Gairah Bercinta Faktor Cuaca

SehatFresh.com – Kebanyakan orang berpikir akan lebih menyenangkan jika bercinta ketika cuaca dingin. Akan tetapi, benarkah gairah seks menjadi memuncak saat cuaca dingin? Cuaca dingin atau panas ternyata tidak hanya memengaruhi suhu tubuh seseorang, tapi juga bisa memberi pengaruh pada suasana hati, yang pada gilirannya berkaitan dengan gairah seks juga. Cuaca cerah dinilai memberi efek positif terhadap suasana hati seseorang. Sedangkan cuaca dingin, berangin dan mendung memberi efek negatif terhadap suasana hati, yang membuat seseorang merasa lelah, lesu dan ingin tidur.

Gairah bercinta dinilai lebih tinggi saat cuaca cerah. Alasannya adalah hormon. Sebuah hormon yang merangsang seks disebut melanosit stimulating hormone (MSH) meningkatkan dorongan seks pada wanita dan disekresikan dalam tubuh ketika ada sinar matahari. MSH terkait dengan regulasi sintesis melanin juga, yang membuat kulit berwarna lebih gelap untuk melindunginya dari bahaya sinar UV.

Pada pria dan wanita baik, neurotransmitter yang disebut serotonin diproduksi lebih banyak di otak ketika cuaca cerah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa dengan peningkatan luminositas sinar matahari, produksi serotonin juga meningkat. Selanjutnya, seretonin ini akan membuat Anda merasa bahagia dan membuat mood untuk bercinta menjadi semakin tinggi.

Sebaliknya, gairah bercinta cenderung berkurang ketika cuaca dingin dan mendung. Penyebab utamanya adalah rendahnya intenstitas cahaya matahari yang menjadikan produksi seretonin berkurang. Padahal, hormon serotonin adalah yang membuat seseorang bisa menikmati aktivitas seks. Ketika cuaca dingin, rendahnya hormon seretonin ini kemudian terganti oleh peningkatan produksi hormon melatonin. Pengaruh hormon melatonin pada tubuh bertolak belakang dengan hormon seretonin. Bukannya bergairah untuk seks, Anda dan pasangan akan lebih terdorong untuk tertidur karena hormon ini.

Namun, bila Anda merasa tidak bergairah untuk seks disertai rasa kantuk berlebih, ngidam makanan manis, depresi, dan peningkatan berat badan, hal tersebut bisa menandakan gangguan afektif musiman (seasonal affective disorder, SAD). Segera konsultasikan hal ini dengan dokter agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat untuk kondisi tersebut. Beberapa orang mungkin cenderung memiliki suasana hati yang tidak baik jika cuaca mendung atau dingin. Kecenderungan ini biasanya dikaitkan dengan gangguan afektif musiman.

Sumber gambar : SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY