gagal jantung, hasil pengobatan Anda tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan, kesehatan Anda secara keseluruhan, dan faktor-faktor lain seperti usia Anda. Komplikasi dapat termasuk :

  • Kerusakan atau gagal ginjal. Gagal jantung dapat mengurangi aliran darah ke ginjal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal jika tidak diobati. Kerusakan ginjal akibat gagal jantung memerlukan dialisis untuk pengobatan.
  • Masalah katup jantung. Katup jantung Anda, yang membuat darah mengalir dalam arah yang benar melalui hati Anda, mungkin tidak berfungsi dengan baik jika hati Anda membesar atau jika tekanan di dalam jantung Anda sangat tinggi karena gagal jantung.
  • Masalah irama jantung. Masalah irama jantung (aritmia) dapat menjadi komplikasi potensial dari gagal jantung.
  • Kerusakan hati. Gagal jantung dapat menyebabkan penumpukan cairan yang menempatkan terlalu banyak tekanan pada hati. Tumpukan cairan ini dapat menyebabkan jaringan parut, yang membuat lebih sulit bagi hati Anda berfungsi dengan baik.

Gejala beberapa orang dan fungsi jantung akan membaik dengan pengobatan yang tepat. Namun, gagal jantung dapat mengancam jiwa. Orang dengan gagal jantung mungkin memiliki gejala yang parah, dan beberapa mungkin memerlukan transplantasi jantung atau dukungan dengan ventricular assist device.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki gagal jantung atau Anda khawatir tentang risiko gagal jantung Anda karena kondisi lain yang mendasarinya, buatlah janji dengan dokter keluarga Anda. Jika gagal jantung ditemukan lebih awal, pengobatan mungkin lebih mudah dan lebih efektif.

Karena waktu konsultasi singkat, dan karena sering ada banyak hal untuk dibahas, itu ide yang baik untuk mempersiapkan konsultasi Anda. Berikut beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk janji konsultasi Anda dan apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Mengetahui pembatasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk menanyakan apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan di muka, seperti membatasi diet Anda. Untuk beberapa tes pencitraan, misalnya, Anda mungkin perlu untuk berpuasa untuk jangka waktu sebelumnya.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan gagal jantung.
  • Tuliskan informasi pribadi kunci, termasuk riwayat penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi atau diabetes di keluarga, dan tekanan besar atau perubahan kehidupan baru-baru ini. Cari tahu apakah ada anggota keluarga Anda yang memiliki gagal jantung. Beberapa kondisi jantung yang menyebabkan gagal jantung diwariskan dalam keluarga. Mengetahui sebanyak mungkin tentang sejarah keluarga Anda akan sangat penting.
  • Membuat daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi.
  • Ajak anggota keluarga atau teman bersama, jika memungkinkan. Kadang-kadang bisa sulit untuk mengingat semua informasi yang diberikan kepada Anda selama konsultasi. Seseorang yang menemani Anda mungkin ingat sesuatu yang tidak terjawab oleh Anda atau lupa.
  • Bersiaplah untuk mendiskusikan kebiasaan diet dan olahraga Anda. Jika Anda belum mengikuti diet atau olahraga rutin, siaplah untuk berbicara dengan dokter Anda tentang apa saja tantangan yang mungkin Anda hadapi dalam memulainya.
  • Tuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda.

Waktu Anda dengan dokter Anda terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan akan membuat konsultasi berjalan efektif. Buatlah daftar pertanyaan Anda mulai dari yang paling penting hingga paling tidak penting untuk mengatasi habisnya waktu. Untuk gagal jantung, beberapa pertanyaan dasar untuk ditanyakan kepada dokter Anda meliputi :

  • Apa penyebab paling mungkin dari gejala saya?
  • Apakah ada kemungkinan penyebab lain untuk gejala saya?
  • Apa jenis tes yang saya butuhkan? Apakah tes ini memerlukan persiapan khusus?
  • Perawatan apa yang tersedia? Mana yang Anda rekomendasikan untuk saya?
  • Makanan apa yang harus saya makan atau hindari?
  • Apa tingkat aktivitas fisik yang sesuai untuk saya?
  • Seberapa sering saya harus diskrining untuk perubahan kondisi saya?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana saya bisa mengatasi kondisi ini bersama-sama?
  • Apakah ada alternatif generik untuk obat resep Anda?
  • Apakah anggota keluarga saya perlu diperiksa untuk kondisi yang dapat menyebabkan gagal jantung?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang dapat saya miliki? Website apa yang Anda sarankan untuk saya kunjungi?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan, jangan ragu untuk bertanya selama konsultasi Anda setiap kali Anda tidak memahami sesuatu.

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?
Dokter Anda mungkin menanyakan sejumlah pertanyaan. Menjadi siap untuk menjawabnya akan menghemat waktu sehingga Anda dapat membahas hal penting lainnya. Dokter Anda mungkin bertanya :

  • Kapan Anda pertama kali melihat gejala Anda?
  • Apakah gejala terjadi sepanjang waktu, atau datang dan pergi?
  • Seberapa parah gejala Anda?
  • Apakah ada yang tampaknya dapat meringankan gejala Anda?
  • Apakah ada sesuatu yang membuat gejala lebih buruk?

Apa yang dapat Anda lakukan untuk sementara?
Tidak pernah terlalu dini untuk membuat perubahan gaya hidup sehat, seperti berhenti merokok, mengurangi garam dan makan makanan sehat. Perubahan ini dapat membantu mencegah gagal jantung terjadi atau memburuk.

Tes dan Diagnosis
Untuk mendiagnosa gagal jantung, dokter akan mengambil riwayat medis berhati-hati, meninjau gejala Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan memeriksa adanya faktor risiko, seperti tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner atau diabetes.

Menggunakan stetoskop, dokter Anda dapat mendengarkan paru-paru Anda untuk tanda-tanda kemacetan. Stetoskop juga dapat memeriksa suara jantung abnormal yang mungkin mengindikasikan gagal jantung. Dokter mungkin memeriksa pembuluh darah di leher dan memeriksa penumpukan cairan di perut dan kaki.

Setelah pemeriksaan fisik, dokter Anda mungkin juga menyarankan beberapa tes ini :

  • Tes darah. Dokter Anda mungkin mengambil sampel darah untuk memeriksa ginjal, hati dan fungsi tiroid dan mencari indikator penyakit lain yang mempengaruhi jantung.
    Sebuah tes darah untuk memeriksa bahan kimia yang disebut N-terminal pro-B-type natriuretic peptide (NT-proBNP) dapat membantu dalam mendiagnosis gagal jantung jika diagnosis tidak pasti ketika digunakan sebagai tambahan untuk tes lainnya.
  • Foto toraks. Gambar sinar-X membantu dokter melihat kondisi paru-paru dan jantung. Pada gagal jantung, jantung Anda mungkin tampak membesar dan penumpukan cairan mungkin terlihat di paru-paru Anda. Dokter Anda juga dapat menggunakan sinar-X untuk mendiagnosa kondisi selain gagal jantung yang dapat menjelaskan tanda-tanda dan gejala.
  • Elektrokardiogram (EKG). Tes ini mencatat aktivitas listrik jantung Anda melalui elektroda menempel pada kulit Anda. Impuls dicatat sebagai gelombang dan ditampilkan pada monitor atau dicetak di atas kertas.
    Tes ini membantu dokter mendiagnosa masalah irama jantung dan kerusakan jantung Anda dari serangan jantung yang mungkin mendasari gagal jantung.
  • Ekokardiogram. Tes penting untuk mendiagnosis gagal jantung adalah ekokardiogram. Ekokardiogram membantu membedakan gagal jantung sistolik dari gagal jantung diastolik dimana jantung kaku dan tidak dapat mengisi dengan benar. Ekokardiogram menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar video dari jantung Anda. Tes ini dapat membantu dokter melihat ukuran dan bentuk jantung dan seberapa baik jantung Anda dapat memompa darah. Ekokardiogram juga dapat membantu dokter mencari masalah katup atau bukti serangan jantung sebelumnya, kelainan jantung lainnya, dan beberapa penyebab yang tidak biasa dari gagal jantung. Fraksi ejeksi Anda diukur selama ekokardiogram dan juga dapat diukur dengan tes kedokteran inti, kateterisasi jantung dan MRI jantung. Ini merupakan ukuran penting dari seberapa baik jantung Anda dapat memompa darah dan digunakan untuk membantu mengklasifikasikan gagal jantung dan panduan pengobatan.
  • Stress tes. Stress test mengukur seberapa jantung dan pembuluh darah menanggapi tenaga. Anda mungkin berjalan di atas treadmill atau mengayuh sepeda stasioner sementara memakai mesin EKG. Atau Anda mungkin menerima obat intravena yang merangsang jantung Anda seperti berolahraga. Kadang-kadang stress test bisa dilakukan sambil mengenakan masker yang mengukur kemampuan jantung dan paru-paru untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.
    Stress tes membantu dokter melihat apakah Anda memiliki penyakit arteri koroner. Stress tes juga menentukan seberapa baik tubuh Anda merespon kerja jantung Anda yang mengalami penurunan efektivitas dan dapat membantu membimbing keputusan pengobatan jangka panjang.
    Jika dokter Anda juga ingin melihat gambar jantung Anda saat Anda sedang berolahraga, ia dapat memerintahkan stress tes inti atau ekokardiogram stres. Ini mirip dengan tes stres olahraga, tetapi juga menggunakan teknik pencitraan untuk memvisualisasikan jantung Anda selama tes.
  • Computerized tomography (CT) scan atau magnetic resonance imaging (MRI) jantung. Tes ini dapat digunakan untuk mendiagnosa masalah jantung, termasuk penyebab gagal jantung.
    Dalam CT scan jantung, Anda berbaring di meja di dalam mesin berbentuk donat. Tabung sinar-X di dalam mesin berputar di sekitar tubuh Anda dan mengumpulkan gambar dari hati dan dada.
    Dalam MRI jantung, Anda berbaring di meja di dalam mesin seperti tabung panjang yang menghasilkan medan magnet. Medan magnet menyelaraskan dengan partikel atom dalam beberapa sel Anda. Ketika gelombang radio yang disiarkan ke partikel selaras, akan menghasilkan sinyal yang bervariasi sesuai dengan jenis jaringannya. Sinyal membuat gambar jantung Anda.
  • Angiogram koroner. Dalam tes ini, tabung fleksibel yang tipis (kateter) dimasukkan ke dalam pembuluh darah di pangkal paha atau di lengan Anda dan dipandu melalui aorta ke arteri koroner Anda.
    Pewarna (dye) disuntikkan melalui kateter membuat arteri yang menyuplai jantung Anda terlihat pada sinar-X. Tes ini membantu dokter mengidentifikasi arteri menyempit ke jantung Anda (penyakit arteri koroner) yang dapat menjadi penyebab gagal jantung. Tes mungkin termasuk ventriculogram – prosedur untuk menentukan kekuatan ruang pompa utama jantung (ventrikel kiri) dan kesehatan katup jantung.
  • Biopsi miokard. Dalam tes ini, dokter Anda menyisipkan kabel biopsi yang fleksibel dan kecil ke pembuluh darah di leher atau selangkangan, dan potongan-potongan kecil dari otot jantung diambil. Tes ini dapat dilakukan untuk mendiagnosa jenis penyakit otot jantung tertentu yang menyebabkan gagal jantung.

Mengklasifikasikan gagal jantung
Hasil tes ini membantu dokter menentukan penyebab tanda-tanda dan gejala dan mengembangkan program untuk mengobati jantung Anda. Untuk menentukan pengobatan yang paling tepat untuk kondisi Anda, dokter dapat mengklasifikasikan gagal jantung menggunakan dua sistem :

  • Klasifikasi oleh New York Heart Association. Skala berdasarkan gejala ini mengklasifikasikan gagal jantung dalam empat kategori. Di Kelas I gagal jantung, Anda tidak memiliki gejala apapun. Dalam Kelas II gagal jantung, Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kesulitan tetapi menjadi tele atau lelah ketika Anda memaksakan diri. Dengan Kelas III, Anda akan mengalami kesulitan menyelesaikan kegiatan sehari-hari, dan Kelas IV adalah yang paling parah, dan Anda sesak napas bahkan pada saat istirahat.
  • Pedoman dari American College of Cardiolog / American Heart Association. Sistem klasifikasi berdasarkan tahap ini menggunakan huruf A sampai D. Sistem ini meliputi kategori untuk orang-orang yang berisiko terkena gagal jantung. Misalnya, orang yang memiliki beberapa faktor risiko untuk gagal jantung tetapi tidak ada tanda-tanda atau gejala gagal jantung adalah tahap A. Seseorang yang memiliki penyakit jantung, tetapi tidak ada tanda-tanda atau gejala gagal jantung adalah tahap B. Seseorang yang memiliki penyakit jantung dan mengalami atau telah mengalami tanda-tanda atau gejala gagal jantung adalah tahap C. Seseorang dengan gagal jantung tahap lanjut yang memerlukan perawatan khusus adalah tahap D.
    Dokter menggunakan sistem klasifikasi ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor risiko Anda dan memulai pengobatan dini, lebih agresif untuk membantu mencegah atau menunda gagal jantung.

Sistem penilaian ini tidak tergantung satu sama lain. Dokter Anda akan sering menggunakannya bersama-sama untuk membantu memutuskan pilihan pengobatan yang paling tepat untuk Anda. Tanyakan kepada dokter Anda tentang skor Anda jika Anda tertarik dalam menentukan keparahan gagal jantung Anda. Dokter Anda dapat membantu Anda menginterpretasikan skor Anda dan merencanakan perawatan Anda berdasarkan kondisi Anda.

Perawatan dan Obat-obatan
Gagal jantung adalah penyakit kronis yang membutuhkan penanganan seumur hidup. Namun, dengan pengobatan, tanda dan gejala gagal jantung dapat membaik, dan jantung kadang-kadang menjadi lebih kuat. Pengobatan dapat membantu Anda hidup lebih lama dan mengurangi kesempatan Anda mati tiba-tiba.

Dokter kadang-kadang dapat memperbaiki gagal jantung dengan mengobati penyebabnya. Misalnya, memperbaiki katup jantung atau mengendalikan irama jantung yang cepat dapat mengatasi gagal jantung. Tapi bagi kebanyakan orang, pengobatan gagal jantung melibatkan keseimbangan dari obat yang tepat dan, dalam beberapa kasus, penggunaan perangkat membantu jantung berdetak dan berkontraksi dengan benar.

Obat
Dokter biasanya mengobati gagal jantung dengan kombinasi obat. Tergantung pada gejala Anda, Anda mungkin mengambil satu atau lebih obat, termasuk :

  • Inhibitor angiotensin-converting enzyme (ACE). Obat ini membantu penderita gagal jantung sistolik hidup lebih lama dan merasa lebih baik. Inhibitor ACE adalah jenis vasodilator, obat yang memperlebar pembuluh darah untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah dan mengurangi beban kerja pada jantung. Contohnya termasuk enalapril (Vasotec), lisinopril (Zestril) dan captopril (Capoten).
  • Angiotensin II receptor blocker. Obat ini meliputi losartan (Cozaar) dan valsartan (Diovan), memiliki banyak manfaat yang sama seperti inhibitor ACE. Mungkin dapat menjadi alternatif bagi orang-orang yang tidak bisa mentolerir inhibitor ACE.
  • Beta blockers. Kelas obat ini tidak hanya memperlambat denyut jantung dan mengurangi tekanan darah, tetapi juga membatasi atau memperbaiki beberapa kerusakan jantung Anda jika Anda memiliki gagal jantung sistolik. Contohnya termasuk carvedilol (Coreg), metoprolol (Lopressor) dan bisoprolol (Zebeta).
    Obat-obatan ini mengurangi risiko beberapa irama jantung abnormal dan mengurangi kesempatan Anda mati tiba-tiba. Beta blockers dapat mengurangi tanda-tanda dan gejala gagal jantung, meningkatkan fungsi jantung, dan membantu Anda hidup lebih lama.
  • Diuretik. Sering disebut pil air, diuretik membuat Anda lebih sering buang air kecil dan menjaga cairan terkumpul dalam tubuh Anda. Diuretik, seperti furosemide (Lasix), juga menurunkan cairan di paru-paru Anda sehingga Anda dapat bernapas lebih mudah.
    Karena diuretik membuat tubuh Anda kehilangan kalium dan magnesium, dokter mungkin juga meresepkan suplemen mineral ini. Jika Anda mengambil diuretik, dokter mungkin akan memantau kadar kalium dan magnesium dalam darah Anda melalui tes darah rutin.
  • Antagonis aldosteron. Obat ini termasuk spironolactone (aldactone) dan eplerenone (Inspra). Ini adalah diuretik hemat kalium, yang juga memiliki sifat tambahan yang membantu orang dengan gagal jantung sistolik berat dapat hidup lebih lama.
    Tidak seperti beberapa diuretik lainnya, spironolactone dan eplerenone dapat meningkatkan tingkat kalium dalam darah Anda ke tingkat berbahaya, sehingga berbicara dengan dokter Anda jika dikhawatirkan ada peningkatan kalium, dan belajar jika Anda perlu untuk memodifikasi asupan makanan yang tinggi kalium.
  • Inotropik. Ini adalah obat intravena yang digunakan pada orang dengan gagal jantung parah di rumah sakit untuk meningkatkan fungsi jantung memompa dan menjaga tekanan darah.
  • Digoxin (Lanoxin). Obat ini, juga disebut sebagai digitalis, meningkatkan kekuatan kontraksi otot jantung Anda. Hal ini juga cenderung untuk memperlambat detak jantung. Digoxin mengurangi gejala gagal jantung pada gagal jantung sistolik. Ini mungkin lebih cenderung untuk diberikan kepada seseorang dengan masalah irama jantung, seperti fibrilasi atrium.


Anda mungkin perlu untuk mengambil dua atau lebih obat untuk mengobati gagal jantung. Dokter mungkin meresepkan obat jantung lain juga – seperti nitrat untuk nyeri dada, statin untuk menurunkan kolesterol atau obat pengencer darah untuk membantu mencegah penggumpalan darah – bersama dengan obat gagal jantung.

Anda mungkin dirawat di rumah sakit jika Anda memiliki gejala gagal jantung onset. Sementara di rumah sakit, Anda mungkin menerima obat tambahan untuk membantu memompa jantung Anda lebih baik dan meredakan gejala. Anda juga dapat menerima oksigen tambahan melalui masker atau tabung kecil yang ditempatkan di hidung Anda. Jika Anda memiliki gagal jantung parah, Anda mungkin perlu untuk menggunakan oksigen tambahan jangka panjang.

Operasi dan peralatan medis
Dalam beberapa kasus, dokter menyarankan operasi untuk mengobati masalah mendasar yang menyebabkan gagal jantung. Beberapa perawatan yang dipelajari dan digunakan pada orang tertentu meliputi :

  • Operasi memotong koroner. Jika arteri tersumbat berkontribusi pada gagal jantung Anda, dokter dapat merekomendasikan operasi bypass arteri koroner. Dalam prosedur ini, memotong pembuluh darah dari kaki, lengan atau dada yang tersumbat arteri di dalam jantung Anda untuk memungkinkan darah mengalir melalui jantung Anda lebih bebas.
  • Perbaikan atau penggantian katup jantung. Jika katup jantung yang rusak menyebabkan gagal jantung Anda, dokter dapat merekomendasikan perbaikan atau penggantian katup. Dokter bedah dapat memodifikasi katup asli (valvuloplasti) untuk menghilangkan aliran darah ke belakang. Ahli bedah juga dapat memperbaiki katup dengan menghubungkan kembali daun katup atau dengan menghapus kelebihan jaringan katup sehingga selebaran dapat menutup erat. Kadang-kadang memperbaiki katup termasuk pengetatan atau mengganti cincin di sekitar katup (anuloplasti).
    Penggantian katup dilakukan ketika perbaikan katup tidak mungkin. Dalam operasi penggantian katup, katup yang rusak diganti dengan katup buatan (palsu).
    Beberapa jenis perbaikan atau penggantian katup jantung sekarang dapat dilakukan tanpa operasi jantung terbuka, baik menggunakan operasi minimal invasif atau teknik kateterisasi jantung.
  • Implan cardioverter-defibrillator (ICD). ICD adalah perangkat mirip dengan alat pacu jantung. Ini ditanam pada bawah kulit di dada Anda dengan kabel terkemuka melalui pembuluh darah Anda dan ke dalam hati Anda.
    ICD memonitor irama jantung. Jika jantung mulai berdetak pada ritme berbahaya, atau jika hati Anda berhenti berdetak, ICD mencoba untuk menambah kecepatan jantung atau mengejutkan kembali ke irama normal. ICD juga dapat berfungsi sebagai alat pacu jantung dan mempercepat jantung Anda jika itu terlalu lambat.
  • Terapi jantung sinkronisasi (CRT), atau biventricular pacing. Alat pacu jantung biventricular mengirimkan impuls listrik berwaktu untuk kedua ruang jantung yang lebih rendah (ventrikel kiri dan kanan) sehingga dapat memompa lebih efisien dan secara terkoordinasi.
    Banyak orang dengan gagal jantung memiliki masalah dengan sistem listrik hati mereka yang menyebabkan otot jantung mereka yang sudah lemah untuk berdetak dalam mode tidak terkoordinasi. Kontraksi otot yang tidak efisien ini dapat menyebabkan gagal jantung memburuk. Seringkali alat pacu jantung biventricular dikombinasikan dengan ICD untuk penderita gagal jantung.
  • Pompa jantung. Perangkat mekanik tersebut, seperti perangkat pembantu ventrikel (VADS), yang ditanamkan ke dalam perut atau dada dan melekat pada jantung yang lemah untuk membantu memompa darah ke seluruh tubuh Anda. VADS paling sering digunakan dalam ventrikel kiri jantung, tetapi juga dapat digunakan dalam ventrikel kanan atau di kedua ventrikel.
    Dokter pertama kali menggunakan pompa jantung untuk membantu menjaga calon transplantasi jantung tetap hidup sementara mereka menunggu donor jantung. VADS sekarang kadang-kadang digunakan sebagai alternatif untuk transplantasi. Penanaman pompa jantung secara signifikan dapat memperluas dan meningkatkan kehidupan beberapa orang dengan gagal jantung berat yang tidak memenuhi syarat untuk atau mampu untuk menjalani transplantasi jantung atau sedang menunggu jantung yang baru.
  • Transplantasi jantung. Beberapa orang memiliki seperti gagal jantung parah yang tidak dapat dibantu dengan operasi atau obat. Mereka mungkin harus mengganti jantung yang rusak dengan jantung dari donor yang sehat.
    Transplantasi jantung dapat secara dramatis meningkatkan kelangsungan hidup dan kualitas hidup beberapa orang dengan gagal jantung berat. Namun, calon penerima transplantasi sering harus menunggu lama sebelum hati donor yang cocok ditemukan. Beberapa calon penerima transplantasi membaik selama periode menunggu ini melalui terapi obat atau terapi perangkat dan dapat dihapus dari daftar tunggu transplantasi.

Perawatan seumur hidup dan gagal jantung
Bahkan dengan jumlah perawatan yang tersedia untuk gagal jantung, itu mungkin bahwa gagal jantung Anda semakin memburuk ke titik di mana obat tidak lagi bekerja dan transplantasi jantung atau perangkat bukanlah pilihan. Jika hal ini terjadi, Anda mungkin perlu perawatan rumah sakit. Perawatan rumah sakit menyediakan kursus pengobatan khusus untuk orang yang sakit parah.

Perawatan rumah sakit memungkinkan keluarga dan teman-teman – dengan bantuan perawat, pekerja sosial dan relawan terlatih – untuk merawat dan menghibur orang yang dicintai di rumah atau di rumah sakit. Perawatan rumah sakit menyediakan dukungan emosional, psikologis, sosial dan spiritual bagi orang-orang yang sakit dan orang-orang terdekat mereka.

Meskipun sebagian besar orang di bawah perawatan rumah sakit tetap berada di rumah mereka sendiri, program ini tersedia di mana saja – termasuk rumah jompo dan pusat bantuan hidup. Bagi orang-orang yang tinggal di rumah sakit, spesialis perawatan seumur hidup dapat memberikan kenyamanan, perawatan penuh kasih dan martabat.

Meskipun bisa sulit, membahas isu akhir hidup dengan keluarga dan tim medis. Bagian dari diskusi ini kemungkinan akan melibatkan arahan lanjut – istilah umum untuk instruksi lisan dan tertulis yang Anda berikan mengenai perawatan medis Anda tidak dapat berbicara untuk diri sendiri.

Jika Anda memiliki implan cardioverter-defibrillator (ICD), salah satu pertimbangan penting untuk didiskusikan dengan keluarga dan dokter adalah mematikan defibrillator sehingga tidak dapat memberikan guncangan untuk membuat jantung Anda terus berdetak.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Membuat perubahan gaya hidup sering dapat membantu meringankan tanda dan gejala gagal jantung dan mencegah penyakit memburuk. Perubahan ini mungkin yang paling penting dan hal bermanfaat yang dapat Anda lakukan. Perubahan gaya hidup yang mungkin direkomendasikan dokter Anda meliputi :

  • Berhenti merokok. Merokok merusak pembuluh darah Anda, meningkatkan tekanan darah, mengurangi jumlah oksigen dalam darah dan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat.
    Jika Anda merokok, minta dokter Anda untuk merekomendasikan program untuk membantu Anda berhenti. Anda tidak dapat dipertimbangkan untuk transplantasi hati jika Anda terus merokok. Hindari asap rokok, juga.
  • Diskusikan pemantauan berat badan dengan dokter Anda. Diskusikan dengan dokter Anda seberapa sering Anda harus menimbang diri sendiri. Tanyakan kepada dokter Anda berapa berat badan Anda yang harus diberitahu. Berat badan mungkin berarti bahwa Anda mempertahankan cairan dan perlu perubahan dalam rencana pengobatan Anda.
  • Periksa tungkai, pergelangan kaki dan kaki Anda dari bengkak setiap hari. Periksa setiap perubahan bengkak di kaki, pergelangan kaki atau kaki setiap hari. Periksa dengan dokter Anda jika pembengkakan memburuk.
  • Makan makanan yang sehat. Berusahalah untuk makan makanan yang mencakup buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, produk bebas lemak atau susu rendah lemak, dan protein tanpa lemak.
  • Membatasi garam dalam diet Anda. Terlalu banyak natrium memberikan kontribusi untuk retensi air, yang membuat jantung bekerja lebih keras dan menyebabkan sesak napas dan bengkak kaki, pergelangan kaki dan kaki.
    Periksa dengan dokter Anda untuk pembatasan sodium yang direkomendasikan untuk Anda. Perlu diingat bahwa garam sudah ditambahkan ke makanan yang disajikan, dan berhati-hati ketika menggunakan pengganti garam.
  • Menjaga berat badan yang sehat. Jika Anda kelebihan berat badan, ahli diet Anda akan membantu Anda bekerja menuju berat badan ideal Anda. Bahkan kehilangan sedikit berat badan bisa membantu.
  • Pertimbangkan mendapatkan vaksinasi. Jika Anda memiliki gagal jantung, Anda mungkin perlu mendapatkan vaksinasi influenza dan pneumonia. Tanyakan kepada dokter Anda tentang vaksinasi ini.
  • Batasi lemak dan kolesterol. Selain menghindari makanan tinggi natrium, batasi juga jumlah lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol dalam diet Anda. Diet tinggi lemak dan kolesterol merupakan faktor risiko untuk penyakit arteri koroner, yang sering mendasari atau berkontribusi terhadap gagal jantung.
  • Batasi alkohol dan cairan. Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan untuk tidak minum alkohol jika Anda memiliki gagal jantung, karena dapat berinteraksi dengan obat Anda, melemahkan otot jantung dan meningkatkan risiko irama jantung abnormal.

Jika Anda memiliki gagal jantung parah, dokter mungkin juga menyarankan Anda membatasi jumlah cairan yang Anda minum.

  • Jadilah aktif. Aktivitas aerobik moderat membantu menjaga seluruh tubuh Anda sehat dan normal, mengurangi tuntutan pada otot jantung Anda. Sebelum Anda mulai berolahraga, berbicaralah dengan dokter Anda tentang program olahraga yang tepat untuk Anda. Dokter Anda mungkin menyarankan program berjalan.
    Periksa dengan rumah sakit setempat untuk melihat apakah menawarkan program rehabilitasi jantung; jika tidak, berbicara dengan dokter Anda tentang mendaftar di program ini.
  • Mengurangi stres. Bila Anda cemas atau marah, jantung Anda berdetak lebih cepat, Anda bernapas lebih berat dan tekanan darah Anda sering naik. Hal ini dapat membuat gagal jantung memburuk, karena jantung Anda sudah mengalami kesulitan memenuhi tuntutan tubuh.
    Cari cara untuk mengurangi stres dalam hidup Anda. Untuk memberikan istirahat pada jantung Anda, cobalah tidur siang atau meletakkan kaki Anda ke atas bila memungkinkan. Habiskan waktu dengan teman-teman dan keluarga untuk menjadi sosialis dan membantu mengatasi stres.
  • Cukup tidur. Jika Anda mengalami sesak napas, terutama pada malam hari, tidurlah dengan kepala disangga menggunakan bantal atau baji. Jika Anda mendengkur atau memiliki masalah tidur lainnya, pastikan Anda mendapatkan tes untuk sleep apnea.
    Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari, topang kepala Anda dengan bantal. Juga, diskusikan dengan dokter Anda untuk mengubah waktu konsumsi obat, terutama diuretik. Mengonsumsi diuretik pada hari sebelumnya dapat menurunkan kebutuhan untuk sering buang air kecil pada malam hari.

PENCEGAHAN
Kunci untuk mencegah gagal jantung adalah untuk mengurangi faktor risiko Anda. Anda dapat mengontrol atau menghilangkan banyak faktor risiko untuk penyakit jantung – tekanan darah tinggi dan penyakit arteri koroner, misalnya – dengan melakukan perubahan gaya hidup bersama dengan bantuan obat diperlukan.

Perubahan gaya hidup yang dapat dibuat untuk membantu mencegah gagal jantung meliputi :

  • Tidak merokok
  • Mengontrol kondisi tertentu, seperti tekanan darah tinggi dan diabete
  • Tetap aktif secara fisik
  • Makan makanan yang sehat
  • Menjaga berat badan yang sehat
  • Mengurangi dan mengatasi stres

Penanganan dan Dukungan
Meskipun banyak kasus gagal jantung tidak dapat membaik sepenuhnya, pengobatan kadang-kadang dapat memperbaiki gejala dan membantu Anda hidup lebih lama. Anda dan dokter dapat bekerja sama untuk membantu membuat hidup Anda lebih nyaman. Perhatikan tubuh Anda dan bagaimana perasaan Anda, dan beritahu dokter Anda jika Anda merasa lebih baik atau lebih buruk. Dengan cara ini, dokter Anda akan tahu apa pengobatan yang terbaik untuk Anda. Jangan takut untuk bertanya kepada dokter Anda tentang hidup dengan gagal jantung.

Langkah-langkah yang dapat membantu Anda mengatasi kondisi Anda meliputi :

  • Meminum obat yang Anda ambil secara teratur. Buatlah daftar dan berikan kepada dokter baru yang merawat Anda. Bawalah daftar dengan Anda sepanjang waktu. Jangan berhenti mengambil obat tanpa berbicara dengan dokter Anda. Jika Anda mengalami efek samping obat-obatan, diskusikanlah dengan dokter Anda.
  • Hindari obat over-the-counter tertentu. Beberapa obat-obatan over-the-counter, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lain-lain), naproxen sodium (Aleve) dan pil diet, dapat memperburuk gagal jantung dan menyebabkan penumpukan cairan.
  • Hati-hati dengan suplemen. Beberapa suplemen diet dapat mengganggu obat gagal jantung atau bisa memperburuk kondisi Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang suplemen yang Anda konsumsi.
  • Menimbang berat badan Anda dan membawa catatan saat kunjungan dengan dokter Anda. Peningkatan berat badan bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang menumpuk cairan di tubuh. Dokter Anda mungkin mengatakan kepada Anda untuk mengambil diuretik tambahan jika berat badan Anda meningkat dengan jumlah tertentu dalam sehari.
  • Memeriksa tekanan darah Anda. Pertimbangkan untuk membeli monitor tekanan darah untuk di rumah. Periksa tekanan darah Anda sebelum konsultasi dengan dokter dan bawa catatannya dengan Anda saat konsultasi.
  • Tuliskan pertanyaan untuk dokter. Sebelum konsultasi dengan dokter, siapkan daftar pertanyaan atau masalah. Misalnya, apakah aman untuk Anda dan pasangan Anda untuk melakukan hubungan seks? Kebanyakan orang dengan gagal jantung dapat terus melakukan aktivitas seksual ketika gejala berada di bawah kendali. Mintalah penjelasan, jika perlu. Pastikan Anda memahami segala sesuatu yang disarankan dokter Anda untuk dilakukan.
  • Miliki informasi kontak dokter Anda. Simpanlah nomor telepon dokter Anda, nomor telepon rumah sakit, dan arah ke rumah sakit atau klinik. Anda akan memerlukan ini tersedia jika Anda memiliki pertanyaan untuk dokter atau Anda perlu pergi ke rumah sakit.
    Mengatasi gagal jantung membutuhkan dialog terbuka antara Anda dan dokter Anda. Jujurlah tentang apakah Anda mengikuti rekomendasi mengenai diet, gaya hidup dan minum obat. Dokter sering menyarankan strategi untuk membantu Anda menjalankan dan tetap di jalur pengobatan Anda.