Gangguan Kesehatan yang Sering Terjadi pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap masalah atau gangguan kesehatan yang terjadi pada pria dan wanita tentu berbeda. Hal ini dikarenakan secara bentuk dan anatomi tubuh pria dan wanita tentunya berbeda.

Meskipun ada beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang sama antara pria dan wanita, akan tetapi proses perawatan dan efek samping yang ditimbulkan pada keduanya akan berbeda. Berikut ini beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang sering terjadi pada wanita, antara lain :

  1. Kanker payudara

Kanker payudara salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh wanita dan menjadi penyebab utama kematian pada wanita. Kanker payudara adalah penyakit yang sering dialami wanita. Meskipun tidak ada penyebab pasti kanker payudara akan tetapi para ahli menduga bahwa kondisi tersebut akibat gaya hidup. Selain itu masalah seperti terlambat memiliki anak, terlambat menikah dan faktor genetik adalah penyebab yang mampu meningkatkan terjadinya kanker payudara.

  1. Kanker serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim salah satu penyakit yang sering dialami oleh wanita. Data WHO melaporkan bahwa ada sekitar setengah juta wanita yang meninggal karena kanker serviks. Kejadian tersebut sebagian besar terjadi di negara berkembang. Hal tersebut menjadi salah satu munculnya anjuran setiap wanita untuk melakukan pemeriksaan IVA atau pap smear.

  1. Stres

Stres merupakan suatu masalah kesehatan yang sering dialami oleh wanita. Kondisi tersebut jika semakin parah akan beresiko pada kondisi depresi. Selain itu wanita beresiko mengalami stres dua kali lebih besar dibandingkan dengan pria. Faktor penyebabnya adalah kondisi biologis dan tubuh seorang wanita lebih rentan terhadap kondisi tersebut.

  1. Stroke

Seorang ahli Jantung mengatakan bahwa diabetes dan hipertensi penyebab oaling umum terjadinya stroke. Hal ini sering dialami wanita karena faktor gaya hidup, mengkonsumsi makanan junk food, kurangnya olahraga, tekanan kerja yang berlebihan dan tidak mengontrol diet.

  1. Polycistic ovarium

Polycistic adalah suatu kondisi dimana adanya kista kecil di ovarium yang berpengaruh terhadap kemampuan seorang wanita untuk hami. Kondisi tersebut umum terjadi pada endokrin wanita serta terjadi sekitar 5 – 10% wanita yang berusia antara 12 – 45 tahun.

  1. Gangguan gairah seksual (FSAD)

Menurut seorang ahli seks menjelaskan bahwa kondisi FSAD seorang wanita bisa menderita dengan hasrat seksual yang rendah atau tinggi atau keinginan menyimpang, selanjutnya wanita tersebut bisa menghadapi masalah tubuh dimana tidak adanya tanggapan keinginan seksual.

  1. Berat badan

Gangguan kesehatan yang sering dialami oleh wanita yaitu berat badan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya aktivitas olahraga dan banyak terlalu mengkonsumsi makanan berlemak.

  1. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun merupakan suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan penyakit dan infeksi justru malah menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Penyakit tersebut sering menyerang wanita. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here