Gaya Hidup yang Tidak Sehat Dapat Memicu Penyakit Kronis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentu menjadi keinginan setiap orang. Namun, hal ini akan sulit djaga apabila masih menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Untuk mendapatkan keinginan tersebut tentunya harus diseimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat dari makanan maupun gaya hidup.

Gaya hidup yang kurang sehat seperti jarang melakukan olahraga atau asupan makanan yang semabrangan dan tidak terkontrol jumlahnya bisa berpotensi menyebabkan timbulnya penyakit kronis. Tentunya tidak ada yang ingin mengalami kondisi penyakit kronis selama hidupnya.

Penyakit kronis ini makin sering menyerang orang dengan usia muda di kelompok usia produktif. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai hal seperti, terlalu sibuk bekerja sehingga kurang memerhatikan kondisi kesehatannya. Penyakit kronis merupakan penyakit yang berlangsung lama, biasanya bisa lebih dari 1 tahun.

Kebanyakan penyakit kronis disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit kronis pun seringkali tidak disadari hingga sampai pada kondisi yang menimbulkan keparahan atau bahkan kematian. Penyakit kronis juga bisa menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena atau memperparah kondisi COVID-19.

Seperti yang telah diketahui penyakit kronis bisa berlangsung lama lebih dari 1 tahun. Tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan juga tidak sedikit. Pengobatan yang dilakukan juga dalam waktu jangka panjang. Belum lagi jika kondisi memang sudah parah, penderitamya kadang tidak sanggup untuk bekerja dan mencari nafkah. Apa saja yang termasuk penyakit kronis?

  1. Hipertensi

Hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah mengalami peningkatan dari batas normal. Hipertensi biasanya disebabkan oleh penuaan. Namun, akhir-akhir ini hipertensi juga banyak dialami oleh kelompok usia produktif yang tergolong usia muda.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh metabolisme tubuh seperti obesitas atau tingginya lemak jenuh dalam tubuh. biasanya masalah metabolisme diawali oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti makan makanan cepat saji dan tidak melakukan olahraga. Kondisi hipertensi yang ditangani dengan baik dapat menimbulkan komplikasi seperti gagal jantung hingga stroke.

  1. Stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah kejaringan otak terganggu akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah otak. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan garam.

  1. Diabetes

Diabetes atau kencing manis ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi dan menyebabkan penderitanya mudah haus dan lapar serta sering buang air kecil. Penyakit diabetes sebenarnya bisa saja dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat serta menjaga berat badan ideal. Jika terlanjur sudah terkena diabetes, maka anda harus mengonsumsi obat dan ruti melakukan kontrol gula darah agar penyakit tidak bertambah parah dan menimbulkan komplikasi.

  1. Kanker

Penyebab utama munculnya kanker terutama pada usia muda atau usia produktif adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti :

  • Sering mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet atau pewarna makanan
  • Sering mengonsumsi alkohol
  • Jarang berolahraga
  • Merokok atau sering terpapar asap rokok
  • Sering terpapar radikal bebas.

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here