Gangguan Makan Terkait Tidur

DEFINISI
Orang dengan gangguan makan terkait tidur memiliki episode sering makan kompulsif sementara berjalan dalam tidur pada malam hari. Orang tersebut mengalami gangguan kesadaran sambil menyiapkan makanan dan memakannya, dengan mengingat sedikit atau tak mengingat sedikit pun tindakan ini keesokan harinya.

Sebuah gangguan makan terkait tidur dapat menyebabkan penggunaan berbahaya peralatan dapur atau cedera dari makan sesuatu beracun. Biasanya orang memakan makanan tinggi karbohidrat dan makanan tinggi lemak selama episode tetapi mungkin juga memakan item aneh, seperti ampas kopi, makanan beku atau puntung rokok. Gangguan ini dapat menyebabkan masalah seperti kenaikan berat badan, kontrol diabetes yang buruk atau gigi berlubang.

Gangguan makan terkait tidur lebih sering terjadi pada wanita dan biasanya dimulai ketika seseorang berusia 20-an. Ini sering terjadi pada orang yang memiliki sindrom kaki gelisah dan mungkin juga kondisi terkait. Gangguan makan terkait tidur juga dapat dikaitkan dengan gangguan tidur lainnya, seperti sleep apnea obstruktif, dan itu bisa terjadi akibat efek samping dari obat tidur jangka pendek, seperti zolpidem (Ambien, Edluar, Zolpimist).