Gejala dan Penanganan Kutu Rambut pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kutu rambut merupakan masalah pada kesehatan pada kepala yang sering muncul, terutama pada anak-anak. Kebanyakan pernah memiliki kutu pada rambutnya. Kutu yang ada di kepala memang bukan masalah yang besar. Namun tentu saja adanya kutu dapat membuat kepala anak menjadi tidak nyaman karena merasa gatal terus menerus. Terkena kutu rambut juga dapat menghambat aktivitasnya karena kepala akan terasa sangat gatal karena adanya kutu tersebut.

Penyebab datangnya kutu ke kepala dapat dari beberapa cara, kutu sendiri tidak dapat terbang atau melompat, dan mereka tidak menular melalui hewan peliharaan. Kutu bisa berpindah dengan cara kontak dari kepala ke kepala, metode ini adalah metode yang aling umum yang dapat terjadi pada nak-anak atau anggota keluarga pada saat bermain atau berinteraksi. Penyebab selanjutnya adalah begbagi perlengkapan mandi, umumnya kutu kepala mungkin berpindah melalui beberapa perlengkapan mandi seperi tutup kepala (shower cap), sikat, sisir, hiasan rambut, dan headphones. Selain melalui perlengkapan mandi ternyata perlengkapan dapur juga dapat menjadi sarana untuk kutu tersebut menyebar seperti pada handuk, pakaian, selimut, bantal, dan lapisan furnitur.

Seperti halnya penyakit lain, seorang anak yang terkena kutu pada kepala juga akan mengalami beberapa gejala, gejala yang akan ditimbulkan dari penyakit ini antara lain adalah:

  • Sering gatal. Reaksi alergi dan cairan yang disuntikan kutu pada saat menghisap darah dapat menghasilkan benjolan merah yang gatal pada kulit kepala, leher, dan pundah. Namun untuk beberapa orang khususnya bagi yang pertama kali memiliki tidak mengalami gatal.
  • Kutu dewasa diatas kepala. Titik yang paling umum terdapat kutu dewasa bersembuti dibelakang telinga dan sepanjang belakang leher. Ukuran kutu sangat kecil yaitu sekitar 1/8 inchi atau sekitar 3 milimeter, maka Anda harus sangat jeli dalam mencari kutu tersebut dari kepala anak Anda.
  • Telur kutu pada batang rambut. Telur kutu sering dikira ketombe pada sebagian orang, tapi tidak seperti ketombe yang susah dibersihkan, telur kutu lebih mudah dibersihkan daripada ketombe.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan kepada anak Anda yang terserang kutu kepala beberapa penanganan kutu rambut yang dapat Anda lakukan pada anak Anda adalah;

  • Potong rambut. Kutu rambut yang sudah terlanjur parah akan semakin sulit diatasi jika rambut anak Anda panjang. Karena itu, lebih baik memotong pendek rambut.
  • Mencari kutu. Cara ini emmang yang paling kuno namun cara ini dianggap sangat efektif untuk mengangkat kutu rambut. Anda bisa memilah rambut dan mengambil kutu rambut atau telur kutu yang terlihat pada rambut di kepala anak Anda. Biasanya kutu sering berada di rambut dekat tengkuk atau belakang telinga.

Sisir bergigi rapat (serit). Sisir bergigi rapat atau serit memang sudah menjadi musuh bagi kutu karena rapatnya gigi sisir maka mebuat kutu menjadi sulit untuk menghindar. Serit bisa dibeli diberbagai toko peralatan rambut di pasar-pasar tradisional. Cara memakainya sama dengan sisir pada umumnya. Tundukkan kepala anak Anda lalu turunkan rambutnya kearah depan, kemudian pilah rambut lalu sisir dari akar rambut dekat kulit kepala sampai ujung rambut tanpa putus. Kutu akan ikut tersisir dan jatuh. Lakukan ini berkali-kali. Sayangnya cara ini tidak bisa mengangkat telur kutu yang lengket.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY