Gejala Gangguan Mental Pasca Melahirkan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gangguan kejiwaan bisa dialami ibu-ibu usai melahirkan. Bisa jadi si ibu menjadi mudah marah ataupun mudah cemas yang berlangsung berhari-hari dan bahkan bisa lebih lama lagi. Melahirkan dan memiliki anak adalah salah satu kebahagiaan yang diimpikan oleh hampir semua kaum Hawa.

Namun ternyata ada beberapa sindrom yang perlu kita kenali gejalanya. Karena sifat dari sindrom pasca melahirkan ini ada yang biasa dan ada pula yang sangat berbahaya. Berikut adalah Berbagai Macam Gangguan Mental Pasca Melahirkan. Apa saja gejala depresi postpartum?

  • Gejala Psikologis

Termasuk suasana hati tertekan, sering menangis. Mereka juga merasakan ketidakmampuan untuk menikmati kegiatan yang menyenangkan dan penurunan minat seks. Kesulitan tidur, kelelahan, masalah nafsu makan. Bahkan beberapa kasus mereka memikirkan untuk bunuh diri.

Perasaan tidak mampu sebagai orangtua dan gangguan konsentrasi. Suasana sedih, sering menangis, kurangnya kesenangan atau minat dalam kegiatan yang pernah memberikan kenikmatan. Perasaan tidak berharga atau bersalah, sulit berkonsentrasi atau membuat keputusan.

  • Gejala fisik

Seperti sering sakit kepala, nyeri dada, denyut jantung cepat, mati rasa, kegoyahan atau pusing. Terjadi sesak napas ringan yang mengakibatkan kecemasan. Banyak dari penderita mengalami gangguan berat badan, Kehilangan energi, Agitasi atau kecemasan.

Gejalanya lainnya bisa berupa gangguan tidur, agitasi dan perubahan suasana hati. Seorang wanita mengalami psikosis dapat muncul dengan baik sementara. Namun hal itu ternyata hanya membodohi profesional kesehatan dan pengasuh dengan berpikir bahwa dia telah pulih. Tapi dia bisa terus menjadi sangat tertekan dan sakit. Bahkan setelah periode singkat tampak baik.

Wanita yang memiliki Postpartum akan berpikiran menyakiti bayi mereka. Jika tidak segera ditangani, depresi psikotik postpartum memiliki kemungkinan tinggi kambuh kembali. Baik setelah masa postpartum dan juga setelah kelahiran anak-anak lain.

Gejala Psikosis Postpartum:

Susah beristirahat dengan tenang dan sering merasa takut. Terjadi juga peningkatan berat badan karena makan berlebihan atau penurunan berat Badan karena tidak mau makan. Ketiga Gangguan Mental Pasca Melahirkan tersebut di atas adalah gangguan mental yang terpisah. Namun beberapa kasus sering terjadi bersama-sama. Jika seseorang mengalami depresi postpartum, mereka mungkin khawatir tentang kesehatan bayi dan kesejahteraan. Mereka  mungkin memiliki pikiran negatif tentang bayi dan ketakutan tentang merugikan bayi. (MLS)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here