Gangguan Tidur pada Masa Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Wanita hamil terkadang mempunyai masalah kesehatan musiman. Masalah tersebut hanya datang pada saat mereka hamil. Salah satu masalah yang sering terjadi pada wanita hamil adalah masalah pola tidur. Kualitas tidur dapat terpengaruh oleh perubahan hormon dan ketidaknyamanan tubuh saat hamil. Setiap trimester memunculkan masalah-masalah tidur yang unik.

Ada beberap masalah tidur yang biasanya terjadi pada trimester pertama:

  • Sering terbangun malam karena Anda harus ke kamar mandi untuk kencing.
  • Gangguan tidur yang disebabkan oleh stres secara fisik maupun emosional yang terjadi selama kehamilan.
  • Sering mengantuk di siang hari.

Pada trimester kedua umumnya kualitas tidur mulai membaik karena kurangnya frekuensi Anda pergi ke kamar mandi. Seiring dengan pertumbuhan janin di dalam rahim, tekanan pada kandung kemih menjadi berkurang. Tetapi tetap, masalah stres fisik dan emosional yang terjadi selama masa kehamilan bisa cukup mengganggu tidur Anda.

Di Trimester ketiga masalah gangguan tidur dapat muncul kembali bahkan bisa lebih mengganggu dan paling menyiksa selama kehamilan. Biasanya gangguan tidur yang muncul pada trimester ketiga akibat :

  • Perasaan tidak nyaman seiring dengan pertumbuhan perut Anda
  • Terjadinya kram pada kaki
  • Terjadinya kontraksi pada rahim
  • Sering berkemih pada malam hari karena posisi janin dalam kandungan (kepala di bawah) yang menekan kandung kemih

Cara mengatasi gangguan tidur

Ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah tidur yang kerap terjadi selama masa kehamilan. Jika Anda mempunyai masalah tidur yang cukup parah, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan solusi terbaik.

  • Tambahkan bantal

Anda bisa menambahkan bantal empuk dapat membantu mengurangi masalah pada bagian punggung dan perut. Menempatkan bantal di antara kaki dapat membuat punggung bagian bawah Anda terasa lebih nyaman.

  • Relaksasi

Relaksasi dapat menambah kualitas tidur seseorang, Anda bisa melakukan yoga, pijat ataupun latihan pernafasan. Tapi, akitifitas-aktifitas tersebut harus mendapatkan persetujuan dari dokter Anda.

  • Nutrisi

Nutrisi yang baik tentunya akan memberikan asupan dan seseuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Minum susu hangat bisa membuat Anda mengantuk, makanan tinggi karbohidrat seperti roti dapat membuat Anda bisa tidur nyenyak. Selain itu susu dan karbohidrat, protein juga dapat menjaga kadar gula darah tetap seimbang, mencegah sakit kepala, mimpi buruk dan pedih ketika mata berkedip.

  • Olahraga yang benar dan teratur

Olahraga untuk ibu hamil tentunya berbeda dengan olahraga untuk orang-orang biasa (yang sedang tidak hamil). Olahraga dapat membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak. Jenis olahraga untuk ibu hamil bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Hindari melakukan olahraga berat 4 jam sebelum tidur.

  • Obat

Kebanyakan jenis obat harus dihindari selama masa kehamilan karena hal tersebut bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin. Ada beberapa obat yang bisa dikatakan aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan untuk membantu mengatasi masalah tidur. Selalu konsultasikan tentang pengobatan dan berbagai jenis obat yang akan Anda konsumsi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here