Gangguan Kesehatan Terkait Kelenjar Tiroid

SehatFresh.com – Mungkin banyak orang yang masih asing dengan kelenjar tiroid. Kelanjar tiroid memang kurang menjadi perhatian meskipun fungsinya tidak kalah penting dengan organ lainnya. Kelenjar tiroid terletak di leher bagian depan di bawah pita suara dan memiliki bentuk seperti kupu-kupu. Kelenjar ini menghasilkan kumpulan hormon penting yang disebut hormon tiroid.

Semua kelenjar penghasil hormon pada dasarnya penting untuk tubuh manusia, begitu pula dengan kelenjar tiroid. Ketika ada gangguan, kelenjar tiroid bisa mengalami pembesaran dan menyebabkan kesulitan menelan. Terkait penyebabnya, ada berbagai kondisi kesehatan yang terkait dengan kelenjar tiroid, namun yang utama adalah hipertiroidisme, hipotiroidisme, penyakit Graves, penyakit Hashimoto, dan kanker tiroid.

  1. Hipertiroidisme (Hyperthyroidism)
    Hipertiroidisme merupakan kondisi di mana kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon. Gejala hipertiroidisme bisa memicu masalah kecemasan seperti kegugupan, keringat berlebih, tangan gemetar, dan detak jantung menjadi tidak teratur. Penderita pria mungkin mengalami disfungsi ereksi, sedangkan wanita berpontesi mengalami gangguan siklus menstruasi. Kondisi hipertiroidisme lebih sering menimpa wanita berusia antara 20 hingga 40 tahun.
  2. Hipotiroidisme (Hypothyroidism)
    Hipotiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Umumnya, gejala hipotiroidisme merupakan kebalikan dari gejala hipertiroidisme, meskipun tidak selalu demikian. Penderitanya mungkin juga merasa sangat lesu, kedinginan, mengalami peningkatan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan sembelit.
  3. Penyakit Graves
    Penyakit Graves merujuk pada kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid. Penyakit Graves lebih sering terjadi pada wanita antara usia 20 hingga 40 tahun. Beberapa gejala penyakit Graves mirip dengan hipertiroidisme seperti kecemasan dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Gejala lain penyakit Graves meliputi mata gatal atau bengkak, mengeluarkan keringat berlebihan, peningkatan sensitivitas terhadap panas, dan kelemahan otot.
  4. Penyakit Hashimoto
    Penyakit Hashimoto merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid, mirip dengan penyakit Graves. Namun, ada perbedaannya di mana pada penyakit Hashimoto, produksi hormon tiroid menjadi turun, bukan meningkat. Beberapa gejala yang menandakan kondisi ini meliputi intoleransi terhadap cuaca dingin, gondok, kesulitan menelan dan kelelahan. Tanda-tanda lainnya meliputi sembelit, siklus menstruasi tidak teratur pada wanita, dan kesulitan konsentrasi.
  5. Kanker tiroid
    Kanker tiroid terjadi akibat sel-sel pada kelenjar tiroid bermutasi menjadi sel kanker. gejala awal pertumbuhan sel umumnya hanya berupa pembengkakan tiroid yang tidak begitu spesifik, maka dari itu penting untuk melakukan pemeriksaan teratur untuk mendeteksi adanya gangguan atau ketidaknormalan pada kelenjar tiroid.

Sumber gambar : obatkelenjartiroidbengkak.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY