Gangguan Pencernaan pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sistem pencernaan adalah sistem yang terdiri dari pencernaan saluran dan organ-organ lain yang membantu tubuh untuk memecah dan menyerap makanan. Hampir 80% pembentukan sistem daya tahan tubuh anak dibentuk di dalam saluran cerna. Apabila anak mengalami gangguan pencernaan, maka penyerapan nutrisi akan terhambat karena pencernaan berfungsi sebagai pembentukan daya tahan tubuh. Hal tersebut mengakibatkan terganggunya tumbuh kembang anak. Pencernaan juga berperan penting dalam kecerdasaan anak. Hal ini berkaitan dengan penyerapan gizi yang tidak seimbang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan anak yang akan berdampak pada kecerdasan anak.

Meskipun gangguan pencernaan seringkali dialami oleh anak atau orang dewasa, gejalanya harus tetap diwaspadai. Rasa sakit pada bagian perut merupakan salah satu tanda awal terjadinya gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan tidak boleh dianggap sepele dan perlu mendapat perawatan medis untuk menghindari gangguan kesehatan lainnya.

Gangguan pencernaan pada anak umumnya disebabkan oleh sistem pencernaan yang belum matang atau konsumsi makanan dan minuman yang memicu terjadinya gangguan pencernaan. Perut anak-anak sangat sensitif. Maka dari itu, anak membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi dengan makanan yang dikonsumsinya. Anak seringkali mengalami sakit perut yang berulang bahkan seringkali dijumpai pada anak yang berusia 3 tahun. Penyebabnya bermacam-macam, dapat diakibatkan oleh faktor sosial, psikologis, dan sesuatu yang memicu stress pada anak.

Gangguan lain yang berhubungan dengan sistem pencernaan anak adalah irritable bowel syndrome yang mencakup sembelit, sakit perut, ataupun diare. Jika anak mengalami kondisi ini, Anak mungkin menjadi lebih sering diare atau lebih sering sembelit. Beberapa makanan yang menyebabkan kondisi ini adalah makanan yang terlalu banyak mengandung bumbu, terlalu asin, asam atau juga manis. Selain itu masih banyak gangguan pencernaan lain yang dialami oleh anak, seperti refluks, kolik, sembelit, kembung atau intoleransi bakteri. Cara mengatasi gangguan pencernaan terebut adalah dengan berkonsultasi pada dokter agar anak mendapatkan penanganan medis yang tepat. Hal ini dikarenakan masalah tidak bisa didiagnosa hanya dari satu gejala saja tapi juga mengacu pada pemeriksaan medis untuk membantu memulihkan kembali kondisi kesehatan pencernaan anak.

Kesehatan sistem pencernaan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Pencernaan anak yang lancar dan sehat akan berpengaruh pada kesehatan anak sehingga anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik dan optimal. Mencegah terjadinya gangguan pencernaan pada anak bisa dilakukan sejak anak masih bayi yaitu dengan pemberian ASI secara ekslusif. Hal ini bertujuan agar daya tahan tubuh dan nutrisi anak terpenuhi sehingga semua sistem organ pada tubuhnya tidak akan mudah mengalami gangguan. Selain itu, orang tua juga perlu memperhatikan asupan makanan dan kandungan nutrisi di dalamnya agar kebutuhan gizi anak terpenuhi sehingga pencernaannya tidak terganggu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY