Gejala Awal Kanker Testi

SehatFresh.com – Testis adalah dua organ berbentuk oval kecil yang menggantung di bawah penis dalam kantong kulit yang disebut skrotum. Sejak usia pubertas, testis memproduksi sperma yang bisa membuahi sel telur wanita. Kanker testis bermula ketika sel-sel normal dalam testis tumbuh secara tidak terkendali. Kanker testis hampir selalu dapat disembuhkan jika ditemukan lebih awal.

The American Cancer Society (ACS) melaporkan bahwa ada sekitar 8.400 kasus kanker testis baru pada tahun 2009, dan penyakit ini telah menimbulkan efek yang fatal pada 380 pria. Risiko kematian dari kanker testis relatif rendah. Kelangsungan hidup penderitanya yang lebih dari 5-tahun mencapai 95% atau bahkan lebih tinggi.. Tingkat kelangsungan hidup yang tinggi ini disebabkan oleh fakta bahwa umumnya kanker testis merespon pengobatan dengan baik.

Meski demikian, para pria tetap perlu meningkatkan kewaspadaan, juga memperkuat kesadaran dalam mencegah kanker, jika terjadi gejala yang khusus seperti :

Pembesaran testis
Kanker testis umumnya ditandai dengan testis menjadi membesar, atau mungkin ada benjolan abnormal pada testis. Pembesaran pada testis adalah akibat dari sejumlah sel-sel tumor yang berkembang biak tanpa henti dan tak terkendali. Secara klinis, sekitar 80% penderita mengalami gejala awal pembengkakan pada testis.

Rasa nyeri pada area organ intim
Dalam beberapa kasus, nyeri pada alat kelamin bisa menjadi pertanda awal dari kanker testis di mana terkadang rasa nyeri dapat dirasakan pada bagian testis itu sendiri. Menurut mayoclinic.com, rasa nyeri bisa terjadi pada perut bagian bawah atau di area sekitar selangkangan.

Testis terasa sangat berat
Testis terasa berat adalah salah satu pertanda kanker testis stadium awal. Hal ini terjadi sel tumor pada testis terus bertumbuh. Saat benjolan bertumbuh sampai batas tertentu, maka berat pada testis akan bertambah dan akhirnya mengakibatkan penderita merasakan testisnya terasa lebih berat. Hal bahkan dapat memengaruhi penderitanya saat berjalan. Ketika dipegang, mungkin akan terasa seperti memegang batu.

Gejala lainnya
Beberapa gejala kanker testis mempengaruhi bagian lain dari tubuh dari testis. The American Cancer Society (ACS) menyebutkan bahwa jenis yang paling umum dari kanker testis adalah tumor sel germinal, yang dimulai pada sel-sel sperma. Jenis tumor tersebut menyebabkan produksi hormon human chorionic gonadotropin secara berlebihan. Tingginya kadar hormon ini dapat menyebabkan pertumbuhan payudara pada pria. Sementara itu, tipe sel yang kurang umum yaitu sel Leydig, dapat membuat kelebihan androgen (hormon seks pria) atau estrogen (hormon seks wanita). Jika tumor menyebabkan peningkatan kadar estrogen pada pria, mereka mungkin merasa penurunan libido, dan mungkin mengalami pembesaran payudara.

Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, maka segeralah lakukan pemeriksaan medis agar bisa diketahui penyebab pastinya. Pendeteksian lebih dini tentunya akan memudahkan proses pengobatan nantinya jika ditemukan ada kelainan.

Sumber gambar : swww.youtube.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY