Gejala Impetigo pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Impetigo adalah infeksi kulit yang sangat menular, penyakit ini terutama menyerang bayi dan anak-anak. Infeksi yang diawali dengan masuknya bakteri menembus kulit melalui luka sayat, luka gores, atau gigitan serangga, dan biasanya terjadi di area wajah. Impetigo juga dapat muncul pada kulit yang sehat, walau kecil kemungkinannya.

Meski lebih sering terjadi pada anak kecil, orang dewasa pun juga bisa terkena. Sebagian besar impetigo pada orang dewasa dikarenakan komplikasi masalah kulit, seperti dermatitis.

Impetigo adalah penyakit menular, maka penyebabnya pun seringkali dikarenakan penularan melalui kontak luka, bisa juga melalui pakaian, selimut, handuk, atau mainan anak.

Impetigo bukan merupakan penyakit yang membahayakan yang beruhubungan dengan sistem fatal anak akan tetapi Impetigo akan mengganggu kesehatan anak lebih serius apabila dibiarkan. Impetigo merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh kuman Staphylocovvus Aures yang menyerang anak-anak semua usia. Sedangkan pada anak usia 2-5 tahun umumnya disebabkan karena streptococcoli.Jenis kuman tersebut sangat mudah menular.

Pada anak yang terserang Impetigo akan mengalami luka yang merah pada area wajah kemudian pada sekitar hidung dan mulut anak. Bahkan menjadi tanda umum yang dialami oleh anak yang mengalami Impetigo. Apabila luka anak semakin parah maka luka akan pecah dan mengeluarkan nanah beberapa hari sehingga akan membentuk kerak yang berwarna coklat kekuningan atau borok pada area kulit.

Anak yang terserang kuman penyebab Impetigo dapat disimpulkan memiliki ciri-ciri seperti berikut ini :

  • Kulit anak memiliki warna merah disertai dengan bintik kecil pada bagian muka, kepala dan tangan.
  • Pada bagian kulit yang sakit akan mengelepuh sehingga mengeluarkan cairan yang memiliki warna kuning madu dan semakin luas.
  • Anak yang terjangkit impetigo akan mengalami gatal di area warna merah di kulit.
  • Apabila sakit maka akan menjalar pada bagian tubuh ke bagian lainnya sehingga cairan akan melepuh.

Akan terjadi pembengkakan kelenjar getah bening yang terinfeksi pada daerah sekitarnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY