Gejala Kurap pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kurap adalah penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh jamur. Selain menyerang kuku, tubuh bagian atas dan kepala, penyakit ini juga dapat muncul di selangkangan dan kaki. Kurap yang juga dikenal dengan istilah ‘tinea’ ini termasuk penyakit yang umum dan dapat menyerang siapa saja, terutama anak-anak.

Meskipun penyakit ini bukanlah penyakit yang mematikan bahkan dianggap sepele dan biasa saja, tetapi akan mengurangi rasa pencaya diri pada penderita karena terkesan kurang menjaga kebersihannya. Ditambah lagi penderita akan merasa tidak nyaman karena akan merasa gatal pada bagian kulit yang terkena kurap atau kadas ini.

Gejala utama dan yang paling umum dialami oleh para penderita kurap adalah munculnya ruam merah yang memiliki bentuk cincin dengan garis yang tidak beraturan di pinggirannya. Ruam ini bisa muncul dimana saja dan dapat melebar kemana saja. ruam ini biasanya juga akan terasa bersisik dan juga akan terasa gatal yang sangat luar biasa. Jika kurap sudah parah maka bisa mengembang dan juga membentuk sebuah benjolan yang berair sehingga seringkali melepuh. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri kurap :

  • Jamur Pada Tubuh Bagian Atas

Pada kurap yang terjadi pada tubuh bagian atas biasanya ditandai dengan munculnya ruam merah dengan bentuknya lingkaran pada kulit. Ruam yang nampak merah ini biasanya terjadi karena kulit mengalami iritasi namun pada kulit bagian dalam akan nampak biasa saja. jika kurap ini sudah semakin parah maka akan menjadi melebar dan melepuh dengan rasa gatal yang sangat luar biasa serta munculnya nanah pada garis pinggirannya.

  • Jamur Pada Kulit Kepala

Kurap juga kerap kali muncul di kepala yang ditandai dengan munculnya area kecil yang berssik dan juga kulit akan terasa perih bahkan bisa menyebabkan kebotakan atau pitak pada tempat tersebut karena rambut akan rontok dan mengakibatkan kulit kepala menjadi sangat gatal. Jika sudah bertambah parah, kurap ini bisa menjadi nanah dan akan menjadi luka yang mengering. Terkadang juga akan muncul luka besar yang membengkak dan luka ini bisa mengeluarkan nanah yang akan membuat penderitanya mengalami demam dan juga pembengkakan pada kelenjar getah bening.

  • Jamur Pada Bagian Kaki

Selain tubuh bagian atas dan kepala juga bisa muncul di kaki, selangkangan dan kuku. Pada anak remaja terutama anak laki-laki biasanya akan muncul kurap di bagian selangkangan dengan gejala kurap pada umumnya. Kurap ini juga bisa menyebar ke bagian paha dalam dan juga area bokong.

  • Jamur pada Kuku

Kurap pada bagian selangkangan dan kaki ini kerap kali terjadi secara bersamaan karena penderita biasanya secara tidak sengaja memindahkan spora jamur pada selakangan ke kaki atau sebaliknya pada saat menggunakan celana atau saat mencopotnya. Selanjutnya jika kurap ini terjadi pada bagian kuku maka kuku akan menjadi tebal dan berubah warna, menjadi rapuh dan mudah copot. Pada bagian tepi kuku kaki juga biasanya akan menjadi perih karena iritasi pada kulit kaki tersebut.

  • Jamur pada Bagian Sela Kaki

Selain itu ada juga kurap yang muncul pada bagian kaki yang tepatnya berada di sela-sela jari yang menyebabkan rasa gatal, kering dan juga membuat kulit menjadi terkelupas. Pada kasus kurap yang cukup parah akan membuat kaki berasa menjadi bersisik pada tumit dan juga sisi kaki. Selain itu kurap pada kaki ini juga biasanya menyebabkan luka melepuh, sensasi terbakar dan juga perih pada kulit.

Terkadang gejala penyakit kurap ini hampir sama dengan jenis penyakit kulit lainnya seperti eksim dan kudis. Jika anda mengalami gejala yang sudah disebutkan di atas maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat dari dokter.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY