Gejala Leukemia pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Leukemia atau kanker darah merupakan suatu keganasan sel darah yang berasal dari sumsum tulang ditandai dengan adanya peningkatan sel darah putih (leukosit) abnormal. Sel-sel darah putih dalam kondisi normal akan berkembang secara teratur saat tubuh membutuhkannya untuk membunuh infeksi yang muncul. Hal ini berbeda pada penderita leukimia, sel darah putih yang dihasilkan tidak dapatĀ  berfungsi dengan baik dan berlebihan. Jumlah yang berlebihan ini akan menumpuk pada sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang. Banyaknya sel darah putih yang diproduksi kanker ini dikenal juga dengan sebutan kanker sel darah putih.

Penyakit ini masih belum diketahui penyebabnya, namun faktor luar seperti radiasi dan bahan kimia beracun berindikasi menjadi penyebab Leukimia. Terdapat beberapa faktor selain faktor luar, seperti faktor usia, riwayat keluarga, genetik yang merusak kromosom, etnik, dan Virus-1 (HTLV-1) yang diyakini juga menjadi penyebab penyakit ini.

Leukemia bisa menyarang siapapun. Kelompok paling sering terserang leukimia adalah orang tua dan anak-anak. Leukimia menyerang orang tua usia diatas 50 tahun keatas dan kelompok selanjutnya adalah anak-anak. Hampir 60% penderita leukimia adalah anak-anak, yang paling banyak ditemui pada usia anak sekitar 2-6 tahun.

Dilansir dari Mayoclinic gejala yang biasa terjadi pada anak yang terserang leukemia adalah:

  • Demam dan mudah terkena infeksi. Demam dan infeksi merupakan tanda awal dari leukemia. Gejalanya hampir mirip dengan flu. Leukemia biasanya demam terjadi lebih dari 38oC dan berlangsung beberapa hari dan sering terjadi. Mudah terkena infeksi menjadi salah satu gejala leukimia karena sel darah putih yang dihasilkan adalah sel darah putih yang tidak normal sehingga sel darah putih tidak bisa melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.
  • Anemia. Anemia bisa terjadi karena tubuh kekurangan sel darah. Anak-anak penderita leukimia pada umumnya mengalami anemia dengan ciri-ciri muka pucat, lemas, mudah lelah, dan sesak napas.
  • Nyeri tulang. Anak penderita leukimia biasanya semakin memburuk dari waktu ke waktu karena sumsum tulangnya terakumulasi dengan sel-sel darah yang tidak normal.
  • Kelenjar bengkak. Kelenjar getah bening yang bengkak merupakan salah satu gejala awal dari anak terserang l Dada, pangkal paha, leher, dan ketiak adalah tempat dimana bisa terlihatnya bengkak. Anak terserang leukimia bisanya bengkak terjadi berhari-hari.
  • Mudah berdarah dan memar. Gejala yang sering muncul pada anak terserang leukimia adalah mudah berdarah dan memar. Hal ini merupakan tanda dari tingkat pembekuan darah yang rendah. Rendahnya trombosit (sel yang membantu darah untuk membeku yang diproduksi oleh sumsum tulang) juga bisa mengakibatkan keterlambatan dalam pembekuan darah sehingga anak mudah berdarah dengan periode yang sering.

Bila gejala-gejala tersebut terjadi pada anak Anda, segera periksa ke dokter untuk penanganan yang tepat, sehingga anak yang terkena leukimia dapat ditangani dan semakin besar kemungkinan anak untuk disembuhkan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY