Gejala Alergi pada Anak dan Penanganannya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Alergi adalah suatu reaksi tubuh terhadap zat yang menurutnya mengganggu keadaan tubuh. Bisa saja zat tersebut tidak berbahaya, namun bagi penderita alergi, keadaannya akan menjadi berbeda, terkadang akan sangat mengganggu dan cukup fatal akibatnya.

Kenali gejala alergi pada anak sehingga Anda dapat menghindari hal- hal yang bisa menyebabkan si anak alergi, apalagi untuk anak yang kondisi tubuhnya masih lemah. Berikut ini adalah beberapa contoh gejala alergi yang dapat dialami oleh anak:

  1. Alergi hidung

Jenis alergi ini bisa disebabkan oleh sesuatu yang bisa dicium oleh hidung, misalnya serbuk bunga, debu dan zat- zat lainnya. Gejala yang menunjukkan alergi ini adalah mata berair, gatalnya tenggorokan, bersin- bersin, hidung tersumbat, atau pilek. Apabila alergi bertambah parah karena tidak segera dijauhkan dari hal- hal yang menyebabkan alergi, maka penderita akan mengalami hal- hal mengganggu seperti berkeringat, pusing, nyeri pada wajah bahkan terkadang sampai tidak bisa mencium bau sesuatu. Jika hal ini tidak segera diatasi dan diobati, maka penderita akan mengalami rasa lelah dan sulit tidur.

  1. Alergi Kulit

Alergi kulit pada anak bisa disebabkan oleh faktor genetis, yakni turunan alergi yang diwariskan oleh orang tua. Yang kedua yaitu karena perubahan metal pada perhiasan. Gejala dari alergi kulit oleh perhiasan sering ditandai dengan munculnya ruam pada kulit. Penyebab berikutnya adalah kutu debu yang biasanya terdapat di bantal atau kasur yang kotor, dan masih banyak lagi penyebab lain dari alergi kulit ini.

  1. Alergi paru

Alergi paru sebagai tanda penyakit asma akan menimbulkan rasa sulit bernafas bagi penderitanya. Alergi ini disebabkan oleh menyempitnya saluran pernafasan di paru- paru.

  1. Alergi usus

Aergi ini bisa disebabkan oleh karena alergi pada makanan tertentu. Alergi ini menyebabkan sakit melilit di perut. Bahan makanan dan buah yang bagi orang lain menjadi sumber makanan menyehatkan seperti buah jeruk, pisang, nanas dan lain-lain akan menyebabkan hal yang mengganggu bagi penderita alergi.

Untuk mengatasi alergi, kita harus terlebih dahulu menemukan penyebabnya. Hal ini termasuk dalam taraf pencegahan. Apabila anak Anda menderita alergi makanan seperti seafood, maka di kemudian hari jangan memberi masakan dari seafood. Kemudian jika alergi berasal dari debu, maka untuk pencegahannya, bersihkan lingkungan sekitar di mana rentan terhadap debu. Jika terpaksa untuk berada di lingkungan berdebu, bisa dipakai masker untuk pencegahannya.

Kemudian hal lain yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti rempah- rempah, bayam, kacang dan lainnya karena fungsi magnesium sebagai manipulasi substansi polyphosphate dapat memanipulasi hal yang bisa membuat alergi. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY