Gejala Awal yang Menunjukkan Virus HIV pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pernahkah Anda mendengar tentang HIV? HIV merupakan sebuah virus yang dapat menyebabkan kerusakan sistem kekebalan tubuh seseorang. Hal tersebut menyebabkan seseorang dengan HIV tidak dapat bertahan dari berbagai penyakit. Jika pada orang normal suatu penyakit tidak membahayakan, namun sebaliknya yang terjadi pada orang dengan HIV yang memiliki kekebalan tubuh lemah.

Dengan melemahnya kekebalan tubuh seseorang akibat HIV tersebut, maka orang tersebut dapat terserang penyakit seperti sakit kulit, TBC, diare dan lain sebagainya. Penyakit tersebut yang kemudian dinamakan AIDS.

Beberapa penyebab penularan HIV seperti yang telah diketahui adalah melalui darah seperti misalnya transfusi atau terjadinya kontak darah dengan seseorang dengan HIV. Selain transfusi, penggunaan jarum suntik maupun tindik yang telah terkena darah seseorang dengan HIV juga sangat mungkin menularkan HIV tersebut.Kemudian penyebab lain tertularnya virus tersebut adalah cairan alat kelamin yang tertular oleh hubungan seks bebas. Penyebab lain dari menularnya HIV ini adalah air susu ibu dengan HIV kepada bayinya.

Untuk mewaspadai penularan HIV, perlu diketahui gejala- gejala awal dari seseorang dengan HIV agar penularan tersebut dapat dicegah. Gejala seorang pria dengan HIV tidak terlalu berbeda dengan wanita. Namun, pria lebih banyak memiliki risiko tertular HIV daripada wanita. Hal tersebut dapat dimengerti dari perilaku seks bebas atau penggunaan tindik dan jarum suntik.

Sebelumnya yang harus kita ketahui adalah pada awal seseorang terkena virus tersebut tidak ada gejala yang pasti atau sangat terlihat. Banyak di antaranya justru tidak menyadari telah terinfeksi virus HIV tersebut karena memang tidak menunjukkan gejala yang signifikan. Namun, ada beberapa gejala yang dapat dialami pada penderita HIV yaitu:

  1. Ruam pada kulit

Seorang dengan HIV bisa jadi mengalami ruam di sekitar area kulit kelamin atau anus. Jika pasangan Anda mengalami ruam tersebut walaupun tidak semuanya menunjukkan gejala HIV namun patut diwaspadai apalagi jika diikuti dengan gejala- gejala yang lain.

  1. Sariawan

Sariawan pada seorang dengan HIV terasa sangat menyakitkan dan tidak kunjung hilang seperti sariawan pada umumnya. Sariawan ini akan sangat menganggu dan membuat seorang tidak merasa nyaman saat mengunyah makanan.

  1. Gatal

Gatal yang luar biasa bisa menjadi salah satu gejala awal HIV. Gatal ini bukan disebabkan oleh penyakit kulit dan bisa terjadi pada kulit kelamin penderita.

Selain gejala- gejala yang telah disebutkan di atas, ada beberapa gejala lain yang ditunjukkan dari penderita HIV yaitu demam, sakit tenggorokan, sakit kepala dan lain sebagainya. Apabila gejala tersebut terjadi pada Anda atau pasangan, sebaiknya segera mengonsultasikan kepada dokter untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.(AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here