Gejala Batu Ginjal Pada Pria

SehatFresh.com – Batu ginjal merupakan penyakit yang jumlah penderitanya relatif tinggi di Asia, termasuk di Indonesia. Batu ginjal terbentuk karena kristalisasi zat dalam urin. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita, terutama di usia 40-an. Faktor risiko tambahan untuk kondisi ini termasuk dehidrasi, obesitas, diet tinggi protein dan riwayat keluarga batu ginjal.

Gejala batu ginjal bervariasi. Banyak pria tidak merasakan gejala apapun yang berhubungan dengan batu ginjal. Batu-batu kecil bisa keluar dengan sendirinya bersama urin dan mungkin tidak menimbulkan gejala setelah batu bergerak dari kandung kemih ke saluran yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih. Pada beberapa pasien, batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Rasa sakit dapat mulai saat batu masih dalam ginjal atau mungkin mulai setelah batu bergerak ke ureter, kandung kemih atau uretra. Nyeri biasanya terasa di sisi dan belakang pada sisi yang sama pada bagian ginjal yang terkena.

Rasa sakit sering digambarkan sebagai rasa nyeri tajam atau sensasi kram di perut bagian bawah, daerah panggul atau ke testis. Beberapa pria merasa langkah nyeri seperti batu melewati saluran kemih. Nyeri ini bisa datang dan pergi sebelum mereda di siklus setiap 20 menit sampai satu jam. Pasien juga biasanya mengalami nyeri saat buang air kecil.

Ketika batu ginjal mulai bergerak melalui sistem kemih, pasien mungkin merasakan dorongan untuk buang air kecil lebih sering. Batu dapat menyebabkan kerusakan atau iritasi pada lapisan ureter atau kandung kemih. Iritasi ini dapat menyebabkan darah bercampur dengan urin. Akibatnya, urin menjadi agak kemerahan, keruh dan berbau. Banyak juga yang mengalami gejala kesesakan lambung seperti mual dan muntah ketika menderita batu ginjal. Demam dan menggigil dapat menyertai gejala lain yang berhubungan dengan batu ginjal. Apabila seseorang mengalami demam, ini menunjukkan adanya infeksi dalam tubuh. Infeksi memerlukan pemeriksaan medis dan terapi antibiotik.

Pengobatan untuk batu ginjal tergantung pada ukuran batu dan lokasinya. Batu-batu kecil biasanya dapat keluar sendiri ketika ada peningkatan asupan cairan, sementara batu-batu besar mungkin memerlukan tindakan operasi. Sebaiknya, segera cari bantuan medis jika Anda mencurigai adanya tanda-tanda batu ginjal.

Sumber gambar : tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY