Gangguan Mata yang Biasa Menyerang Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ibu hamil sering mengalami berbagai keluhan seperti sakit punggung, mual-mual dan mood swing. Namun tahukah Anda bahwa kehamilan juga mempengaruhi kerja indra penglihatan? Gangguan mata yang sering dialami oleh ibu hamil adalah mata kering dan pandangan buram. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti metabolisme tubuh, sirkulasi darah dan perubahan hormon.

Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis gangguan mata yang biasa menyerang ibu hamil:

  • Cornea Edema

Seorang wanita hamil terkadang mengalami pandangan mata yang buram. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami perubahan kemampuan dalam menyerap cairan yang dapat mengubah ketebalan kornea. Kornea yang menebal tersebut membuat cahaya tak bisa jatuh pada retina. Namun tidak usah khawatir karena hal tersebut hanya sementara dan akan kembali normal setelah proses kelahiran. Namun apabila buramnya mata Anda terlalu parah dan mengganggu aktifitas maka konsultasikan dengan dokter. Dalam masa ini sebaiknya Anda tidak menggunakan lensa kontak karena ketebalan kornea yang terjadi membuat Anda merasa semakin tidak nyaman.

  • Mata sensitif terhadap cahaya

Saat hamil maka Anda akan merasakan mata yang lebih sensitif terhadap cahaya. Hal tersebut kadang akan membuat Anda mengalami migrain atau juga sakit kepala.

Jika terjadi hal seperti itu sebaiknya jangan mengambil keputusan sendiri untuk minum obat tanpa resep dan anjuran dokter. Dalam kondisi hamil, Anda tidak boleh sembarang mengonsumsi apapun tidak terkecuali obat sakit kepala.

Jika sakit kepala atau migrain berlanjut sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda agar dapat menentukan langkah yang harus dilakukan.

  • Mata menjadi lebih kering

Saat hamil, mungkin Anda akan merasakan mata menjadi lebih kering. Jika Anda pengguna lensa kontak, hal ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Kalau mata Anda terasa kering, Anda bisa memakai obat tetes yang menyerupai air mata. Selain itu juga disarankan agar Anda tidak terlalu memforsir kerja mata Anda seperti terlalu lama membaca atau berada di depan komputer. Namun, bila Anda memang harus berlama- lama di depan komputer, maka setiap 2 jam sekali ambillah waktu untuk beristirahat dengan berjalan- jalan sebentar.

  • Gangguan mata akibat diabetes gestasional

Diabetes gestasional adalah diabetes yang dialami wanita selama masa kehamilannya.Tingginya kadar gula dalam darah bisa merusak pembuluh darah yang berfungsi untuk menyuplai retina. Karena hal tersebut, wanita mengalami pandangan mata yang kabur.

Demikian tadi adalah beberapa gangguan mata yang terjadi pada wanita hamil. Gangguan tersebut akan menghilang dengan sendirinya ketika proses kehamilan usai. Namun bila Anda mengalami gangguan yang lebih serius jangan ragu untuk menghubungi dokter demi kesehatan Anda dan bayi Anda. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here