Gangguan Menarik Rambut

DEFINISI
Trikotilomania adalah gangguan yang melibatkan dorongan tak tertahankan untuk menarik rambut dari kulit kepala Anda, alis atau area lain dari tubuh Anda secara berulang, meskipun Anda berusaha untuk berhenti.

Menarik rambut dari kulit kepala sering meninggalkan tempat botak tambal sulam, yang menyebabkan penderitaan yang signifikan dan dapat mengganggu fungsi sosial atau pekerjaan. Orang dengan trikotilomania mungkin berusaha keras untuk menyamarkan hilangnya rambut.

Bagi sebagian orang, trikotilomania mungkin ringan dan umumnya dapat diatasi. Bagi yang lain, dorongan kompulsif untuk menarik rambut adalah luar biasa. Beberapa pilihan pengobatan telah membantu banyak orang mengurangi menarik rambut mereka atau dapat benar-benar menghentikannya.

GEJALA
Tanda dan gejala trikotilomania sering termasuk :

  • Berulang kali menarik rambut Anda, biasanya dari kulit kepala Anda, alis atau bulu mata, tapi bisa dari daerah tubuh lainnya, dan situs dapat bervariasi dari waktu ke waktu
  • Sebuah rasa meningkatnya ketegangan sebelum menarik, atau ketika Anda mencoba menolak untuk menariknya
  • Rasa senang atau lega setelah rambut ditarik
  • Daerah yang ditarik memiliki rambut lebih pendek atau menipis atau botak di kulit kepala atau area lain dari tubuh Anda, termasuk jarang atau hilang bulu mata atau alis
  • Pilihan untuk tipe tertentu dari rambut, ritual yang mengiringi menarik rambut atau pola menarik rambut
  • Menggigit, mengunyah atau makan rambut yang ditarik
  • Bermain dengan rambut yang ditarik keluar atau menggosokkannya ke bibir atau wajah

Kebanyakan orang yang memiliki trikotilomania juga akan memilih kulit mereka, menggigit kuku atau mengunyah bibir mereka. Kadang-kadang menarik rambut dari hewan peliharaan atau boneka atau dari bahan, seperti pakaian atau selimut, mungkin juga menjadi tanda-tanda. Kebanyakan orang dengan trikotilomania menarik rambut secara pribadi dan umumnya mencoba untuk menyembunyikan gangguan dari orang lain.

Untuk orang dengan trikotilomania, menarik rambut dapat :

  • Fokus. Beberapa orang menarik rambut mereka sengaja untuk meredakan ketegangan atau tekanan – misalnya, menarik rambut keluar untuk mendapatkan bantuan dari dorongan yang sangat kuat untuk menarik rambut. Beberapa orang dapat mengembangkan ritual yang rumit untuk menarik rambut, seperti menemukan hanya rambut yang tepat atau menggigit rambut yang ditarik.
  • Otomatis. Beberapa orang menarik rambut mereka tanpa menyadari mereka melakukannya, seperti ketika mereka bosan, membaca atau menonton TV.
    Orang yang sama dapat melakukan keduanya menarik rambut saat fokus dan otomatis, tergantung pada situasi dan suasana hati. Posisi atau ritual tertentu dapat memicu menarik rambut, seperti meletakkan kepala di tangan Anda atau menyisir rambut Anda.

Trikotilomania adalah gangguan jangka panjang (kronis). Tanpa pengobatan, gejala dapat bervariasi dalam tingkat keparahan dari waktu ke waktu. Misalnya, perubahan hormonal menstruasi dapat memperburuk gejala pada wanita. Bagi sebagian orang, jika tidak diobati, gejala dapat datang dan pergi selama berminggu-minggu, bulan atau tahun pada suatu waktu. Jarang, menarik rambut berhenti dalam beberapa tahun awal.

PENYEBAB
Penyebab trikotilomania tidak jelas. Tapi seperti banyak gangguan yang kompleks, trikotilomania mungkin hasil dari kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Juga, kelainan pada zat kimia otak, serotonin dan dopamine mungkin memainkan peran dalam trikotilomania.

Faktor Risiko
Faktor-faktor ini cenderung meningkatkan risiko trikotilomania :

  • Riwayat keluarga. Genetika mungkin memainkan peran dalam pengembangan trikotilomania, dan gangguan dapat terjadi pada mereka yang memiliki kerabat dekat dengan gangguan tersebut.
  • Umur. Trikotilomania biasanya berkembang sebelum atau selama remaja awal – paling sering antara usia 11 dan 13 tahun – dan sering menjadi masalah seumur hidup. Bayi juga dapat rentan terhadap menarik rambut, tapi ini biasanya ringan dan hilang sendiri tanpa pengobatan.
  • Emosi negatif. Bagi banyak orang dengan trikotilomania, menarik rambut adalah cara menangani perasaan negatif atau tidak nyaman, seperti stres, kecemasan, ketegangan, kesepian, kelelahan atau frustrasi.
  • Kekuatan positif. Orang dengan trikotilomania sering menemukan bahwa mencabut rambut terasa memuaskan dan membuat lega. Akibatnya, mereka terus menarik rambut mereka untuk mempertahankan perasaan positif ini.
  • Gangguan lain. Orang yang memiliki trikotilomania juga mungkin memiliki gangguan lain, seperti depresi, kecemasan atau gangguan obsesif-kompulsif (OCD).
    Meskipun jauh lebih banyak perempuan daripada laki-laki yang dirawat untuk trikotilomania, ini mungkin karena perempuan lebih mungkin untuk mencari nasihat medis. Pada anak usia dini, anak-anak tampaknya sama-sama terpengaruh.

Komplikasi
Meskipun mungkin tidak tampak sangat serius, trikotilomania dapat memiliki dampak besar pada kehidupan Anda. Komplikasi dapat mencakup :

  • Tekanan emosional. Banyak orang dengan laporan trikotilomania merasa malu, penghinaan dan rasa malu dan mengalami rendah diri, depresi dan kecemasan karena kondisi mereka.
  • Masalah dengan fungsi sosial dan pekerjaan. Malu karena rambut rontok dapat menyebabkan Anda untuk menghindari kegiatan sosial dan kesempatan kerja. Orang dengan trikotilomania dapat memakai wig, memberi gaya rambut mereka untuk menyamarkan kebotakan atau memakai bulu mata palsu. Beberapa orang mungkin menghindari keintiman karena takut bahwa kondisi mereka akan diketahui.
  • Kerusakan kulit dan rambut. Menarik rambut secara konstan dapat menyebabkan lecet dan kerusakan lainnya, termasuk infeksi, pada kulit kepala Anda atau daerah tertentu di mana rambut ditarik, dan dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut.
  • Bola rambut. Makan rambut Anda dapat menyebabkan bola rambut besar dan kusut (trichobezoar) di saluran pencernaan Anda. Selama periode, bola rambut dapat menyebabkan penurunan berat badan, muntah, obstruksi usus dan bahkan kematian.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Mencari bantuan adalah langkah pertama dalam mengobati trikotilomania. Pada awalnya Anda mungkin melihat dokter perawatan primer atau dokter kulit. Dia mungkin merujuk Anda ke penyedia kesehatan mental.

Saran ini mungkin membantu membuat konsultasi Anda lebih mudah :

  • Buatlah daftar semua gejala yang Anda alami, bahkan jika itu tampak tidak berhubungan dengan menarik rambut. Trikotilomania dapat menyebabkan gejala baik fisik dan psikologis. Catatlah apa yang memicu Anda menarik rambut, bagaimana Anda sudah mencoba untuk menangani masalah ini, dan faktor-faktor yang membuatnya lebih baik atau lebih buruk.
  • Bawa informasi pribadi, termasuk tekanan besar atau perubahan kehidupan baru-baru ini dan apakah menarik rambut juga terjadi dalam keluarga Anda.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin, herbal atau suplemen lain yang Anda konsumsi, termasuk dosis dan berapa lama Anda telah mengonsumsinya.

Untuk membuat konsultasi Anda berjalan efektif, siapkanlah daftar pertanyaan sebelum hari konsultasi Anda. Beberapa pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda meliputi :

  • Apa yang mungkin menyebabkan saya mengembangkan gangguan ini?
  • Bagaimana Anda mendiagnosa kondisi ini?
  • Apakah ini sesuatu yang akan hilang dengan sendirinya? Apakah ada yang bisa saya lakukan sendiri untuk memperbaiki gejala saya?
  • Perawatan apa yang anda rekomendasikan untuk gangguan ini?
  • Bagaimana jika saya tidak mampu menjalani terapi?
  • Jika saya memutuskan untuk mengambil obat, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk gejala saya agar dapat membaik?
  • Apa efek samping dari obat yang Anda rekomendasikan?
  • Berapa besar kemungkinan perbaikan yang dapat saya harapkan secara realistis jika saya mengikuti rencana pengobatan Anda?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kapan saja Anda tidak memahami sesuatu.

Tes Dan Diagnosis
Dokter Anda akan melakukan evaluasi menyeluruh untuk menentukan apakah Anda memiliki trikotilomania. Ini mungkin termasuk :

  • Meneliti berapa banyak rambut rontok yang Anda miliki
  • Membahas rambut rontok Anda dengan Anda dan mungkin meminta Anda mengisi kuesioner
  • Menghilangkan kemungkinan penyebab lain dari menarik rambut atau rambut rontok melalui pengujian oleh dokter Anda

Untuk dapat didiagnosis dengan trikotilomania, Anda harus memenuhi kriteria dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM) yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association. Panduan ini digunakan oleh penyedia kesehatan mental untuk mendiagnosis kondisi mental dan oleh perusahaan asuransi untuk mengganti biaya pengobatan.

Kriteria DSM untuk diagnosis trikotilomania meliputi :

  • Anda berulang kali mencabut rambut Anda, sehingga rambut rontok.
  • Anda berulang kali mencoba untuk berhenti menarik rambut Anda atau mencoba untuk menguranginya .
  • Mencabut rambut Anda menyebabkan Anda tertekan signifikan atau masalah di tempat kerja, sekolah atau dalam situasi sosial.
  • Rambut rontok Anda tidak karena kondisi medis atau kulit atau gejala gangguan mental lain.

Perawatan Dan Obat-obatan
Penelitian tentang pengobatan trikotilomania terbatas. Namun beberapa pilihan pengobatan telah membantu banyak orang mengurangi kebiasaan menarik rambut atau dapat menghentikannya.

Psikoterapi
Pelatihan kebiasaan untuk menyembuhkan adalah psikoterapi utama untuk trikotilomania. Jenis terapi membantu Anda belajar bagaimana mengenali situasi di mana Anda cenderung untuk menarik rambut dan cara mengganti perilaku lain sebagai gantinya. Sebagai contoh, Anda mungkin dapat mengepalkan tangan Anda untuk jangka waktu untuk menghentikan dorongan, atau mengarahkan tangan dari rambut ke telinga Anda.

Kadang-kadang unsur terapi lain dapat dicampur dengan pelatihan kebiasaan reversal, termasuk :

  • Terapi kognitif. Terapi ini dapat membantu Anda menantang dan memeriksa keyakinan menyimpang yang mungkin Anda miliki dalam kaitannya dengan menarik rambut.
  • Terapi penerimaan dan komitmen. Terapi ini dapat membantu Anda belajar untuk menerima dorongan menarik rambut Anda tanpa bertindak atasnya.

Obat
Tidak ada obat khusus yang disetujui oleh Food and Drug Administration untuk pengobatan trikotilomania. Namun, beberapa obat dapat membantu mengontrol gejala.

Misalnya, dokter dapat merekomendasikan antidepresan, seperti clomipramine (Anafranil). Obat lain yang menurut penelitian mungkin memiliki beberapa manfaat termasuk N-acetylcysteine, asam amino yang mempengaruhi neurotransmitter yang terkait dengan suasana hati, dan olanzapine (Zyprexa), sebuah antipsikotik atipikal.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang semua obat yang ia sarankan. Kemungkinan manfaat obat harus selalu diseimbangkan dengan kemungkinan efek samping.

Penanganan Dan Dukungan
Banyak orang dengan laporan trikotilomania merasa bahwa mereka sendiri yang mengalami gangguan menarik rambut. Ini dapat membantu untuk bergabung dengan kelompok pendukung untuk orang dengan trikotilomania, sehingga Anda dapat bertemu orang lain dengan pengalaman yang sama dan dapat berhubungan dengan perasaan Anda. Anda mungkin meminta dokter Anda untuk rekomendasi atau mengunjungi situs web untuk menemukan kelompok pendukung.