Gejala Bunion pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tulang adalah jaringan yang tersusun oleh sel dan didominasi oleh matrix kolagen ekstraselular yang disebut sebagai osteoid. Osteoid ini termineralisasi oleh deposit kalsium hydroxyapatite, sehingga tulang menjadi kaku dan kuat. Bisa juga dikatakan tulang atau kerangka adalah penopang tubuh vertebrata. Tanpa tulang, pasti tubuh tidak bisa tegak berdiri. Tulang mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan, berlangsung terus sampai dekade kedua dalam susunan yang teratur.

Perlu diketahui bahwa penyakit tulang banyak sekali macamnya oleh karena itu apabila anda mengalaminya segera periksakan ke dokter sebab jika terlambat akan berakibat fatal.

Salah satu penyakit tulang adalah Bunion, ini adalah kondisi dimana terjadinya pembengkakan pada jaringan sendi ibu jari kaki yang menjadi lunak dan sangat sakit. Penyakit ini biasanya menyerang kedua ibu jari kaki pada saat yang bersamaan.

Dikarenakan penyebab utama dari bunion belum diketahui, ketidaknormalan tersebut diperkirakan sebagai faktor genetik yang berarti kelainan ini diturunkan. Turunan dari ketidakstabilan sendi metatarsal dan ketidakseimbangan otot yang berujung pada kelainan bentuk.

Salah satu fakta menarik tentang bunion adalah bahwa mereka terjadi lebih banyak pada wanita. Pada faktanya, penelitian menemukan bahwa kondisi ini terjadi sekitar 10 kali lebih sering pada wanita dibandingkan pada pria. Bunion pun dapat menyerang segi usia berapapun termasuk kepada remaja.

Berdasarkan penelitian diyakini bahwa pembengkakan ibu jari kaki ini terjadi sebagai akibat penggunaan sepatu yang tidak cocok, berujung lancip, berhak tinggi atau kesempitan. Sepatu yang sempit itu memaksa dan menekan jari-jari kaki. Tulang sendi jadi menonjol dan lebih mudah mendapat tekanan dan dapat meningkatkan risiko terjadinya bunion. Penelitian juga menunjukkan bahwa bunion lebih umum terjadi di antara orang-orang yang mengenakan sepatu dibandingkan mereka yang memilih untuk bertelanjang kaki.

Tidak semua orang yang terkena bunion mengalami gejala-gejala tertentu. Namun, gejala yang paling terasa adalah:

  • Nyeri. Nyeri yang merupakan akibat langsung dari pemberian tekanan pada kaki saat berjalan atau pada saat menggerakan ibu jari kaki. Di kebanyakan kasus, nyeri akan hilang ketika orang tersebut beristirahat. Nyeri tersebut digambarkan serupa dengan nyeri yang disebabkan oleh suatu kondisi yang disebut encok. Berbeda dengan encok yang bengkaknya akan hilang pada bunion, meskipun pembengkakan menyusut, jempol kaki telah mengalami kelainan bentuk. Hal ini terjadi sebab pelebaran jempol kaki terjadi karena pelebaran tulang.
  • Perubahan bentuk pada jempol kaki. Gejala lain yang terlihat adalah pelebaran sendi, yang tidak hanya menyebabkan kelainan bentuk pada jempol kaki yang membesar, tetapi tampilan keseluruhan kaki juga mengalami kelainan bentuk.
  • Benjolan pada ibu jari kaki pada sisi luar. Ini adalah gejala yang paling dapat terlihat jika Anda terkena bunion.
  • Kemerahan dan bengkak dekat tempat terjadinya bunion.
  • Timbulnya luka. Luka dapat timbul jika ibu jari terdorong ke jari telunjuk menyebabkan gesekan yang berlebihan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY