Gejala Awal yang Ditunjukan Remaja yang Terkena HIV/AIDS

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan sekumpulan infeksi atau sindrom yang diakibatkan karena tidak berfungsinya sistem kekebalan tubuh akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus lain yang sejenis. Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa remaja memiliki peluang yang cukup besar terkena penyebaran virus tersebut.

Siapa yang paling beresiko tinggi terkena HIV/AIDS?

Setiap golongan orang memiliki peluang untuk terkena virus HIV/AIDS. Namun secara khusus kelompok yang memiliki resiko sangat tinggi antara lain para homoseksual (penyuka sesama jenis), heteroseksual (suka bergonta ganti pasangan), serta bagi pria yang gemar menggunakan jasa pelacuran.

Dilhat dari kelompok usia yang beresiko tinggi mengalami penularan HIV/ADIS adalah remja atau anak muda berusia antara 13 hingga 25 tahun. Pasalnya kelompok usia itu gemar melakukan pergaulan bebas, sehingga sangat rentan diserang virus HIV/AIDS.

Bagaimana penularan virus HIV/AIDS?

HIV/AIDS biasanya ditularkan melalui kontak langsung lapisan kulit dalam atau aliran darah. Selain itu bisa juga ditularkan dengan cairan tubuh yang mengandung HIV. Cairan tubuh yang dimaksud adalah air mani, darah, cairan preseminal, cairan vagina, hingga air susu ibu.

Bentuk penularan yang paling umum terjadi akibat hubungan intim, jarum suntik yang terinfeksi vitus, transfusi darah, antara ibu dengan bayi selama masa kehamilan atau menyusui.

Gejala HIV AIDS pada remaja

Gejala terinfeksi HIV AIDS perlu diketahui, khususnya bagi para remaja.  Ketika pertama kali seseorang terinfeksi HIV, maka virus itu akan berkembang di dalam tubuhnya. Di rangkum dari berbagai sumber, berikut ini gejala awal AIDS pada remaja yang tampak setelah beberapa bulan.

  1. Remaja mengalami turunnya berat badan secara drastis.
  2. Remaja mengalami demam berkepanjangan, bisa lebih dari 380 C
  3. Remaja mengalami pembesaran kelenjar (pada leher, ketiak, atau lipatan paha).
  4. Remaja mengalami diare atau mencret berkepanjangan.
  5. Remaja mengalami bercak merah kebiruan di kulit (kanker kulit).
  6. Remaja mengalami sesak nafas yang disertai batuk berkepanjangan.
  7. Remaja mengalami sariawan yang tak kunjung sembuh.

Hal-hal di atas merupakan gejala umum yang muncul pada penderita AIDS. Apabila seorang remaja mengalami gejala-gejala tersebut, dianjurkan untuk sesegera mungkin melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Itu sebagai langkah awal untuk lebih memastikan, apakah gejala-gejala itu disebabkan oleh virus atau penyakit lain.

Tidak kalah penting adalah pendidikan seks perlu dilakukan guna memberikan pengetahuan tentang penyakit-penyakit seksual bagi remaja. Terlebih di era keterbukaan informasi saat ini, remaja bisa salah mengalami salah pergaulan. Oleh karena itu orangtua di rumah dan guru di sekolah perlu memberikan pemahaman tentang dampak negatif pergaulan bebas, sehingga remaja memiliki acuan dalam berinterkasi sosial (APt).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY