Gejala Gondongan pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com –┬áPria adalah jenis kelamin yang paling berbahaya jika terkena penyakit gondongan karena virus pada gondongan bisa masuk dan menjalar sampai ke buah zakar yang dapat mengakibatkan infertilitas.

Paramiksovirus RNA adalah nama virus yang membawa penyakit Gondongan, kelenjar Parotid akan terinfeksi oleh virus ini. Gondongan sering kali terjadi pada bagian depan dan bawah telinga, gondongan sendiri bisa terjadi disatu sisi atau dua sisi leher sekaligus.

Selain menginfeksi kelenjar ludah virus ini pun dapat menjalar keseluruh tubuh melalui kelenjar getah bening menuju ke saluran ludah virus ini masuk kedalam susunan syaraf pusat otak, pankreas, ovarium pada wanita dan testis pada pria. Maka dari itu bagi pria yang mengalami penyakit Gondongan sangat berbahaya jika tidak segera ditanggulangi karena virus bisa sampai ke testis yang menjadikannya bengkak dan dapat berujung pada infertilitas.

Penyakit ini adalah penyakit yang mudah menular, cara penularannya adalah dengan liur, penggunaan sendok dan gelas secara bersama-sama dapat menjadi sarana virus menulari banyak orang. Selain itu gondongan juga bisa menular melalui muntah, dan urin.

Penyakit yang tersebar diseluruuh dunia ini dapat tibul secara endemik dan epidemik masa tunas atau masa inkubasi dari virus ini terjadi sekitar 12-24 hari dengan rata-rata 17-18 hari, pada masa ini beberapa gejala gondongan akan muncul, meskpun sekitar 30-40% penderita Gondongan tidak menunjukan tanda-tanda sakit, pada penyakit ini gejala yang paling akan terlihat adalah pembengkakan kelenjar ludah, namun selain itu terdapat beberapa gejala lainnya, berikut adalah gejala-gejala gondongan yang umumnya terjadi pada penderita Gondongan:

  • Pada tahap awal (1-2 hari) pada umumnya penderita akan terserang demam dengan suhu sekitat 38,5 oC -40oC, hilang nafsu makan, sakit kepala, merasakan sakit dirahang bagian belakang ketika mengunyah makanan, kadang sampai ada yang rahangnya kaku seakan kesulitan untuk membuka mulut.
  • Kelenjar di bawah telinga akan mulai membengkak. Awalnya hanya di satu sisi saja, kemudian kedua sisi akan ikut membengkak.
  • Pembengkakan yang terjadi biasanya hanya bertahan kurang lebih 3 hari, lalu lama-kelamaan kempes dengan sendirinya.
  • Pembengkakan kadang menyerang kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar bawah lidah (sublingual). Keadaan yang leboh parah pada laki-laki dewasa bisa sampai mengalami bengkak pada buah zakar. Virus Gondongan dapat sampai ke buah zakar melalui aliran darah
  • Mulut kering
  • Nyeri perut
  • Lelah

Cara untuk mencegah datangnya Gondongan kepada Anda adalah dengan pemberian vaksinasi gondongan, tidak hanya anal-anak yang diberikan imunisasi ini, pada pria dewasa yang belum menderita Gondongan juga dapat menerima imunisasi ini, selain itu cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lodium juga dapat mengurangi resiko untuk terserangnya ppenyakit ini. Namun, jika Anda sudah mengalami gejala-gejala tersebut segeralah datang ke dokter untuk tindakan pengobatan lebih lanjut dan agar virus tidak menjalar kebagian tubuh lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY