Gejala dan Pencegahannya Awal Stroke pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit stroke adalah salah satu penyakit yang ditakuti karena penyakit ini bisa menyebabkan kelumpuhan. Bahkan akibat fatalnya adalah kematian. Penyakit stroke adalah satu penyakit pembuluh darah otak. Terjadinya penyumbatan, penyempitan bahkan pecahnya pembuluh darah ke otak menyebabkan asupan darah ke otak berkurang. Hal tersebut menyebabkan sel saraf pada otak akan rusak atau mati.

Hipertensi dan arteriosklerosis dianggap menjadi faktor terbesar yang menyebabkan penyakit stroke, selain kolestrol, gangguan jantung dan lainnya. Selain itu, seringnya mengonsumsi junk food dan gaya hidup yang tidak sehat misalnya merokok akan memperbesar risiko terserang penyakit stroke.

Pada pria, akan mengalami gejala-gejala awal yang menunjukkan penyakit stroke seperti di bawah ini:

  • Terserang penyakit dimensia

Salah satu gejala awal dari stroke adalah dimensia. Dimensia merupakan satu penyakit ketika seseorang sering mengalami lupa karena memori pada manusia terserang oleh penyakit tersebut.

  • Sulit menelan makanan

Pada pria yang terkena stroke, maka dia akan menunjukkan gejala seperti sulit dalam menelan makanan.

  • Bagian anggota tubuh terasa lunglai dan lemas

Jika Anda menemukan bahwa orang yang Anda kenal mengalami satu lengan atau kaki yang lunglai bahkan bisa keduanya maka Anda perlu waspada bahwa hal itu merupakan gejala penyakit stroke.

Jika Anda ingin mengecek apakah Anda terbebas dari stroke, Anda bisa mencoba untuk mengangkat kedua lengan Anda sejajar selama 10 detik. Jika sebelum waktu tersebut salah satu lengan agak turun maka bisa jadi hal itu karena ada kelemahan di otot. Jangan sepelekan hal tersebut karena bisa jadi hal itu adalah tanda awal penyakit stroke.

  • Sulit bicara

Apakah Anda pernah melihat dokter yang memberikan tes kepada pasien untuk mengetahui apakah seseorang menderita stroke atau tidak dengan cara memintanya mengucapkan beberapa kalimat.

Seseorang yang terkena stroke, akan mengalami penurunan di dalam kemampuan berkata- kata dan memahami perkataan orang lain, jadi jika pasien dari dokter tersebut kesulitan untuk melakukan tes tersebut, maka harus diwaspai apabila pasien tersebut terkena stroke.

Kalau kita sudah bicara mengenai gejala stroke, maka sekarang kita akan mengetahui beberapa jenis tumbuhan alami yang bermanfaat untuk mencegah stroke, di antaranya adalah tomat. Tomat yang mengandung lycopene ditemukan dapat menurunkan risiko stroke pada pria dewasa.

Selain tomat, cobalah mengonsumsi kedelai. Kedelai bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat dan sehat. Selain olahannya yang mempunyai rasa yang enak, kedelai juga dianggap mampu menurunkan risiko stroke.

Selain kedelai dan tomat, masih banyak lagi tanaman yang berguna mencegah stroke seperti citrus, apel, pisang, dan kacang- kacangan. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here