Gejala Multiple Sclerosis pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Multiple Sclerosis (MS) adalah penyakit yang menyerang sistem saraf pusat, yaitu otak dan jaringan syaraf sumsum tulang belakang akibat rusaknya Myelin. Kerusakan Myelin sendiri terjadi akibat autoimun dimana sistem kekebalan tubuh yang keliru dan menyerang Myelin. Myelin adalah lapisan lemak putih yang membentuk selubung silinder meduler di sekitar sumbu dari beberapa serabut syaraf. Myelin memungkinkan mengalirkan impuls syaraf otak ke bagian tubuh lain ataupun sebaliknya. Myelin yang rusak akan membuat jaringan komunikasi dari atau ke otak terganggu.

Penyakit  ini umumnya menyerang wanita  antara usia 22-39 tahun tahun, namun jangkauan serangan dari penyakit ini sebenarnya sangat luas hingga mencapai kira-kira usia 10-59 tahun. Multiple Sclerosis International Fedration (MSIF) memperkirakan secara global sekitar 2,3 miliar orang terkena penyakit ini. Multiple Sclerosis di Amerika terdapat kira-kira 8.000-10.000 dari 400.000 kasus, yang diantaranya menyerang orang dibawah usia 18 tahun. Menurut penelitian pula sebanyak 5-10% dari semua penderita MS telah mengalami gejala awal pada usia remaja yaitu sebelum usia 16 tahun.

Setiap individu yang terkena MS tidak selalu memunculkan gejala yang sama, gejala yang muncul bergantung pada letak rusaknya myelin. Rusaknya myelin dapat menyerang mata, keseimbangan, otot, indera perasa, kemampuan berbicara, kandung kemih, usus, dan sensitivitas terhadap panas. Gejala yang timbul pada anak yang terkena Multiple Sclerosis berbeda dengan orang dewasa, remaja yang terkena MS mungkin akan mengalami kesulitan dalam kegiatannya disekolah.

Gejala yang ditimbulkan sangat bervariasi dan tidak terduga, ada yang sering dan ada juga yang megalami serangannya setelah bertahun-tahun serangan itu tidak terjadi. Ini juga yang menyebabakan penderita tidak segera mendatangi dokter karena gejalanya yang kadang timbul dan kadang tidak. Namun, pada remaja biasanya gejalanya akan sering timbul daripada orang dewasa.

Berikut adalah beberapa gejala yang umum timbul jika MS menyerang:

  • Bermasalah dengan kandung kemih atau buang air besar
  • Cadel
  • Letih
  • Pusing
  • Kejang otot (tremor)
  • Lemah atau mati rasa pada salah satu bagian tubuh atau satu tungkai disaat yang bersamaan.
  • Masalah dengan berjalan kaki karena kurangnya koordinasi
  • Gangguan penglihatan pada satu mata dan terasa sakit ketika menggerakan bola mata
  • Kejang
  • perubahan sensorik, kesemutan, atau electricshock yang terjadi pada saat leher digerakkan, ini sering terjadi terutama ada saat membungkukan leher ke depan (Lhermitte Sign)

Setelah mengetahui beberapa gejala yang dapat diderita oleh remaja yang terserang Multiple Sclerosis, untuk Anda para orang tua yang melihat gejala seperti diatas pada anak anda maka ada baiknya untuk memeriksakan kondisi anak Anda ke dokter, meskipun gejala tersebut jarang-jarang timbul karena langkah pencegahan lebih baik daripada mengobati meskipun penyakit ini belum ditemukan obatnya tetapi pengobatan pada kasus ini difokuskan pada mengobati serangan penyakit, mencegah penyakit dimasa depan, dan meringankan gejala penyakit.

Remaja yang terkena Multiple Sclerosis bisa saja menghadapi masalah menjaga citra dirinya disekolah maka disini juga penting peran orang tua untuk berkata jujur dengan sang anak dan terus memberikan motivasi kepada anak agar tidak merasa depresi karena penyakit yang dideritanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY