Gejala Herpes yang Jarang Disadari Oleh Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Herpes adalah salah satu jenis penyakit kelamin menular yang paling umum terjadi di berbagai belahan dunia. Sayangnya, herpes sering muncul tanpa gejala. Selain itu, gejala penyakit herpes sering disalahartikan sebagai gejala penyakit lainnya.

Selain kutil kelamin, herpes merupakan penyakit yang bisa menyerang pria dengan mudah dan jarang diketahui. Penyakit ini bisa menular melalui hubungan seks, ciuman dan kotak kelamin lain, seperti oral seks.

Virus herpes akan masuk ke dalam tubuh dan tinggal di sana. Saat kondisi tubuh drop, virus akan mulai menyerang dan menyebabkan tubuh jadi tidak nyaman hingga berhari-hari.

Gejala penyakit herpes biasanya muncul antara dua hari hingga dua minggu setelah paparan infeksi pertama kali. Gejala penyakit herpes pada pria yang paling umum meliputi:

  • Flu

Pria yang menunjukkan gejala herpes ringan mungkin tidak menduga bahwa mereka telah terinfeksi herpes. Ia juga mungkin tidak sadar kalau tubuhnya yang sering lelah merupakan gejala penyakit herpes.

Padahal, selama kemunculan wabah di tahap awal, gejala penyakit herpes biasanya menimbulkan gatal-gatal di penis yang disertai gejala flu umum, seperti demam, sakit kepala, badan pegal linu dan tidak nafsu makan. Jadi untuk memastikannya, pria harus mengecek juga area selangkangannya. Kalau kelenjar getah bening membengkak, artinya herpes mulai menyebar.

  • Bintil di penis

Salah satu tanda yang paling umum dari herpes genitalis pada pria adalah munculnya bintil penis. Bintil ini awalnya berada pada kulit batang lalu menjalar ke banyak tempat termasuk glans. Warna bintil kemerah-merahan dan memberikan efek sedikit panas di awal dan sakit jika sudah parah.

Bintil pada penis juga berisi cairan putih transparan yang menandakan adanya infeksi yang cukup parah. Bintil di penis sebenarnya merupakan hal umum. Benjolan di penis mungkin merupakan bagian alami dari kulit penis sehat, seperti pearly penile papules (PPP) atau bintik Fordyce, yang tidak perlu dikhawatirkan.

Bedanya, bintil penis yang menandakan gejala penyakit herpes mulanya berawal dari daerah kulit normal yang terasa gatal, kesemutan atau hangat, dan berkembang menjadi benjolan yang teriritasi dan terasa menyakitkan.

  • Luka di kulit penis

Gejala lanjutan dari herpes adalah munculnya luka pada penis. Luka ini biasanya terjadi dari bintil yang pecah dan tidak kunjung kering. Luka dapat timbul saat seseorang terinfeksi dan virus dapat ditularkan bila seseorang menyentuh luka tersebut lalu menggaruk atau menggosokkan tangan ke bagian tubuh lain, termasuk mata.

Selain itu, kebiasaan buruk dari pria yang jarang menjaga kesehatan juga membuat luka semakin parah. Lama kelamaan kemudian akan muncul kerak di pinggiran luka, yang akan mengeras menjadi kopeng. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here