Gangguan Kesehatan yang Dialami oleh Pria Lanjut Usia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Lansia atau lanjut usia merupakan satu tahapan kehidupan yang dialami seseorang. Bertambahnya usia seringkali menjadi momok karena di usia yang lanjut, kondisi tubuh seseorang menjadi menurun dan kesehatan menjadi kurang fit.

Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang sering dialami orang seorang lansia atau lanjut usia khususnya oleh pria lansia:

  1. Kehilangan massa otot

Faktor yang mempengaruhi kasus kehilangan massa otot ini adalah tentu saja bertambahnya usia selain itu juga karena penyakit. Pada pria lansia yang mengidap diabetes tipe 2, mereka dapat kehilangan massa otot 50% lebih cepat dibanding dengan orang seusianya yang tidak mengidap penyakit.

Padahal seorang pria selalu ingin merasa diandalkan dan terlihat kuat. Menurut American Geriatrics Society Foudnation, 9 dari 10 orang pria merasa takut menjadi tua karena merasa lemah dan tergantung ketika usia lanjut.

  1. Osteoporosis

Jangan salah, bukan hanya wanita yang bisa mengalami osteoporosis. Memang osteoporosis lebih sering dialami wanita pada masa menopause nya, namun pria juga bisa mengalami osteoporosis.

Selain karena faktor usia, ternyata osteoporosis juga bisa disebabkan karena kurang berolahraga juga merokok. Karena itu bagi pria, jika di masa depan Anda ingin mengurangi risiko osteoporosis, kurangilah bahkan hentikan kebiasaan merokok Anda dan mulailah berolahraga secara teratur.

  1. Kehilangan pendengaran

Berikutnya yang menjadi momok bagi seorang lansia adalah akan berkurang pendengaran. Ternyata risiko berkurang pendengaran pada pria lansia adalah lebih tinggi dibanding dengan wanita yang lanjut usia.

  1. Gangguan penglihatan

Dibanding dengan wanita, pria memiliki risiko lebih tinggi mengenai gangguan penglihatan. Hal ini telah diteliti di Amerika dan gangguan penglihatan ini dialami akibat tekanan pada otak.

Selain itu, waspadai dengan lemak yang menumpuk di perut. Karena menurut University if Melbourne, tumpukan lemak di perut pada usia paruh baya bisa menimbulkan risiko kebutaan.

  1. Sulit buang air besar

Sulit buang air besar atau konstipasi bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya gerakan disik, kurang minum, kurang makanan berserat, dan masih banyak lagi

  1. Depresi

Hal ini juga rentan dialami oleh seseorang yang telah lanjut usia. Rasa kesepian dan kurang perhatian bisa saja menimbulkan depresi pada seorang usia lanjut. Apalagi jika mereka sudah tidak mempunyai aktifitas untuk dikerjakan maka akan menimbulkan kebosanan.

Demikian tadi adalah beberapa gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh seorang pria lansia. Jika Anda mempunyai sanak family yang sudah berusia lanjut sekiranya dapat selalu mendukung dan member perhatian kepada mereka. Mengingatkan untuk makan bergizi dan berolahraga ringan akan membuat mereka bersemangat untuk menjalani hari- harinya.  (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here