Gatal Perenang

DEFINISI

Gatal perenang adalah ruam gatal yang dapat terjadi setelah Anda berenang atau menjelajah di alam liar. Juga dikenal dengan dermatitis cercarial, gatal perenang paling sering terjadi jika kulit Anda terkena air tawar dan air kolam, tetapi kadang-kadang juga bisa terjadi karena air garam.

Gatal perenang adalah reaksi alergi terhadap parasit mikroskopis yang menembus bagian dalam lapisan kulit Anda. Parasit yang terkait dengan gatal perenang biasanya hidup menumpang pada unggas air dan beberapa hewan yang hidup di dekat air. Tubuh manusia bukanlah host yang cocok bagi parasit ini, sehingga biasanya parasit akan segera mati saat masih di kulit Anda.

Meskipun gatal ini membuat kulit tidak nyaman, gatal perenang biasanya hanya berlangsung dalam waktu yang singkat. Ruam biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Untuk sementara itu, Anda dapat mengontrol rasa gatal dengan mengoleskan obat resep atau over-the-counter.

GEJALA

Gatal ruam yang ditimbulkan oleh gatal perenang terlihat seperti jerawat kemerahan atau lecet pada kulit. Rasa gatal akan muncul dalam beberapa menit atau beberapa hari setelah Anda berenang atau berendam di dalam air yang terinfestasi.

Gatal perenang biasanya hanya mempengaruhi kulit yang terkena air – kulit yang tidak tertutupi oleh pakaian renang atau pakaian basah. Tanda dan gejala gatal perenang akan memburuk setiap kali kulit Anda terkena air yang terkontaminasi oleh parasit.

Kapan harus ke dokter

Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda memiliki ruam setelah berenang yang berlangsung lebih dari satu minggu. Jika Anda melihat timbulnya nanah di area ruam, konsultasikan dengan dokter Anda. Anda mungkin akan dirujuk ke dokter yang mengkhususkan diri untuk mengobati kondisi kulit (dokter kulit).

PENYEBAB

Parasit yang menyebabkan gatal perenang hidup dalam darah unggas air dan pada hewan yang tinggal di dekat kolam dan danau. Contohnya termasuk :

  • Angsa
  • Bebek
  • Camar
  • Berang-berang
  • Muskrat

Telur parasit masuk ke dalam air melalui feses hewan yang ditumpanginya. Sebelum menginfeksi burung, binatang atau manusia, parasit yang menetas harus hidup untuk jangka waktu tertentu pada hewan sejenis siput. Siput ini tinggal di dekat garis pantai. Oleh karena itulah infeksi paling sering terjadi di perairan dangkal.

Gatal perenang tidak menular dari orang ke orang, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan tertular ruam dari seseorang yang sedang mengalami ruam gatal ini.

FAKTOR RISIKO

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan di dalam air yang terinfestasi, risiko Anda terkena gatal perenang pun lebih tinggi. Anak-anak memiliki risiko paling tinggi, karena mereka cenderung bermain di air dangkal dan biasanya tidak bisa dengan mudah dikeringkan hanya dengan handuk.

Beberapa orang lebih sensitif terhadap gatal perenang dibanding yang lain. Dan, kepekaan seseorang terhadap gatal dapat meningkat setiap kali ia terkena parasit yang menyebabkan gatal perenang.

Komplikasi

Gatal perenang jarang sekali menyebabkan komplikasi, tetapi kulit Anda dapat terinfeksi jika Anda menggaruk terlalu keras. Cobalah untuk menghindari menggaruk ruam.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Anda bisa memulai penanganan dengan menemui dokter keluarga Anda atau dokter umum. Namun, dalam beberapa kasus ketika Anda menelepon untuk membuat janji, Anda mungkin akan dirujuk segera ke dokter spesialis kondisi kulit (dokter kulit).

Apa yang dapat Anda lakukan

Sebelum konsultasi Anda, Anda mungkin perlu menuliskan daftar jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Kapan Anda pertama kali mulai mengalami gejala?
  • Apakah Anda pernah berenang atau menjelajah di alam terbuka?
  • Apakah ada orang lain yang berenang dengan Anda yang juga mengembangkan ruam?
  • Apa obat dan suplemen yang Anda ambil secara rutin?

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter Anda

Dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk menjawab sejumlah pertanyaan, seperti:

  • Apaah gejala Anda muncul terus menerus atau hanya sesekali?
  • Apakah ada sesuatu yang tampaknya dapat meringankan gejala Anda?
  • Apakah ada sesuatu yang tampaknya memperburuk gejala Anda?

TES DAN DIAGNOSIS

Mendiagnosis gatal perenang bisa menjadi hal yang cukup sulit karena ruam yang ditimbulkan oleh kondisi ini dapat menyerupai masalah kulit lainnya, seperti poison ivy. Tidak ada tes khusus untuk mendiagnosa gatal perenang.

Perawatan dan Obat-obatan

Gatal perenang biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, meskipun dalam beberapa kasus ruam bisa bertahan hingga seminggu. Untuk sementara waktu, Anda dapat mengontrol gatal dengan mengoleskan antihistamin over-the-counter atau krim anti-gatal, misalnya losion yang mengandung calamine. Jika gatal yang Anda alami cukup parah, dokter Anda dapat merekomendasikan obat resep.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Meskipun Anda sangat ingin menggaruk, jangan menggaruk. Menggaruk hanya akan memperparah kondisi kulit Anda. Selain mengoleskan krim atau obat, gatal perenang bisa ditenangkan dengan hal-hal berikut.

  • Menutup daerah yang terkena dengan kain lap basah dan bersih
  • Berendam dalam air yang ditaburi dengan garam Epsom, baking soda atau oatmeal
  • Buatlah pasta dari baking soda dan air, dan kemudian oleskan ke area ruam atau gatal

PENCEGAHAN

Untuk mengurangi risiko gatal perenang :

  • Berhati-hatilah memilih tempat berenang. Hindari berenang di tempat yang seringkali menyebabkan orang-orang mengalami gatal perenang atau di tempat yang kemungkinan terkontaminasi oleh parasit. Hindari juga berenang atau berendam di daerah berawa yang biasanya dipenuhi oleh siput.
  • Hindari garis pantai, jika mungkin. Jika Anda seorang perenang yang tangguh, berenanglah ke area yang lebih dalam karena Anda lebih mungkin untuk mengembangkan gatal perenang jika Anda menghabiskan banyak waktu di air dangkal.
  • Bilas setelah berenang. Bilas kulit yang terkena dengan air segar segera setelah meninggalkan perairan dangkal, kemudian keringkan kulit Anda dengan handuk. Cucilah pakaian renang Anda sesering mungkin. Dan jika bisa, kenakanlah pakaian renang yang berbeda setiap kali Anda berenang.

Hindari memberi makan burung di area dermaga. Jangan memberi makan burung di dermaga atau di area sekitar kolam renang.