Gejala Umum Kemandulan Baik Pria Maupun Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kata ‘mandul’ memang agak menakutkan bagi pria dan wanita, khususnya yang telah membina rumah tangga. Kemandulan dapat diterima siapa saja, baik laki-laki atau pun perempuan. Lantas apa gejala umum dan penyebab kemandulan pada wanita dan pria?

Definisi atau arti kata mandul

Mandul di dalam istilah kedokteran disebut infertil. Kemandulan merupakan ketidakmampuan suami istri dalam mencapai kehamilan, setelah sekilan lama melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi (kondom).

Kemandulan harus serius ditangani oleh pasangan suami istri. Pasalnya penyebab kemandulan dapat terjadi dari kedua belah pihak, baik dari sisi suami ataupun istri. Dengan mengetahui faktor penyebab kemandulan, pasangan suami istri bisa segera mencari solusi yang harus dilakukan dalam usaha memperoleh keturunan.

Penyebab kemandulan pada wanita (istri)

  1. Endometriosis. Endometriosis merupakan ketidaknormalan perkembangan jaringan implan di luar rahim atau uterus. Situasi ini bisa menimbulkan perlengketan di sekitar saluran telur atau organ reproduksi, sehingga menghambat pembuahan.
  2. Infeksi pada organ reproduksi. Infeksi pada vagina bisa meningkatkan keasaman, sehingga dapat membunuh sperma. Dampak buruk lainnya adalah terjadi pengkerutan vagina yang menghambat perjalanan sperma ke vagina.
  3. Faktor hormonal. Kelainan hormon reproduksi bisa menghalangi terjadinya pelepasan sel telur.
  4. Menopause dini. Menoupase dini merupakan kondisi berhentinya menstruasi serta penipisan folikel ovarium, yang terjadi sebelum usia 40 tahun.
  5. Penyumbatan tuba falopi. Tersumbat atau rusaknya tuba diakibatkan oleh salphingitis, sehingga bisa menghambat kehamilan atau justru kehamilan di luar kandungan.
  6. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). PCOS adalah suatu kondisi tubuh yang menghasilkan terlalu banyak hormon androgen. Hal ini dikaitkan dengan resistensi insulin atau obesitas.
  7. Tumor dan kanker rahim. Tumor dinding rahim jinak ataupun ganas dapat mengakibatkan infertilitas. Tumor yang ukurannya besar, rupanya juga bisa penyebab kemandulan pada perempuan.
  8. Faktor lingkungan. Lingkungan juga bisa menjadi penyebab terhambatnya kinerja hormon reproduksi wanita. Paparan radiasi dosis tinggi, asap rokok, zat kimia, atau pestisida bisa mengakibatkan toxic di tubuh termasuk organ reproduksi sehingga mempengaruhi kesuburan.
  9. Stress dan gaya hidup tidak sehat. Stress dan gaya hidup yang tak sehat juga bisa mengakibatkan tejadinya kemandulan.

Penyebab kemandulan pada pria (suami)

  1. Kualitas sperma yang buruk pada pria. Rusaknya kualitas sperma dapat terjadi karena mengkonsumsi alkohol, memakai celana ketat, merokok, sering berejakulasi, atau.
  2. Kelainan genetik. Kelainan genetik bisa berakibat pria memiliki satu kromoson Y dan dua kromoson X.
  3. Gangguan hormonal. Hormon testosteron yang mengalami gangguan, dapat menghambat produksi sperma..
  4. Varikokel merupakan pelebaran pembuluh darah balik/ vena pada buah zakar.
  5. Saluran sperma mengalami penyumbatan. Situasi ini dapat terjadi karena faktor bawaan lahir atau infeksi oleh bakteri.

Pengaruh obat dan radiasi. Radiasi dan obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi fungsi testis, kualitas sperma, hingga hormon reproduksi sehingga menyebabkan masalah kesuburan. (APt)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY