Gaya Hidup dan Kepuasan Seksual

SehatFresh.com – Seksualitas adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Tidak hanya melalui soal hubungan badan, perasaan cinta dan keintiman secara seksual merupakan faktor yang sangat penting dalam menjaga keharmonisan hidup berumah tangga. Terkait hal ini, sejumlah ahli menyebutkan bahwa ada tiga faktor penting yaitu kesehatan tubuh, gaya hidup dan kepuasan seksual, yang mana ketiganya saling berhubungan.

Gaya hidup yang buruk mengarah pada kesehatan tubuh yang buruk. Hal ini pada gilirannya membuat performa seksual menjadi menurun. Tentunya ini memengaruhi keharmonisan hubungan seksual. Sebagai contoh, orang yang kelebihan berat badan atau obesitas cenderung mengalami beberapa kesulitan dalam melakukan hubungan seksual, yang pada gilirannya menyebabkan penurunan keinginan untuk melakukan hubungan intim. Obesitas berkaitan erat dengan diabetes dan para penyandang diabetes cenderung mengalami masalah dalam kehidupan seksualnya.

Bila Anda sering makan junk food, kurang berolahraga, merokok, sering minum alkohol ditambah tidak dapat menanganani stres dengan baik, para seksolog menyarankan beberapa perubahan gaya hidup untuk meningkatkan kualitas kehidupan seksual Anda :

  • Bila Anda kelebihan berat badan atau obesitas, segera atur rencana yang tepat mengenai penurunan berat badan agar mencapai tingkat ideal. Akan lebih baik bila didiskusikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh.
  • Makanlah makanan alami yang lebih kaya gizi. Hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah seperti makanan berlemak dan makanan tinggi gula. Perbanyaklah konsumsi serat, sayuran, buah buahan, kacang kacangan, dan biji-bijian, disertai banyak minum air putih.
  • Biasakan untuk olahraga secara teratur. Hal ini penting untuk menguatkan jantung dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, yang pada intinya dapat meningkatkan kondisi kesehatan secara menyeluruh termasuk juga kesehatan mental. Olahraga meningkatkan performa tubuh untuk menunjang aktivitas harian termasuk hubungan seksual.
  • Istirahat yang cukup agar tubuh tetap fit. Atur waktu dan seimbangkan antara pekerjaan dan waktu istirahat.
  • Tetap berfikiran positif dan percaya diri. Jangan selalu menyalahkan diri sendiri atas kekurangan fisik atau merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh karena merasa tidak sexy. Ini bisa menghambat Anda dalam menikmati hubungan seksual dengan pasangan.

Bila Anda masih merasa bingung untuk memulainya, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan arahan yang tepat. Bila Anda mengalami masalah seksual seperti impotensi atau libido rendah, sebaiknya tidak buru-buru mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas seperti obat kuat atau obat perangsang. Masalah seksual tidak bisa diselesaikan hanya dengan minum obat saja. Pasalnya, banyak faktor  tidak hanya secara fisik melainkan juga secara psikis, yang saling memengaruhi pada masing-masing pasangan.

Sumber gambar : www.harianaceh.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY