Gejala Eyefloaters pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Remaja adalah masa yang paling indah, banyak kegiatan yang dapat dilakukan pada usia remaja, namun kegiatan itu akan menjadi tidak nyaman jika Anda mengalami gangguan penglihatan dengan mata seperti eyefloaters. Eyefloaters adalah bintik seperti lalat yang beterbangan dalam daerah penglihatan. Flashes sendiri artinya ilusi cahaya terang atau kilat. Floaters terlihat lebih jelas ketika anda berada di luar saat matahari cerah atau melihat pada latar belakang putih. Sedangkan flashes mungkin terlihat sekali kali dalam waktu beberapa minggu atau bulan.

Penyebab eyefloaters dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan mata yang berhubungan dengan usia. Eyefloaters paling sering terjadi sebagai perubahan mata yang berkaitan dengan usia ada pada bagian vitreous, yakni substansi seperti jelly yang mengisi bola mata Anda dan membantu mempertahankan bentuk bulat mereka. Seiring waktu, vitreous berubah secara konsisten dan sebagiannya menjadi cair ini adalah sebuah proses yang menyebabkan vitreous menyusut dan menarik diri dari permukaan interior bola mata. Ketika vitreous menyusut dan mengendur, vitreous tersebut membentuk gumpalan yang berbentuk seperti benang/serabut. Potongan-potongan dari serabut ini menghalangi sinar yang melewati mata, sehingga melemparkan suatu bayangan kecil pada retina Anda.

Penyebab selanjutnya adalah peradangan pada bagian belakang mata. Uveitis posterior adalah peradangan pada lapisan Uvea di belakang mata. Uveitis posterior, yang dapat menyebabkan eye floaters, mungkin disebabkan oleh infeksi atau penyakit inflamasi.

Selanjutnya adalah pendarahan pada mata. Pendarahan vitreous adalah pendarahan pada vitreous mata –bagian mata yang berbentuk seperti jelly. Pendarahan pada mata dapat memiliki banyak penyebab, termasuk cedera dan masalah pembuluh darah taupun retina yang robek. Robekan retina dapat terjadi ketika vitreous yang mengendur menarik/merenggut retina dengan tarikan yang kuat hingga membuat retina menjadi robek. Robekan retina dapat menyebabkan floaters baru muncul dalam visi anda.

Seperti penyakit yang lain, eyefloaters juga memiliki beberapa gejala yang dapat terjadi jika seseorang terserang penyakit ini, gejala yang mungkin timbul adalah sebagai berikut:

  • Terdapat bintik hitam seperti benang yang mengambang pada area visi
  • Seperti ada objek yang bergerak saat menggerakkan bola mata
  • Ketika melihat latar belakang polos terlihat seperti langit biru atau dinding putih
  • Suatu area yang melayang keluar dari visi

Tidak ada metode yang aman dan terbukti bisa menyembuhkan gejala eyefloater. Seiring dengan berjalannya waktu saraf dalam otak akan beradaptasi sehingga terbiasa dengan adanya eyefloater, sehingga cenderung tidak mengganggu. Selain itu dengan teknik relaksasi akan membantu mempercepat proses adaptasi terhadap eyefloater.

Floaters yang terjadi karena penuaaan pada dasarnya tidak bisa dicegah, namun Anda dapat selalu menjaga kesehatan mata dan sering memeriksakan mata anda. Jika floaters tampak pada garis pandangan anda, cobalah menggerak-gerakkan bola mata. Melihat keatas dan kebawah juga efektif untuk menghilangkan floaters dari pandangan Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY